Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melihat IP Address Komputer dan Laptop

IP Address Komputer
IP Address Komputer
Alamat ip komputer atau Internet Protocol Address (IP address) merupkan deretan beberapa angka biner yang tersusun dari 32 bit sampai 128 bit angka. Alamat ip biasanya dipakai sebagai alat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Sistem Alamat ip sendiri terbagi menjadi dua, yaitu IP versi 4 (IPv4) dan IP versi 6 (IPv6).  

Dalam IP address juga memiliki dua bagian, yaitu alamat jaringan (network address) dan alamat komputer lokal (host address). Nah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ip address perangkat komputer kamu cukup mudah, berikut adalah langkah-langkahnya. 

Baca JugaCara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Melihat IP Address Komputer 

Ada tiga cara yang bisa kamu ikuti untuk melihat alamat ip pada komputer dan laptop kamu. Mulai dari perintah Command Prompt (CMD), Control Panel dan network and internet settings.

1. Melalui CMD atau Command Prompt

Langkah pertama buka Command Prompt, dengan cara menekan tombol yang berlogo windows dan R secara bersamaan. Setelah itu akan muncul perintah RUN seperti gambar di bawah ini, Setelah muncul perintah perintah RUN, Ketikan perintah “CMD” di kolom pencarian kemudian tekan enter.
cara melihat ip address komputer
Perintah Run
Langkah selanjutnya, Akan terbuka jendela Command Prompt lalu ketikkan perintah ipconfig dan kemudian klik Enter.
cara melihat ip address komputer 1
Membuka CMD
Maka akan muncul detail Alamat IP address komputer maupun laptop yang sedang kamu gunakan, Seperti gambar di bawah ini
cara melihat ip address komputer 2
Perintah CMD

2. network and internet settings.

Langkah pertama dengan Membuka pengaturan WIFI. Salah satu cara untuk membuka pengaturan wifi adalah dengan cara mengklik icon gambar WIFI di pojok kanan bawah, Seperti gambar di bawah ini.
cara melihat ip address komputer 3
Icon Wifi
Langkah Selanjutnya Klik icon Wifi tersebut, lalu klik Properties pada Wifi. Kemudian akan muncul jendela baru, lalu scroll ke bawah maka kamu akan menemukan informasi alamat ip komputer kamu.
cara melihat ip address komputer 4
ip address komputer


3. Melalui Alamat ip Control Panel

Langkah Pertama Buka  Control Panel , Salah satu caranya kamu dapat menggunakan fitur pencarian di OS windows kamu dan ketikan perintah Control Panel. Setelah itu enter dan akan terbuka jendela Control Panel, Seperti gambar di bawah ini.
cara melihat ip address komputer 5
Membuka Control Panel
Langah selanjutnya setelah terbuka jendela Control Panel, Silakan kamu pilih Network and Internet kemudian kamu pilih lagi Network and Sharing Center. Maka akan terbuka jendela informasi mengenai jaringan internet yang sedang kamu pakai.
cara melihat ip address komputer 6
Tampilan Control Panel
Langkah Berikutnya silakan klik jaringan yang sedang kamu pakai, disini saya menggunakan jaringan wifi. Maka klik di bagian jaringan tersebut dan akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini.
cara melihat ip address komputer 7
Informasi Jaringan Komputer
Langkah terahir untuk melihat alamat IP komputer kamu, Silakan klik details. Di situ akan tampil informasi tentang jaringan yang sedang kamu gunakan sekaligus alamat IP kamu.
cara melihat ip address komputer 8
Detail Ip Address Komputer
Baca JugaPerbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihannya

Akhir Kata

Seperti Halnya rumah yang memiliki alamat, perangkat komputer juga memiliki alamat yang biasa disebut sebagai alamat IP. Untuk cara mengetahui alamat IP komputer sangat mudah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengetahui alamat ip komputer dan laptop kamu.