Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Merawat Hardisk agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

KurniawanID - Hardisk merupakan salah satu komponen penting pada komputer sebagai tempat penyimpanan data. Tanpa hardisk mungkin kita sulit untuk menyimpan file-file besar seperti game dan juga film yang memiliki ukuran file besar.

Selain sebagai penyimpanan data hardisk juga digunakan untuk menyimpan sistem komputer. Seperti pada komputer lama yang masih menggunakan hardisk sebagai media penyimpanan data dan tempat instalasi sistem.


Untuk menghindari kerusakan pada hardisk, maka diperlukan perawatan agar hardisk bisa lebih awet dan berumur Panjang. Perawatan hardisk bisa dikatakan mudah dan bisa kita lakukan sendiri. Dan berikut adalah tips agar hardisk awet tidak cepat rusak.


Tips Agar Hardisk Awet dan Tidak Cepat Rusak.


1. Hindari Guncangan.


Yang pertama adalah hindari guncangan pada hardisk. Hardisk adalah media penyimpanan yang mengunakan piringan sebagai media untuk menyimpan data. Jika sering terkena guncangan maka piringan itu lama kelamaan akan mengalami kerusakan.


2. Hapus File-file Sampah

Hapus data file-file sampah yang ada di dalam hardisk. Selain itu kosongkan juga Recycle Bin agar penyimpanan hrdisk lebih lega. Biasanya file-file yang kita hapus tidak permanen terhapus melainkan dipindah ke Recycle Bin untuk itu disarankan juga untuk mengkosongkan file Recycle Bin. Manfaatkan fitur Disk Cleanup yang ada di windows untuk menghapus file-file sampah.


3. Gunakan Ativirus


Gunakan juga antivirus agar hardisk kamu selalu sehat dan tidak ada virus di dalam hardisk. Pada umunya virus akan menginfeksi, menduplikat serta dapat merubah atau merusak file-file yang ada di dalam hardisk. Untuk itu sangat penting menginstall aplikasi antivirus di perangkat komputer agar hardisk di dalam komputer selalu sehat. 


4. Defrag Hardisk


Tips merawat hardisk selanjutnya adalah dengan melakukan defrag hardisk. Tujuanya agar meningkatkan kinerja hardisk seperti meningkatkan proses read dan proses write. Selain itu defrag juga bertujuan agar hardisk bisa lebih awet. 


Tapi jangan sering-sering juga melakukan defrag hardisk, karena hal itu juga tidak baik dan malah dapat mengurangi umur hardisk. Sebelum melakukan defrag, cek dulu fragmentasinya jika sudah di atas 10, Maka kamu dapat melakukan defrag.

5. Jaga Suhu Hardisk

Jaga suhu komputer dan jangan sampai overheating. Karena kompone-komponen komputer tidak menyukai panas berlebih. Panas berlebih juga dapat memperpendek usia dari komponen komputer seperti hardisk. Jadi usahakan jangan sampai komputer mengalami suhu yang panas ekstrem.

6. Jangan Sering Menginstall Ulang


Jika kamu sering melakukan install ulang, maka segera kurangi hal tersebut. Aktifitas install ulang ini dapat membuat hardisk bekerja sangat keras. Jadi jika ingin hardisk kamu awet jangan terlalu sering melakukan install ulang. Install ulang boleh dilakukan tapi jangan terlalu sering, karena dapat menurunkan masa pakai hardisk.


7. Jangan Matikan Perangkat Komputer Secara Tiba-tiba


Jangan matikan perangkat komputer secara tiba-tiba. Jika komputer dimatikan secara tiba-tiba dan perangkat hardisk masih berkerja. Seperti sedang meng-copy data atau yang lainya, maka hal ini dapat menimbulkan kerusakan yang cukup serius. Jadi usahakan tutup dulu aplikasi atau program yang sedang berjalan sebelum mematikan komputer


8. Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Data


Jangan terlalu banyak menyimpan data di hardisk, apalagi sampai memenuhi kapasitas hardisk. Hardisk yang penuh dengan data akan membuatnya bekerja keras untuk memproses data tersebut, dan membuatnya semakin lambat saat dijalankan. 


Jadi usahakan tidak terlalu banyak menyimpan data atau file-file yang tidak penting. Apalagi jika file tersebut sudah tidak diperlukan, dan sebaiknya dihapus saja dari pada menjadi sampah di hardisk. 

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar perangkat hardisk kamu bisa lebih awet dan tahan lama. Kesimpulanya hardisk memang komponen vital pada perangkat komputer dan harus dirawat secara berkala agar kondisinya tetap baik dan terhindar dari kerusakan.


Sumber: winpoin.com

Sumber: carisinyal.com