Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Pada Android

 

Saat kita inggin menginstall aplikasi kita hanya harus membuka play store dan menginstall nya. Tetapi kadang terdapat masalah saat menginstall aplikasi, baik itu di dalam play store maupun di luar play store.

Masalah yang sering di alami pada saat menginstall aplikasi, terdapat pemberitahuan aplikasi tidak terpasang. Berikut solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang pada smartphone.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Penyebab Aplikasi Tidak Terpasang

Mungkin beberapa penyebab aplikasi tidak terpasang ini sering kamu alami pada smartphone mu saat menginstall beberapa aplikasi. Berikut penyebab aplikasi tidak terpasang pada android.

1. Ruang Penyimpanan Tidak Cukup

Penyebab pertama penyimpanan yang tidak cukup. Hal ini biasa terjadi pada smartphone yang memiliki kapasitas ram atau penyimpanan memori internal, yang tidak terlalu besar atau terbatas. Selain ram yang terbatas sampah juga mempengaruhi penyimpanan mu sehinga cepat penuh.

2. File Aplikasi Yang Rusak

Penyebab yang kedua ini sering di alami saat mendownload aplikasi di luar play store. pasalnya saat kamu download aplikasi di luar play store, terdapat beberapa aplikasi yang memiliki file tidak lengkap sehingga aplikasi tidak terpasang pada smartphone mu.

3. HP Tidak Suport Atau Versi Tidak Kompatibel

Versi android juga mempengaruhi untuk memasang beberapa aplikasi. Jika kamu memasang atau menginstall aplikasi yang berbeda dengan versi android, aplikasi tidak akan terpasang pada android.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang

Cara ini berlaku pada semua merek hp, kamu bisa mencoba cara di bawah ini pada smartphone kalian.

1. Periksa Memori Penyimpanan Internal

Sebelum menginstall aplikasi ada baiknya kita melihat penyimpanan internal kita untuk mengetahui masih muat atau tidak. Jika memori internal penuh kamu bisa menguninstall beberapa aplikasi yang tidak penting atau mengsongkan ruang penyimpanan.

Cara Periksa Memori Penyimpanan Internal

- Buka "Pengaturan" atau "Setting"

- Lalu klik "Storage" atau "Penyimpanan" 

2. Aktifkan Sumber Tidak Di Kenal

Bahwa kita ketahui seperti penjelasan sebelumnya jika download aplikasi di luar play store akan terdapat file yang tidak lengkap. Tetapi jika kamu masih inggin menginstall aplikasi pada luar play store kamu bisa mengaktifkan suber tidak di kenal dengan cara sebagai berikut.

Cara Aktifkan Sumber Tidak Di Kenal

- Buka "Pengaturan" atau "Setting" pada smartphone kalian

- Lalu klik "keamanan" atau "Privasi"

- Kemudian klik "sumber tidak di kenal" atau "Uknown sourcess"

3. Restart smartphone

restart smartphone bisa jadi solusi saat aplikasi yang kamu install tidak terpasang. Dengan melakukan restart smartphone mu akan merefresh smartphone mu. Caranya juga cukup mudah hanya dengan menekan tombol power lalu klik mulai ulang.

itulah beberapa cara mengatasi aplikasi tidak terpasang pada smartphone.