Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NFC dan Apa Kegunaan NFC itu Sendiri ?

KurniawanID -  Seiring pesatnya perkembangan teknologi smartphone, banyak produsen smartphone menciptakan HP murah dengan segudang fitur- fitur cangih seperti versi Flagshipnya (Varian tertinggi). Salah satu fitur yang mulai banyak di usung merk smartphone masa kini adalah adanya fitu NFC.

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan yang namanya NFC, tapi apakah kamu sudah tahu apa itu NFC serta kegunaan NFC di perangkat Mobile. Nah berikut adalah ulasan mengenai Apa itu NFC dan kegunaan NFC itu. khususnya di perangkat mobile seperti semartphone.

Apa Itu NFC.

NFC atau (Near field communication) adalah sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya dengan jarak dekat. Teknologi NFC ini didasarkan pada teknologi RFID atau "Radio Frequency Identification " cara kerjanya yaitu dengan menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirimkan informasi atau data ke perangkat lain yang sudah support fitur NFC. 

Sehingga teknologi NFC ini dapat memungkinkan kita untuk saling terhubung satu sama lain dan untuk saling berbagi data. Seperti Halnya aplikasi shareit ,Teknologi NFC ini dapat digunakan sebagai alat untuk berbagi data. Seperti bertukar data berupa file - file musik, foto, Vidio ,Kontak sampai bertukar aplikasi. 

Kegunaan NFC


1. Untuk Transfer Data 

Kegunaan atau fungsi NFC yang pertama adalah transfer data, seperti penjelasan di atas. NFC dapat digunakan untuk mentransfer data atau bertukar file. Seperti file foto,video,musik serta aplikasi layaknya shareit. Dengan adanya fitur NFC ini dapat memudahkan perangkat untuk terhubung dan saling bertukar data melalui jaringan NFC.

2. Untuk Pembayaran

selain digunakan untuk transfer dan berbagi data, NFC juga dapa digunakan untuk pembayaran penganti kartu debit. Sekarang ini NFC sudah terintegrasi dengan banyak layanan perbankan seperti E-money menjadikan proses transaksi bisa dilakukan lebih sederhana. Contohnya jika kamu ingin berbelanja barang di Mall atau minimarket dan ingin membayarnya. kamu cukup menempelkan NFC yang ada di smartphone dengan NFC tag pasif di kasir untuk melakukan pembayaran. tapi perlu diingat proses ini hanya bisa dilakukan oleh perangkat mobile yang sudah support fitur NFC.

3. Untuk Cek Saldo E-Money

fitur NFC pada perangkat mobile smartphone juga bisa digunakan untuk mengecek saldo E-Money. Seperti jika kamu ingin berbelanja dengan E-Money dan kamu tidak tahu berapa isi atau sisa saldo E-Money kamu. Maka kamu dapat mengunakan fitur ini di perangkat smartphone yang sudah mendukung fitu NFC. Caranya kamu cukup mendekatkan kartu E-Money yang ingin kamu cek saldonya ke NFC smartphone kamu. dan biasanya NFC pada perangkat mobile terletak di bagian belakang smartphone.

4. Untuk Kamera

Selain digunakan diperangkat mobile smartphone NFC juga digunakan pada perangkat kamera. Kamera terbaru saat ini selain dibekali dengan fitur WIFI juga dibekali dengan fitur NFC. Tujuanya untuk memudahkan kita dalam memindahkan file hasil foto dari kamera ke perangkat Smartphone. Untuk caranya hampir sama dengan perangkat mobile kamu tinggal set up / mengaktifkan NFC kamera lalu dekatkan ke perangkat seluler kamu dan otomatis file akan terkirim.

Selain kegunaan diatas yang telah saya bahas, masih banyak lagi kegunaan serta fitur NFC yang bisa di manfaatkan di kehidupan sehari-hari. Seperti, jika kamu ingin memutar musik dengan bluetooth speaker kamu tingal temple perangkat kamu ke bluetooth speaker dan langsung bisa tersambung dan siap digunakan untuk memutar musik.