Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Melihat Spesifikasi Komputer
Komputer
KurniawanID - Perangkat komputer dibuat dengan beragam model dan spesifikasi hardware yang berbeda-beda. Tapi terkadang ada juga komputer yang memiliki spesifikasi yang sama tapi tidak semua komputer itu memiliki spesifikasi hardware yang sama.

Ada banyak sekali komputer yang dibuat setiap tahunnya dan memiliki spesifikasi yang beragam pula, tergantung pengunaanya. Mulai dari komputer untuk pengunaan secara ringan sampai komputer dengan spesifikasi high end (Pengunaan Berat).


Pastinya jika ingin menginstall game atau aplikasi berat, maka kamu perlu mengetahui spek dari komputer atau laptop kamu. untuk mengetahui spesifikasi komputer atau laptop, kamu kamu dapat mengikuti dua cara ini yang sangat mudah dilakukan dan tanpa aplikas tambahani. Berikut adalah caranya.


1. Dengan Perintah RUN

Untuk mengetahui spesifikasi komputer kamu salah satu caranya dengan mengunakan perintah “Run” di search windows kamu. Untuk caranya bisa kamu simak di bawah ini.

Pertama buka search windows kamu dan ketikan nama "RUN" atau dengan menekan Logo windows + R.

Setelah terbuka menu Run maka ketikan di kolom Run “ dxdiag ” tanpa tanda kutip.
Maka akan terbuka menu yang akan menampilkan informasi tentang komputer atau laptop kamu. Seperti ,Model,Bios,Prosesor,RAM,DLL.



2 Dengan Control Panel


Cara yang kedua yang juga mudah untuk kamu lakukan adalah dengan cara masuk ke control panel. Berikut adalah langkah-langkahnya.


Pertama pergi ke search windows kemudian ketikan "contro panel" di kolom pencarian.

Kemudian akan terbuka tampilan control panel seperti gambar berikut.


Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop
Control Panel

Setelah terbuka tampilan control panel > System and Security > System.
Atau cara yang paling mudah kamu tinggal klik kanan di icon komputer yang ada di layar destop kemudian pilih propertis ,Maka akan terbuka informasi mengenai komputer kamu.


Cara Melihat Spesifikasi Komputer dan Laptop
Spesifikasi Komputer

Jika data spesifikasi kurang lengkap maka kamu juga bisa mengunakan aplikasi pihak lain untuk mengetahui spesifikasi komputer dan laptop kamu secara detail.Mungkin itu dulu yang bisa saya share untuk cara melihat spesifikasi komputer atau laptop tanpa aplikasi, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu jika sedang mencari cara untuk mengetahui spek komputer dan laptop kamu.