Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Software, Hardware, Brainware Lengkap Beserta Contoh dan Fungsinya Pada Komputer.


Pengertian Software, Hardware, dan Brainware – Dalam Dunia komputer terdapat beberapa istilah khusus yang menggambarkan suatu hal yang ada pada sebuah komputer. Istilah-istilah tersebut mencakup bagian-bagian komputer sampai perangkat yang berjalan di sebuah komputer. Hal tersebut Meliputi sistem, mesin sampai ke operator yang menjalankan komputer.

Di dalam dunia komputer terdapat istilah-istilah seperti Software, Hardware, dan Brainware. Lalu apa sebenarnya arti dari Software, Hardware, dan Brainware itu. Nah untuk menjawabnya admin sudah merangkum pengertian, contoh, serta fungsi dari istilah yang ada pada komputer tersebut di bawah ini.  

A. Software
 
Pengertian Software – Software yang di terjemahkan dari Bahasa inggris yang berarti perangkat lunak adalah suatu bentuk perintah yang ada pada komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan terdiri dari sekumpulan data atau perintah. Walaupun software atau perangkat lunak tidak bisa di lihat maupun disentuh, tapi suatu software bisa dijalankan dan menjadi salah satu bagian penting bagi komputer.

Selain sebagai perangkat yang tidak memiliki wujud fisik, suatu perangat lunak juga bisa diartikan sebagai sekumpulan intruksi yang di tulis dan di simpan ke format digital. Untuk membuat satu perangkat lunak biasanya dibuat dengan Bahasa pemrograman dan di tulis oleh seorang programmer atau orang yang memrogram perangkat luak tersebut dan di buat untuk tujuan tertentu. 
 
1. Jenis-Jenis Software

- Sistem Operasi ( Perating System )
Adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi mengelola dan mengkoordinasikan semua komponen komputer agar berfungsi dengan baik. Contoh Windows, Unix, Linux, Mac OS, dll.

- Bahasa Pemrograman ( Programming Language)
Adalah sebuah program yang berfungsi membuat suatu intruksi yang melibatkan sintak dan semantik. tujuanya dipakai untuk mendefinisikan suatu program aplikasi komputer. Contohnya C++, PHP, Java, Phyton. Secara singkatnya bahasa pemrograman dibuat untuk membuat suatu program yang mendukung sistem kerja komputer.

- Program aplikasi ( Application Program )
Adalah sebuah perangkat lunak khusus yang digunakan untuk beberapa hal tertentu, Misalnya untuk presentasi, pengolahan gambar, pengolahan kata, akuntansi, dll. Contohnya seperti Microsoft word untuk mengolah kata dan dokumen, Adobe photoshop untuk editing dan mengelola gambar.

2. Contoh Software

- Adobe Photoshop, Sebagai pengolah gambar.
- Google Chrome, web browser Sebagai sarana penghubung antara komputer dan internet.
- Microsoft Office, Sebagai alat untuk mengolah data maupun untuk menyelesaikan pekerjaan.
- Microsoft Windows, Sebagai salah satu dari sistem operasi yang paling banyak di gunakan pada perangkat komputer.
- GOM Player, Sebagai alat pemutar media berupa film maupun vidio
- Adobe Premier Pro, Sebagai alat yang digunakan untuk saranan pembuatan maupun editing video.
- dll

Selain beberapa software yang di sebutkan di atas, terdapat banyak lagi perangkat software yang ada pada komputer dan hampir setiap hari kita gunakan.

3. Pembagian Software Berdasarkan Distribusinya

Berdasarkan distribusinya perangkat software terbagi menjadi beberapa kategori dan berikut adalah pembagian distribusinya:

- Freeware. 
Freeware adalah instilah yang digunakan untuk aplikasi dan software yang bisa digunakan dan diunduh secara gratis. Walaupun gratis tapi aplikasi ini juga memiliki Batasan hak cipta, seperti tidak boleh mengubahnya dan beberapa syarat khusus lainnya yng di keluarkan apalikasi ini.

- Open Source
Istilah Open Source adalah sebuah istilah yang mengambarkan suatu software atau aplikasi yang membuka atau membebaskan sourch codenya untuk dilihat, dimodifikasi, sampai dikembangkan oleh si penggunanya.

- Shareware
Istilah Shareware adalah sebuah software atau aplikasi yang dapat dibagikan dengan cara gratis. Walaupun gratis, nyatanya kita di berikan batasan waktu untuk menggunakan aplikasi tersebut. dan bila ingin menggunakannya tanpa batasan waktu kamu dapat membeli lisensinya sehingga kamu tidak ada batasan waktu untuk memakai apliasi tersebut.

- Adware. 
Adware adalah jenis software atau aplikasi yang bisa kamu dapatkan dengan gratis, namun dengan bayaran iklan di dalamnya atau iklan yang tampil pada perangkat computer kamu.

- Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang dibuat khusus dengan tujuan untuk memata-matai segala aktivitas pengguna atau user komputer. Biasanya software ini banyak disalahgunakan untuk kegiatan pencurian data.

4. Fungsi Software

- Menjadi pengatur dan penghubung antara Harware agar bisa bekerja dengan baik
- Memberikan Fungsi-fungsi dasar pada komputer  sehingga bisa beroperasi dengan semestinya
- Mengolah dan menerjemahkan perintah yang masuk ke dalam komputer
- Mengidentifikasi perangkat yang ada di dalam komputer 

B. Hardware

Pengertian Hardware – Hardware adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki wujud dan dapat di sentuh dengan tangan. dengan kata lain perangkat hardware ini adalah perangkat komputer yang nyata dan bisa dilihat wujud fisiknya.  

Peran perangkat keras (Hardware) sangatlah penting bagi komputer, sebab komponen ini memiliki banyak fungsi agar komputer bisa hidup dan berjalan sempurna. Seperti untuk menerima masukan (input) berupa berupa perintah-perintah dari si operator komputer. 

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

1. James O’Brien
“Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif. “

2. Raya Fahreza
“ Menurutnya hardware adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software. “

3. Ali Zaki
“ Menurut beliau, hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital di dalam perangkat komputer. “

1. Contoh Hardware Komputer

- Perangkat Input meliputi :

Mouse, Berfungsi sebagai piranti untuk menggerakan kursor atau pointer di dalam komputer
Keyboard, Berfungsi untuk mengelola dan memasukkan perintah berupa tulisan yang terdiri dari huruf dan angka.
Webcam, Berfungsi untuk merekam gambar
Joystick, berfungsi seperti mouse hanya saja joystick sering digunakan untuk bermain game dan untuk mengoperasikan karakter dalam permainan video game.
Dll

- Perangkat Output Meliputi :

Audio, Berfungsi untuk mengeluarkan output dalam bentuk suara.
Monitor, berfungsi untuk mengeluarkan output yang telah di peroses oleh komputer dalam bentuk visual gambar.
Printer, berfunsi untuk mengeluarkan output berupa file yang di cetak ke dalam kertas, seperti document, foto, banner, maupun sepanduk.
Proyektor, fungsi proyektor hampir sama dengan fungsi monitor yaitu menampilkan visual yang berupa gambar atau video.
Dll

2. Fungsi Hardware

- Untuk Menerima Input
Fungsi hardware yang pertama adalah untuk menerima sebuah masukkan atau input dari operator komputer. Yang berupa perintah perintah seperti mengetik huruf dan angka.

- Untuk Memberikan Output
Fungsi yang ke dua adalah untuk memberikan peneluaran atau output, setelah perintah-perintah tadi di proses oleh komputer maka akan di keluarkan dalam berbagai bentuk output. Seperti Suara, Visual, atau File cetak.

- Menyimpan Sebuah Informasi dan Data
Fungsi hardware selanutnya adalah untuk menyimpan sebuah informasi dan data. Contoh perangkat hardware yang dapat menyimpan informasi dan data adalah Ram, Harddisk, dan SSD.

- Mengolah Informasi
Selain sebagai alat untuk menyimpan data, suatu peragkat hardware juga bisa untuk mengelola informasi yang masuk dari perangkat input dan di terjemahkan ke dalam perangkat keluaran output. Contoh hardware tersebut adalah prosessor yang bertuga mengelola dan mengatur jalanya sebuah komputer.

C. Brainware
 
Pengertian Brainware – dari segi pengertiannya brainware adalah seseorang individu yang menggunakan, memakai, dan mengoperasikan sebuah pirati computer. Selain itu Brainware juga di sebut sebagai perangkat intelektual yang artinya adalah bisa memakai dan menjelajahi kemampuan dari perankat-perangkat komputer, seperti software dan hardware. 

Jadi secara garis besar arti dari istilah brainware adalah seseorang manusia yang terlibat langsung unuk mengoperasikan sebuah perangkat kerja komputer. Peran brainware sangat pentin bagi komputer agar bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya brainware maka sebuah komputer hanya sebuah tumpukan benda-benda elektronik saja. 

1.Jenis-jenis Brainware

- Teknisi
Seorang teknisi adalah orang yang bertanggung jawab dan memiliki keahlian dalam merawat serta memperbaiki masalah yang di alami komputer. Seorang teknisi juga harus ahli dan memiliki pengetahuan tentang luas terhadap komputer agar dapat mendiaknosa dan segera mengambil Tindakan bila computer terkena masalah.

- Programer
Programer adalah seseorang yang memiliki skill dan pengetahuan tentang Bahasa pemrograman. Seorang programmer bertugas merancang dan membuat suatu program yang dapat mendukung system computer. 

- Administrator
Administrator adalah seseorang yang bertugas untuk mengoperasikan komputer dan bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi, atau yang lainnya.

- Analis
Seorang nalis bertugas dalamperencanaan dan juga penelitian terhadap suatu aplikasi, badan, perusahaan, maupun organisasi. Seorang analis harus memiliki keterampilan dalam hal manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.

- Operator
Seorang operator komputer adalah orang yang dapat mengoperasikan system dan program di komputer. Seperti menjalankan aplikasi, membuat dokmen, dll. 

2. Fungsi Brainware

- Sebagai Operator
Fungsi dari operator komputer adalah untuk bisa mengoperasikan, merawat, dan menggunakan komputer dengan baik. Contohnya, membuat suatu dokumen, mengolah suatu data, merawat komputer, dll

- Sebagai Programer
Fungsi programmer sudah jelas yaitu untuk memogram dan membuat sebuah program untuk mendukung sistem komputer. Seorang programmer juga berperan penting dalam hal keamanan komputer.

- Sebagai Administrator
Fungsi administrator pada komputer adalah seseorang yang bertugas menjalankan dan bisa mengelola suatu program komputer. Terdapat juga arti lain dari administrator komputer yaitu, database administrator. Fungsi dari database administrator adalah dapat megelola, menyimpan, dan mengatur suatu database di suatu perusahaan.