Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Antara HDD, SSD dan SSHD Serta Kelebihannya

KurniawanID Mungkin kamu bingung memilih media penyimpanan antara HDD, SSD dan SSHD. Ketiga media penyimpanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah untuk mengetahui perbedaan di antara ketiga media penyimpanan tersebut. Berikut admin bagikan perbedaan serta kelebihan, antara media penyimpanan HDD, SSD dan SSHD. 


A. Pengertian

1. HDD atau (Hard Disk Drive) adalah perankat penyimpanan model lama dan masih banyak digunakan pada perangkat komputer sebagai media penyimpanan data. HDD berisikan piringan maknetis di dalanya untuk menyimpan data. Dengan adanya piringan berputar di dalamya membuat HDD jadi rentan terkena kerusakan.


2. SSD atau (Solid State Drive) adalah media perangkat penyimpanan komputer generasi baru yang memanfaatkan teknologi flash memory untuk menyimpan sebuah data. Sekarang ini SSD mulai banyak digunakan pada perangkat komputer dan menjadi standar untuk pc high end.


3. SSHD atau (Solid State Hybrid Drive) adalah perangkat penyimpanan hybrid. SSHD mengabungkan media penyimpanan SSD dan juga HDD. Tujuanya agar bisa mendapatkan perangkat penyimpanan yang besar dan juga lebih cepat  dari hdd biasa.


B. Bentuk dan Ukuran


  • HDD dengan mengunakan teknologi lama yaitu dengan mengunakan piringan maknetis membuat bentuk HDD lebih besar. HDD tersedia dalam ukuran standar 2.5" dan 3.5" inch.
  • SSD adalah media penyimpana tertipis karena tidak mengunakan piringan seperti HDD. SSD ini sangat cocok digunakan di perangkat notebook yang tipis seperti ultrabook.
  • SSHD hadir dengan memadukan kedua penyimpanan yaitu SSD dan HDD membuatnya berada di tenah-tengah antara SSD dan HDD. Saat ini SSHD hadir dengan ukuran standar media penyimpanan seperti pada HDD.

c. Kapasitas


  • Untuk HDD sendiri dari dulu memang telah menyediakan penyimpanan yang lebih besar dari SSD. Sekarang ini HDD dengan penyimpanan paling besar sekitar 15TB, dan kedepanya mungkin HDD akan memberikan opsi penyimpanan yang lebih besar lagi dari sekarang ini.
  • SSD menawarkan bentuk yang lebih kecil dibandingkan HDD membuatnya banyak digunakan untuk perangkat komputer tipis seperti Ultrabook. Tapi dibalik ukuranya yang tipis, SSD juga memiliki kekurangan dari segi kapasitanya yang lebih kecil dari HDD. 
  • SSHD menawarkan penyimpanan cukup besar dan juga cepat. SSHD juga menawarkan penyimpanan yang cukup besar dan hampir sama dengan HDD biasa.

D. Kecepatan 


Dari gambar di bawah ini, HDD memiliki waktu lebih lama untuk masalah booting time. sedangkan di urutan pertama di dimiliki oleh SSD sebagai media penyimpanan dengan waktu booting paling cepat. dan SSHD sendiri berada di posisi tengah-tengah antara SSD dan HDD.

Untuk urusan kecepatan SSD memiliki performa yang mumpuni dalam membuka aplikasi serta booting yang lebih cepat. Sedangkan SSHD memiliki kinerja dan performa yang hampir mirip dengan SSD dalam hal loading time seperti booting. untuk kecepatan HDD sayangnya terpaut jauh dengan SSD dan SSHD.
E. Harga

Salah satu hal dalam memilih media penyimpanan adalah masalah harga. Jika kamu mempunyai banyak uang mungkin masalah harga tidak menjaddi masalah. tapi jika kamu memiliki dana yang kurang maka, kamu harus mempertimbangkan untuk membeli media penyimpanan yang bagus dan juga murah.



  • Jika kamu menginginkan performa tinggi dan tidak ada masalah dengan harga maka SSD menjadi pilihan yang tepat. Tapi sekarang ini harga SSD sudah mulai bersahabat dan kamu dapat membelinya untuk media penyimpanan utama untuk sistem windows kamu. 
  • Jika kamu memiliki dana yang cukup kamu bisa plih SSHD sebagai media penyimpanan perangkat Komputer kamu, karena SSHD tidak terlalu mahal dan memiliki performa mirip dengan SSD.

  • Nah jika kamu memiliki dana yang low kamu bisa mengunakan HDD sebagai media penyimpanan. tapi minusnya kecepatan Komputer kamu akan lebih lambat dari SSD dan SSHD.
Itulah tadi perbedaan antara HDD, SSHD dan SSD yang harus kamu tahu. Kesimpulanya sesuaikan kebutuhan dan budget kamu. Jangan salah pilih media penyimpanan dan jangan juga memaksakan untuk memilih media penyimpanan yang harganya melebihi budget kamu.

Catatan : Harga SSD sekarang ini sudah mulai bersahabat, kamu dapat memiliki SSD dengan budget ratusan ribu saja. seperti SSD 120GB yang bisa kamu beli dengan harga kisaran 300 Ribuan. untuk lebih lengkapnya klik link di sini.