Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Multi Tasking, Multi Sharing dan Multi User Serta Contohnya

 

Perkembangan dunia teknologi dan komputer semakin hari semakin maju saja. Selain itu komputer telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari mengerjakan tugas, Pekerjaan, Hingga hiburan bias dilakukan pada perangkat satu ini. Dentan kemudahan yang ditawarkan banyak orang yang sekarang ini mulai mengunakan computer untuk menunjang pekerjaan mereka. 

Namun, di dalam dunia komputer sering terdapat istilah-istilah yang umum tapi bagi orang awam pasti bingung dengan artinya. Seperti istilah, Multitasking, Multiuser, dan Multi Sharing, Lalu apa sih arti dari istilah-istilah tersebut. Berikut sudah saya rangkum pebahasannya:

1. Multi Tasking


Multi-tasking merujuk pada kemampuan suatu sistem atau perangkat untuk menjalankan beberapa tugas secara bersamaan. Dalam konteks komputer, multi-tasking memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa program atau aplikasi secara bersamaan, dan sistem operasi akan mengalokasikan sumber daya yang diperlukan untuk masing-masing tugas tersebut. 

Dengan multi-tasking, pengguna dapat membuka browser web, menjalankan aplikasi pengolah kata, memutar musik, dan melakukan tugas-tugas lainnya secara bersamaan. Sistem operasi akan membagi waktu pemrosesan CPU secara adil antara program-program yang berjalan, memberikan kesan bahwa semua program berjalan secara bersamaan.

Contoh multi-tasking:

  •     Mengedit dokumen di Microsoft Word sambil mendengarkan musik.
  •     Menjalankan pemindaian antivirus sambil mengunduh file dari internet.
  •     Menjalankan game sambil melakukan panggilan video.
  •     Merender Vidio sambil menonton vidio atau film

2. Multi Sharing


Multi-sharing atau juga dikenal sebagai resource sharing, merupakan kemampuan untuk berbagi sumber daya komputer dengan pengguna atau sistem lainnya. Sumber daya yang dapat dibagi termasuk file, printer, koneksi jaringan, perangkat keras, dan perangkat lunak. Dalam lingkungan multi-sharing, beberapa pengguna atau sistem dapat mengakses, memanipulasi, dan berbagi sumber daya tersebut secara bersamaan.

Contoh multi-sharing:

  •     Mengakses dan mengedit file yang sama di jaringan komputer oleh beberapa         pengguna.
  •     Mencetak dokumen dari printer bersamaan oleh beberapa pengguna.
  •     Berbagi koneksi internet dengan beberapa perangkat di jaringan rumah atau kantor.

3. Multi User


Multi-user merupakan kemampuan suatu sistem untuk melayani lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Dalam sistem multi-user, setiap pengguna memiliki akun unik yang berisi preferensi, pengaturan, dan aksesibilitas yang terpisah. Setiap pengguna dapat masuk ke sistem secara terpisah dan menjalankan program atau tugas yang berbeda secara mandiri.

Contoh multi-user:

  • Sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, atau macOS memungkinkan beberapa pengguna untuk masuk ke komputer dengan akun pengguna mereka sendiri.
  • Server web yang melayani banyak pengguna secara bersamaan dengan memungkinkan mereka mengakses situs web dan berinteraksi dengan aplikasi web.
  • Database yang dapat diakses oleh beberapa pengguna untuk mengelola dan memperbarui data secara bersamaan.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan multi-tasking, multi-sharing, dan multi-user adalah istilah yang penting dalam dunia komputer yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa tugas, berbagi sumber daya, dan melayani lebih dari satu pengguna secara bersamaan. Dengan kemajuan teknologi, konsep ini telah membawa efisiensi dan kenyamanan dalam penggunaan komputer dan sistem lainnya. Demikian artikel ini kami buat, semoga dapat memberikan inormasi yang bermanaat bagi kamu yang baru mengenal dunia komputer.