Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Deep Web.? – Sisi Gelap Internet

Apa itu deep web
Deep Web
Deep Web - Saat kita melakukan kegiatan Browsing di internet kita dapat menemukan banyak informasi yang kita butuhkan, baik itu berupa gambar, tulisan, vidio, maupun musik. Selain dapat menemukan banyak informasi, dengan adanya internet kita juga bisa berinteraksi dengan orang lain di internet lewat media sosial seperti, Facobook, twitter, Instagram, dsb.

Selama ini kita sering mengandalkan mesin pencari seperti google untuk menemukan berbagai macam informasi di internet. Apa yang kita ketikan di google, pasti akan ditampilkan banyak informasi mengenai kata kunci yang telah kita ketikan di google tadi. Tetapi informasi tersebut hanya sebagian kecil saja informasi yang ada di internet. Masih banyak informasi diinternet yang tidak bisa kita akses melalu mesin pencari biasa, seperti Google, bing, maupun yahoo. dan ini yang disebut dengan Deep Web.

Pengertian Deep Web

Apa Itu Deep Web
Ilustrasi Deep Web
Apa itu Deep Web – Deep web adalah bagian dari internet atau (World Wide Web) yang isinya tidak terindex oleh mesin pencari biasa, seperti, Google, Bing, maupun Yahoo. Pada tahun 2001 istilah Deep Web pertama kali di populerkan oleh Mike Bergman, dan pada tahun itu Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa atau surface web. 

Deep Web memiliki konten dan informasi yang jauh lebih banyak dari web biasa, deep web di ibaratkan seperti gunung es di tengah laut, seperti gambar di atas. Kita hanya bisa melihat permukaan gunung es tersebut, tapi kita tidak bisa melihat bagian yang lebih besar yang terendam di dalam laut. Begitulah ilustrasi dari deep web. konten atau informasi di internet yang kita ketahui saat ini, seperti, Google, YouTube, Facebook, dsb merupaan sebagian kecil dari internet. Kita tida tahu di dalam internet itu menyimpan konten-konten apa saja. Dan semakin dalam kita menjelajahi internet maka kita akan menemukan bagian lain dari deep web yang lebih kecil, yang di sebut dengan Dark Web.

Perbedaan Deep Web dengan Dark Web

Terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara Deep Web dan Dark Web, Berikut adalah beberapa perbedaan Deep Web dan Dark Web.

Deep Web 

Secara pengertian Deep Web adalah bagian dari internet yang jumlah kontennya melebihi surface web dan memiliki kumpulan situs-situs yang tidak di index atau di daftarkan pada mesin pencari biasa, seperti Google, Bing dan Yahoo. Tujuan dari  tidak didaftarkannya konten-konten tersebut adalah, agar melindungi privasi penguna. contohnya seperti vidio unlisted di channel youtube seseorag atau konten-konten yang sengaja tidak di publikasikan. 

Kita tidak bisa mengakses konten-konten tersebut lewat mesin pencari dan hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya saja, nah konten-konten tersebut yang dinamakan dengan deep web. Deep Web sendiri memilki konten-konten yang legal dan aman, berbeda dengan konten yang ada di Dark Web yang kebanyakan berisikan konten-konten illegal dan hidden service. 

Dark Web  

Dark Web adalah bagian kecil dari Deep Web yang membutuhkan perangkat lunak seperti Tor dan otorisasi khusus untuk mengaksesnya. Dark Web sendiri dirancang dengan enkripsi dan sengaja disembunyikan karna banyak digunakan untuk kegiatan illegal. Keamanan di dark web juga sangat rentan, sehingga membutuhkan perlindungan sebelum masuk ke dalam Dark Web. Dark Web juga menyimpan banyak konspirasi serta menyimpan situs-situs yang menawarkan jasa tersembunyi. Selain itu terdapat juga situs-situs illegal serta mengerikan yang ada di dalam Dark Web. 

Konten di Dalam Deep Web dan Dark Web

Banyak sekali konten-konten serta informasi di dalam deep web, jika dibandingkan dengan web biasa, maka deep web menawarkan informasi yang jauh lebih banyak dan lebih mendalam. 

Konten-konten di dalam deep web meliputi banyak hal, misalnya seperti data-data penjualan, transaksi keuangan, database pelanggan, hingga dokumen-dokumen rahasia. Selain itu ada banyak situs-situs terlarang yang ada di dalam deep web, situs-situs tersebut berada di bawah deep web yang biasa di sebut dengan Dark Web dan memuat konten-konten vulgar serta berbagai konten terlarang lainnya. 

Di Dark Web sendiri terdapat beberapa situs-situs ilegal sekaligus terlarang, seperti situs-situs Pornography, Narkoba, Penjualan Senjata, Pencucian Uang, Sampai Situs Terorisme Cyber.

Kesimpulannya

Nah itu tadi penjelasan mengenai apa itu deep web atau web dalam – sisi gelap dari internet. Kesimpulannya Deep web merupakan bagian dari internet yang sengaja tidak terindex oleh mesin pencari biasa dan memiliki konten dan situs-situs yang lebih banyak dibanding surface web atau web biasa. di bawah deep web juga terdapat sisi gelap dari deep web yang di sebut Dark Web. Dark Web sendiri tidak sebesar deep web tapi konten-konten di dalam Dark Web banyak mengandung hal-hal vulgar serta kejahatan.