Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Search Engine Terbaik dan Populer Selain Google

KurniawanID - Dengan adanya internet saat ini kita sangat dipermudah dalam berbagai hal yang berhubungan dengan internet. Mulai dari mencari sebuah informasi sampai mencari barang untuk di beli.

Biasanya kita mengakses google sebagai search engine atau mesin pencari yang paling popular untuk menemukan semua informasi tersebut. tapi selain google masih ada lagi search engine terbaik dan juga popular selain google
.

• Apa Itu Search Engine.?



























Sebelum ke daftar search engine terbaik selain google mari kita bahas apa itu search engine. Jadi search engine atau mesin telusur adalah sebuahh program komputer yang digunakan untuk mencari data atau berkas yang telah disimpan di dalam layanan www yang ada di internat. 

Umumnya kita menggunakan mesin pencari (search engine) sebagai alat untuk mencari sebuahinformasi di internet. Sebagai contoh google. google adalah mesin pencari (search engine) paing popular urutan pertama di dunia. 

Ketika kita menuliskan keyword (kata kunci) yang kita inginkan maka secara otomatis google akan menelusuri informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia di internet. hasil pencarian tersebut akan ditampilkan dalam bentuk daftar yang diurutkan oleh mesin pencari berdasarkan tingkat relevansi paling tinggi. 
  
• Manfaat Dari Search Engine.

Adapun manfaat yang bisa kita dapat dari search engine 

1. Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi di internet.
2. Menyediakan informasi-informasi melalui kata kunci (keyword ) yang kita ketikan.
3. Untuk Media pemasaran.
4. Untuk menemukan barang atau jasa yang ditawarkan di internet
5. DLL.

Search Engine Terbaik Selain Google

Ada banyak search engine di luar sana, salah satunya adalah google.com. Pasti kamu tidak asing lagi dengan google, hampir setiap kali browsing kita mengunakan layanan search engine ini.


Tetapi selain google.com sebagai search engine terbaik masih ada search engine terbaik dan juga popular lainya lho. Nah berikut ini adalah search engine terbaik dan juga popular selain google.

1. Bing

Bing adalah salah satu search engine selain google yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Bing biasanya sudah ada di di sistem windows secara default. Diperkenalkan pada 28 mei 2009 Bing sendiri telah memiliki pangsa pasar sekitar 7.7% lebih tinggi dari yahoo. 

Bing juga mengelompokan kategori pencarian menjadi 4 yaitu:

Web untuk mencari halaman situs website

Image untuk mencari gambar
News pencarian berita
XRank pencarian paling populer

Link : Bing 

2. Yahoo!

Yahoo! adalah salah satu search engine terbesar di Amerka Serikan yang dulu sangat popular di kalangan penguna internet. Didirikan pada 2 maret 1995 saat ini yahoo memiliki pangsa pasar sebesar 4,06% dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Tidak cuma layanan search engine, yahoo juga menyediakan layanan email dan beberapa layanan gratis yang dapat kamu gunakan. di yahoo kamu juga bisa mencari informasi dengan kategori seperti:

Website

Gambar
Berita
Vidio
Dan Audio

Link : Yahoo

3. Baidu

Baidu adalah layanan web yang didirikan pada 18 Januari tahun 2000 dan berpusat di kampus Baidu (China). Baidu menawarkan fasilitas mesin pencari (search engine) dan memiliki layanan index 740 miliar lebih laman internet, 80 miliar gambar, dan 10 miliar data multimedia. 

Selain itu baidu juga memiliki layanan ensiklopedia seperti Wikipedia tapi dengan nama Baidu Baike yang tersedia dalam bahasa Mandarin. pada tahun 2014 baidu memiliki kapasitas pasar sekitar $55 bilion dan merupakan salah satu perusahaan tersukses yang berdiri dari nol di china.

Cakupan pencarian meliputi:

Laman Situs Website

File
Audio
Gambar dalam aksara Mandarin

Link : Baidu 

4. Yandex

Yandex adalah salah satu search engine alternatif selain google yang dikembangkan oleh perusahaan internet di rusia. Yandex juga menjadi mesin pencarian terbesar keempat di dunia berdasarkan data dari Comscore.com, dengan lebih dari 150 juta pencarian per harinya. 

Link : Yandex 

5. Ask

Ask.com adalah layanan search engine selain google yang berdiri pada tahun 1996 di Amerika Serikat. Ask.com Pada tahun 2010 karena menghadapi persaingan dari mesin pencari yang lebih populer, perusahaan ini memutuskan untuk kembali beroperasi sebagai situs tanya jawab. 

Link : Ask

Kesimpulan.


Nah itulah tadi daftar Search engine tebaik dan popular selain google.comJadi kesimpula-nya masih ada banyak mesin pencari (search engine) selain google. Tetapi search engine no 1 masih dipegang oleh google.com. jika ada kekurangan silakan tambahkan di kolom komentar di bawah dan terima kasih telah berkunjung di website ini.

Sumber Refrensi:

-Niagahoster.co.id
-Wikipedia.org