Tips Agar Batrai Laptop Awet Tidak Cepat Rusak

KurniawanID Baterai laptop adalah komponen yang berperan sangat penting bagi laptop, agar laptop bisa hidup dan digunakan. jika tidak ada baterai laptop juga masih bisa menyala, tapi akan sulit untuk dibawa kemana-mana karena kita harus mencolokan charger adapter ke stop kontak agar laptop bisa hidup.

Batrai laptop memang sangat berperan penting untuk menyuplai daya, tapi bagaiman jika batrai tersebut rusak. Nah untuk menghindari hal-hal seperti itu maka diperlukan perawatan, agar batrai laptop lebih awet. dan berikut adalah tips agar batrai laptop awet dan tidak cepat rusak.

1. Jangan Biarkan Laptop Mati 

Tips selanjutnya agar batrai laptop tahan lama adalah tidak membiarkan laptop mati total karena kehabisan baterai. Terkadang kita lupa untuk men-charger laptop karena keasyikan bermain hingga tidak memperhatikan baterai laptop.


Kebiasaan membiarkan baterai laptop hingga 0% sangat tidak bagus dan dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen batrai. Selain komponen baterai komponen-komponen lainya juga ikut terganggu karena mati secara tiba-tiba.


2. Gunakan Charger Original Bawaan Laptop


Gunakan charger original bawaan laptop. Jangan coba-coba mengunakan charger KW karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen baterai. Charger palsu / KW dapat menyebabkan baterai laptop cepat rusak karena charger palsu dapat menghasilkan arus listrik yang tidak setabil dan malah membuat baterai cepat rusak.


3. Jangan Biarkan Laptop Overheating


Suhu laptop juga menjadi salah satu penentu agar komponen-komponen laptop bisa awet. Jika suhu laptop terus-terusan tinggi bahkan sampai overheating, maka akan berdapak pada komponen-komponen yang ada di dalam laptop menjadi cepat rusak. 


Sama halnya batrai, batrai memang tidak suka dengan panas berlebih jika batrai laptop sering terkena panas berlebih dan lama-kelamaan akan mengalami kerusakan. Jadi usahakan jaga suhu laptop kamu agar tidak terjadi overheating.


4. Cabut Charger Bila Batrai Laptop Telah Penuh


Segera cabut charger bila baterai laptop sudah penuh 100%. Jangan biarkan charger tertancap terus-menerus. Mencharger laptop secara terus-menerus juga mengakibatkan rusaknya komponen batrai itu sendiri. Jadi copot charger 
baterai bila sudah penuh.


5. Manfaatkan Fitur Power Saver 


Jika kamu penguna windows pasti kamu sudah tahu kegunaan dan fungsi power saver ini. dengan fitur power saver ini kamu dapat menghemat pemakaian 
baterai pada laptop. 


Fitur ini sangat membantu jika kamu ingin mengunakan laptop saat keluar rumah dengan membawa laptop maka fitur ini wajib diaktifkan, agar baterai laptop kamu dapat bertahan lebih lama saat digunakan.


Nah itulah tadi tips agar 
baterai laptop awet dan tahan lebih lama. kesimpulanya lakukan perawatan berkala ke laptop kamu agar kondisi dan performanya tetap terjaga dan mencegahnya terjadinya kerusakan pada komponen-komponen laptop.


Sumber: acerid.com

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Batrai Laptop Awet Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel