Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Bermain Game PC Tanpa Lag Atau Patah-Patah


KurniawanID - Bermain game adalah sesuatu hal yang paling menyenangkan, apalagi jika terus-terusan menang membuat kita betah berlama-lama memainkanya. Tetapi ada hal yang paling mengganggu saat bermain game, yaitu Lag atau game mengalami patah-patah.

Nge-Lag saat bermain game memang salah satu musuh para Gamer. walau mungkin pc mereka adalah golongan pc kelas High End tapi tidak menutup kemungkinan lag bisa saja terjadi.
Tips Mengatasi Lag Saat Main Game

Lag biasanya terjadi akibat spesifikasi pc komputer kita yang rendah atau bisa di bilang pc kentang. tetapi jika pc kita termasuk pc dengan performa High End maka lag yang terjadi perlu di pertanyakan. Dan berikut ini adalah tips cara bermain game tanpa Lag. 


1. Update Driver

Dok.Pribadi

Driver komputer digunakan untuk penghubung antara Hardware dengan Software. Jika pc komputer kamu memiliki driver terbaru dan terupdate maka kinerja Hardware komputer akan semakin lebih baik lagi.


fungsi dari update driver Komputer, kamu juga akan mendapatkan performa hardware yang optimal dan mungkin di updatan driver terbaru pihak pengembangnya akan menyematkan fitur-fitur baru.


jadi update driver komputer itu sangat diperlukan agar performa komputer selalu optimal. karena driver juga berperan penting agar komputer dapat berjalan optimal. 

2. Set Game Ke Grafis Low

Dok.Pribadi

Tidak bisa di pungkiri game jaman sekarang memiliki kualitas tekstur HD+ membuatnya lebih berat untuk dijalankan, terutama untuk pc low end. untuk menyiasatinya kamu bisa setting kualitas game ke resolusi rendah untuk menghindari frame drop.

ini juga bertujuan agar game yang sedang kita jalankan menjadi semakin ringan dan membuat FPS menjadi lebih tinggi. tetapi kita harus mengorbankan kualitas grafis pada game karena settingan yang low tadi.


2. Aktifkan Mode High Performa


Dok.Pribadi

Dengan mengaktifkan mode High Performa maka Hardware akan mendapatkan daya yang cukup. Daya yang cukup tersebut sangat berpengaruh dengan kinerja Hardware terutama CPU,RAM dan VGA yang berperan penting saat menjalankan game. jadi jika daya yang diterima oleh Harware itu cukup maka performanya juga ikut naik. 

Cara mengaktifkanya adalah:


>Buka control panel-system and security-pilih power options-kemudian pilih High performance


3. Gunakan Aplikasi Game Booster


Dok.Pribadi

Gunakan juga aplikasi pendukung saat bermain game yaitu Game Booster.pasti kalian sudah tahu dengan aplikasi ini.banyak para gamer menggunakan aplikasi game booster untuk menaikan performa game agar tidak lag saat game di mainkan.


4. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan


Dok.Pribadi

Tutup aplikasi yang tidak digunakan. Sebagian besar dari kamu pasti pernah membuka banyak aplikasi. kegiatan tersebut memang dapat mempermudah pekerjaan kita dan kita dapat leluasa dalam berpindah dari satu aplikasi dengan aplikasi lainya.


Namun hal tersebut dapat membebankan kinerja CPU dan RAM sehingga dapat memperlambat kinerja komputer. jadi saran admin kurangi aplikasi yang berjalan di background pada saat kita bermain game.  

5. Overclocking 


source: engadget.com

Overclocking Komputer, Tips ini tidak disarankan oleh admin terutama bagi pemula yang belum paham tentang Overclocking. Overclocking sendiri adalah suatu cara untuk meningkatkan performa komputer dengan cara memaksa Hardware bekerja di atas kemampuanya.


Cotohnya prosessor dengan kecepatan 2.2 Ghz di Overcloking ke 2.5 Ghz. kegiatan ini biasanya digunakan untuk mengetahui seberapa kencang Hardware bisa berjalan di atas rata-rata dan dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman.jadi cara ini bisa dilakukan tapi jika salah maka akan berakibat fatal.

6. Upgrade Hardware 


Source: idntimes.com

Nah jika cara Overcloking sangat beresiko terhadap komputer, maka meng-upgrade Hardware adalah solusi paling jitu. terlebih lagi jika pc kamu sudah usang dan tidak mampu menjalankan game berat, maka upgrade hardware adalah pilihan paling tepat. 


Keutugan dari meng-upgrade hardware adalah komputer kamu akan memiliki performa yang mumpuni dan bisa melibas game-game terbaru yang membutuhkan spek tinggi. Berikut adalah komponen komputer yang harus di upgrade:

> RAM dari 4 GB bias kamu upgrade ke 8 GB

> Prosessor upgrade ke versi Mid End atau High End
> VGA upgrade kartu grafis (VGA) ke seri GTX jika mnggunakan Nvidia 

Nah itulah 6 tips agar pc komputer kamu tidak lagi lag saat bermain game berat .semoga artikel ini dapat memberikan referensi dan dapat
 membantu kamu dalam menghadapi lag pada pc komputer yang kamu miliki.

Sumber refrensi : androbuntu.com