Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mengatasi Baterai Smartphone Yang Bocor

 

Cara Mengatasi Baterai Smartphone Bocor

Baterai merupakan komponen yang paling penting bagi smartphone, jika tidak ada baterai maka smartphone mu tidak bisa hidup. Smartphone di jaman sekarang sudah memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga baterai pada smartphone tidak cepat habis.


Tetapi baterai yang memiliki kapasitas besar maupun kecil juga bisa bocor atau rusak. Sebelum baterai rusak terdapat beberapa tanda rusak nya baterai salah satunya baterai cepat habis. Berikut tanda-tanda baterai bocor pada smartphone.


 Tanda-Tanda Baterai Smartphone Bocor

Jika smartphone dan baterai yang rusak akan terdapat beberapa tanda sebelum rusaknya. Berikut tanda-tanda baterai bocor pada smartphone.

- Smartphone sering panas saat di gunakan 

- Baterai cepat habis 

- Bagian belakang smartphone terlihat mengembung 


Penyebab Baterai Smartphone Bocor

Berikut penyebab yang baterai smartphone mu bisa bocor. Jika kamu sering melakukan hal ini, jangan mengulangi lagi agar baterai mu tahan lama atau awet.

- Memainkan smartphone saat di charger


Mungkin kebanyakan orang sudah melangar untuk tidak memainkan smartphone saat di charger. Kamu juga sering bermain game atau memainkan aplikasi saat charger hal ini dapat merusak baterai yang berada di sartphone mu.

- mengunakan charger yang tidak oroginal


Hal yang sering kalian lakukan ketika terdapat charger di berbagai tempat, kalian langsung men charger smartphone kalian. Hal ini juga bisa berpengaruh khususnya baterai smartphone kalian.

- charger smartphone dalam jangka waktu yang lama


Saat kalian tidur kalian juga men charger smartphone kalian dalam jangka waktu yang lama atau semalaman. Jika kalian sering melakukan hal ini, jangan mengulangi lagi agar baterai pada smartphone mu lebih awet.

- Sering mengunakan power bank dari pada charger


Power bank memang sangat berguna saat kita liburan maupun bepergian. Kamu tidak usah charger lagi jika terdapat power bank, tetapi jika terlalu sering mengunakan power bank juga memiliki resiko pada baterai smartphone mu.

Cara Mengatasi Baterai Smartphone


Terdapat beberapa cara mengatasi baterai pada smartphone bocor. Kamu bisa langsung simak caranya sebagai berikut.

1. Jangan memainkan smartphone saat mengisi baterai


Seperti penyebab baterai bocor, kamu bisa mencoba hal ini dengan mengurangi bermain smartphone saat di charger. Selain itu memainkan smartphone saat di charger akan menimbulkan panas pada smartphone.

2. Kalibrasi Baterai


Kalibrasi baterai sering di lakukan jika baterai sedang error atau rusak. Selain itu kalibrasi baterai dapat meningkatkan peforma pada baterai itu sendiri. Cara kalibrasi baterai juga cukup mudah dan sederhana kamu bisa langsung simak carannya sebagai berikut.


Cara Kalibrasi Baterai


- Habiskan baterai smartphone sampai mati atau 0%

- Charger smartphonemu sampai penuh dengan keadaan smartphone mati atau tidak di hidupkan

- Habiskan kembali baterai smatrtphone sampai mendekati 0%

- Charger kembali smartphone mu, tetapi dengan keadaan menyala atau smartphone hidup sampai penuh

- Habiskan baterai sampai habis atau 0%

- Setelah itu charger smartphone dengan keadaan mati sampai penuh, selesai kamu bisa mengunakan smartphone seperti biasanya

3. Mengunakan Chager Asli Atau Original


Mungkin jika charger original mu rusak kamu akan mengunakan charger yang tidak original. Tetapi jika kamu mengunakan charger selain original, akan lebih baik tidak berpindah-pindah charger agar baterai mu tidak mudah rusak.


Itulah beberapa tanda-tanda, penyebab dan cara mengatasi baterai yang bocor.