Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Root HP Android Yang Harus Kamu Tahu.

KurniawanID - Bagi kamu para penguna hp android pasti tidak asing lagi dengan istilah Root Android. Melakukan root hp adalah sebuah cara yang kita lakukan agar bisa mendapatkan kontrol secara lebih ke hp android kita. 

Biasanya hp android kita telah di berikan batasan oleh pabrik yang membuat kita menjadi tidak bisa leluasa dalam melakukan kustomisasi sistem. Tapi dengan kita melakukan root hp maka kita bisa mendapatkan hak akses lebih tinggi. 


Mulai dari menghapus atau mengganti aplikasi bawaan, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan akses root, sampai bisa mengganti sistem operasi piranti secara penuh. Jadi melakukan root hp android, maka kita bisa leluasa dalam melakukan kostumisasi.


Tapi dengan melakukan root hp android juga memiliki dampak positif dan negatif. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan rooting hp android yang harus kamu tahu.



Kelebiha Root Hp Android:


1. Menghapus Aplikasi Bawaan Hp.


Semua Hp android pasti memiliki aplikasi bawaan pabrik yang diberikan dari vendor atau merk masing-masing. aplikasi yang ditanam di hp android tersebut memiliki kegunaan masing dan fungsi yang berbeda pula.


Tapi ada aplikasi bawaan yang jarang digunakan dan terkesan membebankan penyimpanan sistem android. nah dengan root hp android maka kamu bisa bebas menghapus aplikasi bawaan hp yang tidak kamu butuhkan. 


2. Bebas Download dan Install Aplikasi.


Biasanya kita sering mengunduh dan menginstall aplikasi android yang telah tersedia di playstore. Selain di playstore kita juga bisa mngunduh aplikasi melalui google, tapi terkadang aplikasi tersebut tidak bias diinstall.


kalaupun bisa pasti juga tidak bisa berjalan secara sempurna seperti aplikasi dari playstore. Nah dengan kamu melakukan root pada hp android maka masalah tidak bias pasang aplikasi itu akan teratasi.


Karena mungkin aplikasi yang ingin kamu install di hp android harus memiliki akses root atau aplikasi tersebut terhalang oleh perlindungan play protect. Jadi untuk menyiasati hal tersebut root hp mungkin adalah salah satu solusinya.


3. Kustomisasi ROM aplikasi.


Dengan melakukan root hp android kamu bisa bebas dalam mengubah dan memodifikasi sistem android. Tak terkecuali dalam masalah penyimpanan, jika hp kamu dibekali penyimpanan yang menurut kamu kurang. 


Maka kamu bisa memodifikasi sistem dan mengubah memori eksternal menjadi memori internal agar bias leluasa dalam menginstall aplikasi. Kustomisasi ROM juga berfungsi untuk memodifikasi tampilan hp seperti tema, font, keyboard, lockscreen, dan lainnya.


4. Bisa Memindahkan Aplikasi.


Di beberapa Merk Hp android memiliki fitur untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Tapi fitur tersebut hanya ada pada sebagian hp saja dan fiturnya pun terbatas.


Untuk memindahkan aplikasi android yang memiliki ukuran cukup besar seperti data game maka kita harus memiliki hak akses root ke sistem untuk membuka batasan tersebut.


5. Meningkatkan Kemampuan Processor.


Pada dasarnya Processor hp kita telah di setting secara default dan tidak bias diubah lagi. tapi jika hp kita telah memiliki hak akses root maka kita bisa bebas dalam mengatur kecepatan prosesor atau overclocking sesuai keinginan kita
.   


6. Memblokir Iklan yang Sering Muncul.


Mungkin kita sering menjumpai iklan di hp atau malah hp kita penuh dengan iklan. iklan memang sangat menganggu terutama jika kita sedang asik bermain dengan ponsel kita dan tiba-tiba muncul 
iklan.


Hal tersebut memang tidak mengenakan dan sangat mengganggu aktivitas kita. Nah melakukan root hp adalah salah satu cara paling ampuh untuk menghilangkan iklan yang sering tampil di ponsel android kita.


Dengan cara menginstall aplikasi tambahan yang dapat memblokir iklan. Tapi aplikasi untuk memblokir iklan kan tidak harus root hp. Memang ada aplikasi untuk memblokir iklan yang tidak harus root hp, tapi fitur yang diberikan terbatas. jadi untuk menggunakan fiturnya secara lengkap maka harus memiliki akses root, agar aplikasi dapat bekerja secara optimal.


7. Menambah Kapasitas RAM.


Seperti halnya mengkostumisasi ROM, root hp android juga dapat kita manfaatkan untuk menambah kapasitas RAM hp android. Kegitan seperti multitasking dan bermain game dapat membebankan memori RAM. 


Maka jika memori ram kita besar kegiatan seperti gaming dan multitasking pun akan lancar. Tapi jika kapasitas ram kita kecil maka kegiatan membuka banyak aplikasi akan memperlambat kinerja smartphone.


Nah dengan root hp, kamu bisa melakukan mengkostumisasi ROM dan sistem android. Sehingga kamu dapat dengan leluasa menambah kapasitas RAM menjadi lebih besar dengan aplikasi tambahan.


8. Daya Baterai HP Lebih Hemat.


Dengan melakukan root hp android maka kamu akan diberikan kontrol secara penuh ke device kamu. jadi kalian bisa mengontrol aplikasi yang berjalan dan pengunaan daya pada aplikasi tersebut. kamu juga bisa mengkalibrasi batrai hp android agar bisa berfungsi lebih baik dari sebelumnya. 



Kekurangan Root Hp Android:

1. Kehilangan Garansi Ponsel.


Kehilangan garansi ponsel android, Jadi kerusakan yang di alami hp yang sudah pernah di root akan kehilangan garansinya. Seperti terjadi kerusakan pada sistem akibat salah root atau yang lainya, 
maka kamu tidak bisa mendapatkan klaim garansi lagi.


2. Kesalahan Dalam Root Android.


Kesalahan dalam proses root dapat mengakibatkan sistem android menjadi tergaggu dan bisa terjadi Bootloop. hal ini terjadi karena salah dalam proses root seperti salah pilih aplikasi root, root tidak selesai, atau saat root hp tiba-tiba kehabisan daya. maka jika kamu ingin root ponsel android maka sebaiknya berhati-hati.


3. Rentan Terkena Virus dan Malware.


Rentan terkena virus dan malware, itulah yang akan kamu dapatkan jika kamu memaksakan untuk root ponsel android. Root selain menghapus garansi ponsel juga telah menghapus sistem pengaman android. 


Jadi virus dan malware akan bebas masuk ke android kamu jika hp kamu tidak memiliki pengaman atau anti virus. Jadi saran admin jika kamu pemula dan ingin coba-coba, maka berhati-hatilah. 


4. Tidak Bisa Update Otomatis.


Versi terbaru android memiliki manfaat untuk memperbaiki bug yang terjadi dan meningkatkan kinerja ponsel agar lebih optimal. tapi semua itu akan hilang jika kamu melakukan root android. 
Tapi kamu tetap bisa update android tapi dengan cara manual dan agak ribet.  


5. Kinerja Sistem Akan Menurun.


Bagaimana tidak menurun, kalo ponsel android yang biasanya berjalan normal dan setelah di root dipaksa untuk berjalan di atas kecepatan normal. pasti lama-lama kinerjanya juga akan menurun dan pada akhirna rusak dan sulit untuk diperbaiki.


6. Lebih Cepat Panas.


Jika kamu melakukan root dan melakukan optimasi secara berlebihan maka ponsel kamu akan cepat pana. Panas timbul karena kamu memaksa hardware untuk bekerja di atas rata-rata. Panas yang dihasilkan tersebut akan menyebar dan mempengaruhi kinerja sistem.


7. Aplikasi Tidak Berjalan.


Kerusakan yang lain akibat root ponsel android adalah sebagian aplikasi tidak bisa dijalankan atau error. Aplkasi dan fitur seperti kamera, wifi, dan Bluetooth menjadi error dan tidak bisa digunakan. jika hal tersebut sudah terjadi maka unroot hp android kamu agar fungsi dan fitur android bisa berjalan lagi.


8. Kerusakan Hardware.


Kerusakan ponsel yang sudah di root ini terjadi karena sistem menolak root akibatnya komponen hardware akan mengalami kerusakan. Selain itu memakai android yang sudah di root dan di optimasi melampaui kecepatan yang ditentukan secara terus-menerus juga salah satu penyebab rusaknya hardware android.


Kesimpulan.


Root hp android mempunyai banyak kelebihan dibandingkan hp yang belum di root. Tapi root hp android juga mempunyai dampak buruk atau kekurangan. 
Saya sarankan jika ingin coba-coba root hp usahakan memakai hp lama yang jarang dipakai, untuk meminimalisir kesalahan dalam root hp. 


Sumber: daftarhargahp.co.id