Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Destinasi Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo

Tempat Wisata Terbaik di Solo – Solo atau Surakarta adalah salah satu kota yang ada di jawa tengah dengan julukan sebagai kota budaya. Salah satu alasan solo bisa di juluki dengan kota budaya adalah, solo masih kental dengan unsur sejarah dan budayanya maka dari itu solo di juluki sebagai kota budaya.


Selain sebagai kota budaya, di solo juga dikenal dengan industri batiknya yang berkembang pesat. Itu terbukti dengan banyaknya swalayan atau pasar yang banyak menjual aneka batik khas daerah solo.

Selain memliki julukan kota budaya dan industri batik, di solo juga terdapat ragam tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur di kota solo. Nah kali ini admin akan merekomendasi tempat-tempat wisata terbaik yang ada di kota solo.

Tempat Wisata Terbaik di Solo Yang Wajib Dikunjungi

Ada beberapa rekomendasi tempat-tempat wisata yang ada di kota solo, mulai dari arena bermain anak sampai pada museum. Untuk lebih jelasnya silakan simak postingan berikut, tentang tempat wisata terbaik di kota solo yang wajib di kunjungi.

1. Taman Balekambang Surakarta
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Salah satu tempat wisata untuk keluarga di kota solo adalah Taman Balekambang Surakarta. Taman ini juga merupakan salah satu tempat ruang terbua hijau di solo. Ada beberapa daya tarik taman balekambang, seperti adanya taman reptil, taman air partini, taman partinah bosch, taman kelinci, dan balai  kolam.

Di taman balekambang juga terdapat fasilitas seperti, berbagai wahana kendaraan yang bisa kamu sewa dan fasilitas hotspot area yang bisa kamu gunakan secara gratis. Taman balekambang ini buka setiap hari senin sampai minggu pada puul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kamu bisa memanfaatkan taman balekambang ini sebagai tempat rekreasi.

2. Taman Satwa Taru Jurug Solo
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Taman satwa taru jurug solo adalah objek wisata kebun binatan di solo yang telah dibangun pada 1878. Taman rekreasi sekaligus eduasi anak ini merupakan salah satu objek wisata yang di gemari di kota solo.

Di taman wisata satwa jurug ini menawaran banyak spesies satwa, terdapat setidaknya 77 jenis spesies dan 404 ekor satwa. Selain itu taman ini juga menawaran suasana sejuk dan nyaman, karena taman ini banyak di tumbuhi oleh ribuan tanaman dan pohon.  

3. Museum Batik Danar Hadi
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Museum Batik Danar Hadi adalah sebuah kompleks wisata heritage tentang batik yang berada di kota solo. Museum ini didirikan pada tahun 2008 oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi.

Di museum batik danar hadi ini mengkhususkan batik dan beberapa aspek budaya sebagai objek wisata utamanya. Di museum ini juga menyimpan banyak sekali koleksi kain batik, hingga mencapai 10.000 kain batik dan telah diakui oleh MURI (Museum Rekor Indonesia sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak.    

4. Museum Radya Pustaka
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Museum Radya Pustaka, Museum ini didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat ke IV, pada masa pemerintahan Pakubuwono ke IX. Museum ini merupakan museum tertua yang memajang koleksi dari kerajaan Mataram, Majapahit, Demak dan Pajang. 

Di museum ini terdapat beberapa koleksi, seperti, berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit dan buku-buku kuno. Museum ini berada di Jl. Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Museum Keris Solo
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Museum keris Solo adalah salah satu museum yang ada di solo yang menampilkan warisan buadaya jawa. Di resmikan pada 2017 oleh presiden joko widodo, museum ini telah menyimpan banyak koleksi.

Museum Keris Nusantara ini menyimpan ratusan koleksi senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, tapi kebanyakan koleksinya berasal dari tanah jawa. Museum ini terletak di Jl. Bhayangkara No.2, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

6. Museum Keraton Surakarta
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Keraton Kasunan Surakarta terletak di pusat kota Solo, Jl. Sidikoro, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Terdapat beberapa peraturan jika ingin mengunjungi museum keraton surakarta ini, seperti tidak boleh memakai topi, kacamata hitam, celana pendek, sandal, maupun jaket. Bila sudah terlanjut memakai celana pendek, kamu dapat meminjam kain bawahan untuk digunakan mengelilingi kawasan keraton ini.

7. Pura Mangkunegaran 
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 dengan memadukan antara gaya tradisional Jawa dengan arsitektur ala Eropa. Museum ini menawarkan destinasi wisata sejarah keraton Surakarta pada zaman dahulu. 

Pura Mangkunegaran ini terletak di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta dan telah menjadi tempat wisata yang cukup populer di kota solo jawa tengah ini.

8. Tumurun Private Museum
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tumurun Private Museum adalah museum private yang diresmikan pada tahun 2018. Di museum ini kamu akan di suguhi banyak karya seni, mulai dari karya seni lukis modern sampai karya seni kontenporer.

Museum ini terletak di Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta. Museum ini cocok untuk kamu yang suka dengan karya seni, karena banyak karya seni yang di pajang di museum ini.

9. Kesenian Ketoprak
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Kesenian ketoprak adalah jenis pentas drama tradisional yang di yakini berasal dari solo atau Surakarta dan telah berkembang pesat di Yogyakarta. Tema yang di angkat dari cerita pertunjukan ketoprak bermacam-macam, tapi kebanyakan di ambil dari cerita legenda dan sejarah jawa.

10. Wayang Orang Sriwedari 
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Pentas wayang orang sriwedari adalah kesenian tertua karena telah ada sejak 1910. Pentas wayang itu dimainkan setiap malam mulai pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB. Dan 
setiap judul cerita setiap malamnya pasti berbeda-beda alias tidak sama.

Gedung Wayang Orang Sriwedari ini terletak di Jl. Kebangkitan Nasional No.15, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.   

11. Pandawa Water World
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Tempat rekreasi selanjutnya adalah Pandawa Water World, wahana permainan ini menyediakan wahana permainan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat wahana permainan seperti : wave pool, action river, fantastic slides, bisa kamu dijumpai di sini.

Pandawa Water World ini berlokasi di Komplek Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya sendiri sekitar 80 – 100 ribu rupiah.

12. The Heritage Palace
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

The Heritage Palace adalah salah satu destinasi wisata baru yang berada di kota solo, tempat wisata ini memiliki nuansa eropa yang sangat kental. Gaya asitektur bangunan tempat ini membuat kita merasa seperti sedang berlibur di eropa. 

Lokasi The Heritage Palace berada di jalan Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo rt.002/rw.008, Honggobayan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

13. Vihara Dhamma Sundara
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Vihara Dhamma Sundara berada di Jl. Ir. Juanda No.223B, Pucangsawit, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Selain sebagai tempat peribadatan vihara ini juga menjadi tempat 
wisata di solo.

14. Monumen Pers Nasional
Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Mungkin dari kalian sudah banyak yang tahu tentang monumen pers nasional ini. Monumen Pers Nasional adalah museum khusus pers nasional Indonesia yang terletak di solo atau Surakarta.

Monumen ini terletak di Jl. Gajahmada No.76, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di monumen ini juga memiliki banyak koleksi tentang teknologi, seperti penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, sampai kentongan besar ada di museum ini.

15. Pasar Klewer

Tempat Wisata Terbaik di Kota Solo Yang Wajib Dikunjungi

Warga solo pasti tidak asing dengan nama pasar ini. Pasar klewer merupakan pasar tekstil terbesar yang ada di kota solo. Pasar klewer ini juga menjadi pusat perbelanjaan kain batik yang ada di kota solo.

Nah jika kamu sedang mencari batik atau kain batik, maka kamu bisa mampir ke pasar klewer ini. Pasar ini terletak di dekat kraton Surakarta, tepatnya di Jl. DR. Radjiman No.5A, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

AKHIR KATA

Itulah tadi adalah rekomendasi tempat-tempat wisata terbaik yang wajib di kunjungi jika berada di kota solo. Tempat-tempat wisata tadi bisa menjadi sumber referensi liburan kamu jika sedang berada di kota solo. Nah tempat wisata mana nih yang akan kamu kunjungi jika berada di kota solo, tulis di komentar ya. :)