Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Plugin Wordpress Yang Wajib di Install Pada Website Kamu


KurniawanID-Wordpress adalah salah satu penyedia CMS terbaik untuk membuat, website, toko online, maupun blog pribadi. Selain sebagai CMS (Content Management System), wordpress juga memiliki kemampuan open source software dan bisa dimodifikasi sesuai selera untuk memenuhi kebutuhan si pengunanya.

Untuk dapat bekerja secara optimalkan maka wordpress harus memiliki perangkat tambahan. yang berguna untuk memberikan fungsi-fungsi tambahan seperti pengaman dari virus, tools SEO dan perangkat tambahan lainya.


Perangkat tambahan tersebut bernama Plugin. Plugin dapat memberikan fungsi lebih pada CMS Wordpress seperti untuk membuat toko online, maka harus menginstall plugin toko online juga. 
Plugin Wajib Wordpress

Ada lebih dari 40 ribu plugin wordpress yang dapat membantu kamu dalam mengelola website. mulai dari plugin SEO sampai Plugin Toko Online, dan mungkin kamu bingung memilih plugin apa yang bagus untuk website kamu. Berikut adalah pilihan plugin yang wajib di install di wordpress. 


1. Yoast SEO


Yoast SEO adalah plugin SEO yang paling populer karena memiliki fitur-fitur lengkap dan mudah digunakan. plugin ini telah di install lebih dari 5 Juta dan digunakan secara aktif serta menjadi plugin SEO terbaik selain All In One SEO.

Fitur-Fitur Yoast SEO  


- sitemap dengan format XML terbaru dan lebih cangih

- Memperbaiki error di search engine
- Url kronik agar menghindari duplikat konten
- dll

2. JetPack



Jetpack adalah plugin yang paling lengkap dan memiliki banyak fungsi serta memberikan manfaat lebih untuk website kamu. Plugin ini dapat memudahkan kita dalam melihat statistik pengunjung website, perlindungan keamana, serta memiliki fitur pencadangan harian.

Fitur-Fitur JetPack


- Layanan desain dan kostumisasi tema

- Pemasaran dan layanan kinerja
- Layanan pencadanan 
- Layanan keamanan
- dll 

3. Akismet Anti-Spam

Untuk menghindari komentar spam di website kamu, Akismet adalah plugin yang cocok untuk kamu agar terhindar dari komentar spam. Plugin ini akan memeriksa seluruh komentar dan mencegah untuk mempublikasikan komentar spam.

Fitur-Fitur Akismet


- Secara otomatis memeriksa komentar dan menyaring komentar spam.

- Fitur buang untuk langsung membuang komentar buruk atau Spam.

4. WP Super Cache

WP Super cache, plugin jenis ini digunkan untuk meningkatkan kecepatan loading suatu website. Plugin WP super cache akan meringankan kinerja server website agar dapat membuka website dengan cepat.

Selain itu plugin ini juga lengkap tapi tidak membuat penguna jadi pusing karena banyaknya pengaturan. Justru plugin ini di buat untuk mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap serta memiliki pengaturan yang sederhana.

Fitur-Fitur WP Super Cache


- Fitur yang ditawarkan cukup lengkap 

- Mudah digunakan

5. Contact Form 7

Halaman Contact From sangat dibutuhkan bagi sebuah website, terutama website toko online. tujuanya agar para pengunjung dapat mengontak admin website tersebut. nah untuk urusan itu bisa kamu serahkan ke plugin yang satu ini.

Plugin Contact From dapat mengelola beberapa formulir kontak sekaligus dapat menyesuaikan isi formulir-nya. jika kamu memiliki toko online di CMS Wordpress, maka plugin ini adalah salah satu pilihan untuk toko online kamu.

Fitur-Fitur Contact Form 7


- reCAPTCHA

- Memiliki fitur akismet
- kontak konstan

6.  UpdraftPlus

Plugin Updraftplus adalah plugin pecadangan dan pemulihan yang sangat berguna bagi website yang kamu miliki. Plugin ini telah di install lebih dari 2 juta dan aktif digunakan. Updraftplus dapat mencadangkan ke cloud seperti, Dropbox, Google Drive, Amazon S3 dan juga dapat mencadangkan ke Microsoft OneDrive.

Fitur-Fitur Updraftplus


- Pencadangan Terjadwal

- Mendukung penyimpanan ke Dropbox,Google Drive,Amazon, dan Microsoft OneDrive.

7. Woocommerce

Plugin Woocommerce adalah plugin untuk membuat toko online di CMS Wordpress, jadi kamu dapat membuat toko online di wordpress dengan satu plugin ini. Woocomerce sendiri telah banyak digunakan bagi pelaku bisnis online, dikarenakan fitur-fituryang ditawarkan sangat lengkap serta memudahkan kita dalam mengatur dan mengelola toko online.

Fitur-Fitur Woocommerce


- Product Management

- Shopping Cart
- Fungsi Checkout
- dll

8. Wordfence Security 

Wordfence Security adalah plugin keamanan website dari malware dan serangan berbahaya lainya. Wordfence akan menscan malware dari website kamu serta akan memblokir lalu lintas berbahaya yang masuk ke website kamu.

Plugin ini adalah salah satu plugin keamanan yang wajib di install di website kamu, agar website yang kamu miliki tetap aman dari gangguan malware atau sejenisnya. Plugin ini juga memiliki fitur Perlindungan dari serangan brute force dengan cara membatasi upaya masuk.

Fitr-Fitur Wordfence Security


- Firewall Wordpress

- Scanning Keamanan Wordpress
- Tools Keamanan

9. Google Analytics MonsterInsights

Dari namanya pasti kamu sudah pada tahu plugin ini, Ya plugin ini adalah plugin Google Analytic untuk Wordpress yang dapat kamu gunakan untuk melihat traffic website yang kamu miliki, dan plugin ini juga bisa terintergrasi dengan Google Analytics. 

Fitur-Fitur Google Analytic MonsterInsights

- Laporan Audience

- Laporan aktivitas website
- Laporan search Console    

10. AddThis Share Buttons

Untuk meningkatkan jumlah visitor website dibutuhkan promosi dan share ke media sosial agar orang tahu tentang produk dan konten di website kita. Plugin ini dapat mempermudah orang yang mau share konten di website kamu ke media sosial miliknya. AddThis dapat terhubung ke Messeger, Whatsapp, Facebook, Twiter, dan media sosial lainya.

Fitur-Fitur AddThis


- Statistik jumlah share

- Tombol share di awal dan ahkir
- DLL

Nah itulah beberapa plugin yang harus di pasang di website kamu, agar dapat mempermudah dalam mengelola website. semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang baru mulai membuat website sendiri, terutama di platform wordpress.


Sumber Referensi:
- Panduanim.com
- JagoanHosting