Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Modal Kecil Cocok Untuk Mahasiswa

Bagi kamu yang masih berstatus pelajar/mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri, dan masih bingung bisnis apa yang cocok untuk kamu coba. Kamu berada di postingan yang tepat untuk mengetahui bisnis apa saja yang cocok untuk pelajar/mahasiswa.

Tentu banyak orang yang berangapan jika ingin mendapatkan penghasilan yang besar, harus memiliki modal yang banyak. Tidak semua bisnis itu harus memiliki banyak modal justru banyak orang yang memiliki penghasilan besar dengan modal kecil.

Untuk itu kami akan membagikan beberapa ide bisnis dengan modal kecil dan bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Buat kamu yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa bisnis ini sangat cocok untuk menambah penghasilanmu.

10 Ide Bisnis Cocok Untuk Mahasiswa

10 Ide Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa/Pelajar

Untuk mendapatkan penghasilan yang besar kamu juga harus tekun dan disiplin dalam bisnis yang sedang kamu jalani. Dan kamu juga harus mempelajari resiko dan keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dalam sebuah bisnis.


1. Jualan Online

Yang pertama ada bisnis jual online, sudah banyak juga toko online shop yang menjual berbagai barang dan mendapatkan penghasilan yang besar. Tetapi itu semua kembali lagi dengan diri kita jika kalian tekun dan disiplin kemungkinan kalian bisa memiliki penghasilan sendiri.

Jika kalian belum memiliki modal yang besar kalian bisa memulai dengan cara bergabung di komunitas dropshiper. Untuk sistem dropshiper sendiri kalian hanya harus memasarkan produk dan mendapatkan pesanan selain itu kalian tidak perlu stock barang/packing.

2. Menjual Pulsa

Menjul pulsa merupakan bisnis yang sering di lakukan oleh banyak orang, tidak heran karena hanya membutuhkan modal yang kecil kamu bisa langsung memulai bisnis ini. Selain itu bisnis ini bisa kamu lakukan tanpa perlu keluar rumah.

Kamu bisa menawarkan langsung kepada teman-teman atau tetangga mu. Bisnis ini cocok bagi kamu yang masih mahasiswa karena bisa untuk sampingan tanpa menyita banyak waktu dan tidak mengangu belajar.

3. Bloger 

Buat kamu yang hobi menulis bisa menjadikan bisnis sampingan ini untuk mengisi waktu luangmu. Bisnis ini sangat cocok buat kamu yang masih berstatus mahasiswa, dan tidak harus memiliki modal yang banyak.

Selain itu untuk menulis konten blogger juga tidak akan mengangu waktu belajarmu sehigga kamu bisa mendapatkan penghasilan tanpa mengurangi waktu belajar. Untuk kategori yang bisa kamu tulis seputar tentang Android, Game, Internet, Komputer, Pendidikan dll.

4. Bisnis Makanan

Bisnis makanan bisa jadi pilihan yang tepat untuk memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak. Terlebih lagi jika kamu memiliki hobi memasak, untuk memulai bisnis ini kamu bisa menawarkan makanan secara online atau bisa membuka warung makan.

Kamu juga harus mendalami cara memasak dan pengolan yang tepat agar pelanganmu akan kembali makan di warung makanmu. Untuk memasarkan makanan secara online kamu bisa mengiklankan atau memasarkan foto makananmu keteman atau bisa juga di media sosial.

5. Jasa Fotografer

Jika kamu mempunyai hobi berfoto kamu bisa mengembangkan skill dengan cara menjadi fotografer dan kamu bisa memulai bisnis jasa fotografer. Untuk menjadi fotogrfer kamu harus memiliki skill yang mahir dalam dunia foto. 

Cara menghasilkan uang dari bisnis dengan cara kamu memasarkan jasa fotografer di sosial media. Akan ada banyak orang yang membutuh jasa ini salah satunya toko online shop untuk memfoto berbagai produk jualannya.

6. Jualan Preloved

Tidak hanya barang baru barang bekas sekarang juga menjadi sarana jual beli yang diminati oleh banyak orang. Preloved bisa di katakan sebagai bisnis yang menguntungkan untuk menjalankanya kamu hanya harus mencari beberapa pasar grosir yang menjual berbagai barang bekas.

Setelah mendapatkan beberapa penjual dengan harga yang bersaing kalian bisa langsung memasarkan produk ke media sosial dan teman-teman. Lalu apa saja barang yang bisa kita jual? Untuk jualan proloved di sarankan untuk menjual baju/barang yang sedang trend sehingga barang mudah terjual.

7. Desain Grafis

Untuk memulai bisnis desain grafis ini kamu harus memiliki pengetahuan dan keahlian yang cukup. Untuk memulainya kamu bisa langsung mencoba mengunakan aplikasi desain grafis pada android/ komputer yang kalian miliki.

Bisnis ini cocok buat kamu yang sedang kuliah, untuk menawarkanya kamu bisa mencoba menawarkan kepada teman, dosen, atau dengan cara promosi di media sosial. Desain grafis akan banyak di butuhkan oleh website maupun untuk desain kaos.

8. Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi merupakan metode untuk menawarkan berbagai produk, layanan, dan juga website. Untuk bisnis ini kamu hanya perlu menawarkan dan membantu sang pemilik produk untuk melakukan transaksi kepada pembeli lalu kalian akan di bayar setelah transaksi berhasil.

Untuk komisi berbeda-beda tergantung produk/layanan yang berhasil kalian jual. 

9. Jasa Les Privat

Untuk bisnis ini kamu hanya membutuhkan keterampilan dalam mengajar dan tidak lupa dengan pengetahun/ilmu yang akan kamu ajarkan. Carilah jurusan yang sudah kamu pahami dengan benar agar jasa les privatmu akan sering digunakan.

Kamu bisa mencoba menawarkan jasa les privat ini dengan membuat di iklan di kertas maupu secara online. Untuk memulai bisnis ini kamu tidak harus memiliki modal yang banyak melainkan harus mengerti sistem pengajaran dengan benar. 

10. Membuat Channel Youtube

Sekarang sudah banyak orang yang memiliki keutungan besar hanya dengan membuat video di youtube. Kalian juga bisa mencoba cara yang satu ini, untuk mendapatkan penghasilan dari youtube kamu kamu harus memiliki beberapa syarat agar channelmu bisa termonetisasi.

Kalian bisa membuat berbagai konten yang menarik, salah satunya konten game yang bisa di rekam hanya dengan modal hp android. Untuk bisnis ini juga tidak memakan waktu dan tidak akan mengangu wantu belajar.