12 Jenis Virus Yang Sering Menghinggapi Komputer | Wajib Kamu Tahu.


KurniawanID-Virus adalah penyebab terbesar komputer mengalami error karena serangan virus. semakin  berkembangnya teknologi anti virus maka juga dibarengi dengan virus-virus yang semakin ganas dan kuat pula.

Menurut Wikipedia sekitar 95% virus menyerang komputer berbasis system operasi windows.  sistem kerjanya sendiri hampir mirip dengan amoeba dia dapat menggandakan dirinya dan menyisipkan ke file dokumen atau suatu program.

ciri komputer terinfeksi virus ialah penurunan performa komputer, ya computer pasti akan menurun performanya seiring berjalanya waktu.

tapi jika komputer kamu mendadak menurun performanya secara drastis maka perlu diperhatikan, bisa jadi komputer kamu sedang terinfeksi virus. Dan berikut adalah macam-macam jenis virus komputer.

1. Virus Worm

Virus worm adalah virus yang mempunyai kemampuan untuk menggadakan dirinya menjadi banyak dan mengakibatkan memori penyimpanan atau hardisk menjadi penuh.  meskipun virus ini tidak terlalu berbahaya tetapi kehadiranya sangat menganggu. sumber virus Worm biasanya dari internet dan email yang masuk ketika kita sedang mengaksesnya.

2. Virus Trojan

Yang ke-dua adalah trojan, nah pasti tidak asing dengan nama virus ini. virus trojan adalah virus yang dapat mencuri data penguna komputer virus ini tergolong virus paling berbahaya, bagaimana tidak jika virus ini mencuri data pribadi kita dan menyalahgunakan data tersebut. penyebaranya virus Trojan dengan melalui internt. cara mengatasinya dengan tools khusus trojan seperti trojan hunter.

3. Virus FAT

Virus FAT adalah jenisvirus yang mempunyai kemampuan menghidden file di penyimpanan. tujuanya sendiri adalah merusak file dengan cara menyembunyikan file-file agar sulit ditemukan. FAT sendiri kependekan dari (File Allocation Table).

4. Macro virus

Macro adalah nama virus yang menyerang file dokumen atau email dan biasanya menyerang pada Microsoft office. virus ini juga dapat menggandakan file yang ditumpanginya. untuk mencegahnya kamu dapat menggunakan fitur Macro Virus Protection pada aplikasi Microsoft office.

Baca Juga : Inilah 8 Tips Agar Komputer Kamu Tidak Lemot.

5.Overwrite  virus


Overwrite virus adalah jenis virus yang mempunyai kemampuan untuk menghancurkan program asli. sistem kerja virus ini adalah dengan cara menimpa file asli dengan virus tersebut tanpa mengubah ukuran file yang diubahnya.

6.Boot sector virus


Boot sector virus adalah virus yang menginfeksi bagian sector hard drive. boot sector sendiri adalah bagian terkecil dari suatu hard drive. virus ini biasanya terjadi ketika kita bertukar disket dengan disket yang telah terinfeksi virus tersebut.

7. Companion virus

Jenis virus ini adalah virus yang sangat sulit untuk terdeteksi oleh anti virus. virus ini bersembunyi di di hardisk dan virus jenis ini juga dapat merubah format file. cara mencegahnya adalah selalu rutin update anti virus dan kalo perlu install aplikasi firewall.

8. Polymorphic virus

Pholymorphic virus, virus yang mempunyai kemampuan khusus untuk membuat Salinan sendiri dan masing-masing Salinan itu berbeda agar dapat mengelabui anti vrus. virus ini dapat menciptakan infeksi yang disebut infeksi polimofik.

9. WEB scripting virus

WEB SCRIPTING VIRUS adalah virus yang cukup popular. virus jenis ini biasa berada di website, tujuanya untuk merekam aktivitas di website tersebut. sebagai contoh virus ini dapat merekam aktivitas kalian di website yang kalian kunjungi seperti merekam password, identitas anda, dan transaksi yang anda lakukan.

Baca Juga : 6 Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi Virus Dan Cara Mengatasinya

10. Memory resident virus

Memory resident virus adalah virus yang  bertujuan untuk menginfeksi memori computer kalian dan mengakibatkan komputer lemot.untuk mengatasinya kalian hanya perlu install anti virus yang telah terbukti ampuh,seperti AVIRA.

11.Directory virus

Directory virus adalah virus yang khusus menginfeksi  file berekstension. exe. ciri-ciri dari virus ini adalah aplikasi tidak bisa terbuka dan menutup sendiri. jika menemui tanda-tanda dari virus ini segera ditangani dengan cepat sebelum menyebar dan menginfeksi aplikasi yang lain.

12.Direct action Virus

Yang terakir adalah Direct action virus. virus ini bertujuan untuk meniru dan bertindak ketika dijalankan. Direct Action Virus akan menginfeksi file berekstension AUTOEXEC.BAT.

Nah itulah beberapa macam virus yang sering menginfeksi komputer. sebenarnya masih banyak virus-virus di luar sana yang lebih kuat tapi saya tuliskan daftar virus yang umum saja. jika ada kekurangan kalian bisa tambahkan di kolom komentar, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini.

Belum ada Komentar untuk "12 Jenis Virus Yang Sering Menghinggapi Komputer | Wajib Kamu Tahu."

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel