Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Laptop Cepat Rusak

KurniawanID - Laptop adalah salah satu perangkat electronik yang sering kita gunakan untuk menunjang produktifitas kita. Walau ada smartphone android, tapi kita tetap juga menggunakan laptop karena tidak semua pekerjaan bisa dilakukan di smartfone.

Sibuknya rutinitas dengan mengunakan laptop membuat kita jadi kurang memperhatikan hal-hal kecil yang dapat merusak laptop. mungkin kamu tidak sadar hal-hal kecil berikut yang sering kita lakukan tapi memiliki dampak yang buruk terhadap laptop.


5 Hal Yang Membuat Laptop Cepat Rusak

1. Memakai Laptop di Atas Kasur


Salah satu penyebab kerusakan pada laptop ialah suhu yang tidak terkendali dengan baik. Banyak penyebab laptop mengalami suhu tinggi dan salah satunya yaitu ventilasi laptop tertutup.


Hal ini mengakibatkan aliran udara panas pada laptop tidak bisa keluar dengan mudah. Contohnya ketika kita sedang menggunakan laptop di dekat sumber panas seperti Kasur atau disandarkan ke paha kita.

Hal ini dapat menghambat aliran udara panas yang keluar dari laptop dan dapat mengakibatkan batrai laptop cepat rusak karena batrai tidak suka dengan panas berlebih.


Suhu yang panas juga dapat mengakibatkan komponen-komponen laptop cepat rusak dan mengakibatkan laptop mati mendadak di kala laptop terlalu panas.


2. Berlari Membawa Laptop Dalam Tas


Berlari dengan membawa laptop di dalam tas adal hal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen laptop. apalagi jika laptop kamu masih menggunakan HDD atau Hardisk, maka hal tersebut sebaiknya dihindari.


Karena saat kita berlari dengan membawa laptop di dalam tas pasti akan mengakibatkan guncangan pada laptop tersebut.

Guncangan tersebut mengakibatkan piringan Hardisk menjadi tergangu atau rusak dan mengakibatkan sistem yang ada di dalam Hardisk tersebut menjadi corrupt. hal ini adalah salah satu pemicu rusaknya hardware laptop.


3. Mengunakan laptop di tempat Kotor


Mungkin kamu sering memakai laptop di atas meja yang berdebu atau kotor. hal tersebut sebaiknya di hindari karena, debu tersebut akan masuk ke dalam kipas laptop dan akan menggangu jalan keluar udara.


Jika jalan udara terganggu oleh debu tersebut, maka akan menimbulkan panas berlebih di dalam laptop yang ujung-ujungnya akan membuat umur batrai laptop pendek. Tak cuma batrai laptop saja, tapi komponen-komponen lain mungkin lama kelamaan akan mengalami kerusakan juga karena panas berlebih tersebut. 


4. Menggunakan Laptop Tanpa Baterai


Mengunakan laptop tanpa batrai biasanya sering dilakukan oleh para gamer. bermaksud hati ingin batrai laptop tetap awet tapi hal tersebut malah sebaliknya. mengunakan laptop tanpa batrai memang sangat tidak disarankan.


Karena laptop yang langsung dialiri listrik dari charger akan langsung dialirkan ke motherboard tanpa adanya penghambat. akibatnya motherboard akan menerima daya yang tidak setabil atau terlalu besar.

5. Salah Dalam Memasang Charger


Salah satu penyebab rusaknya laptop juga dipengaruhi dari cara kita men-charger laptop itu sendiri. biasanya kita sering terbolak balik dalam urusan charger, entah itu di sambungkan ke laptop dulu atau listrik dulu.


Sebenarnya cara men-charger laptop yang benar itu adalah menyambungkan charger ke listrik dulu baru ke laptop. alasanya, jika kamu memasang charger ke laptop setelah itu baru ke lisrik. maka daya yang mengalir pertama kali tidak stabil dan motherboard kamu akan cepat mengalami kerusakan.


Nah itulah 5 kebiasaan yang sering kita lakukan dan tanpa sadar dapat membuat laptop cepat rusak. jadi secanggih apapun laptop kamu, tapi jika buruk dalam perawatanya maka laptop tersebut akan tidak ada gunanya dan akan cepat rusak.


Sumber Refrensi:

Jalantikus.com
bagitekno.net