Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu web 3.0, Dan Perbedaan dengan Web 2.0

Perkembangan dunia komputer dan internet semakin lama semakin maju saja, itu terbukti dengan banyaknya inovasi-inovasi digital yang bermunculan. Seperti teknologi Artificial Intellegence, Blockhain dan Cryptocurrency pada mata uang digital. Hal tersebut juga mendasari gagasan web 3.0 atau web semantik yang sekarang ini mulai bermunculan. Lalu apa sih web 3.0 tersebut dan apa perbedaanya dengan web 2.0 atau web sebelumnya, Berikut ulasanya. 


Apa Itu Web 3.0 ?

Web 3.0 adalah web internet generasi ketiga setelah web 2.0 yang sering di angap web masa depan atau biasa di sebut (web semantik). Web semantik ini di desain lebih cangih dari web generasi sebelumnya. dikarenakan pada web generasi ketiga ini perangkat akan terhubung dalam jaringan yang terdesentralisasi blockchain dan tidak lagi mengandalkan database yang berbasis server. Jadi, para pengguna tidak perlu menyimpan data pada server pusat, melainkan cukup memilikinya secara mandiri.

Ciri Web 2.0 adalah :

1. Semantic Web (Web Semantik)

2. Artificial Intellegence (AI)

3. Blockhain, Cryptocurrency (NFT)

4. Grafis 3D dan Web Spasial

5. Ubiquitous Connectivity


Apa Itu Web 2.0

Layanan web generasi kedua atau biasa di sebut web 2.o adalah web yang saat ini kita pakai di kehidupan sehari-hari. Di web 2.0 ini sifatnya sudah dua arah dibanding web sebelumnya, dimana penguna bias leluasa mengupload konten seperti, lagu, gambar, dan vidio ke internet. Pada Web generasi kedua ini juga menyebabkan pergeseran cara pengguna dalam mengakses situs –situs world wide web. dimana para user dapat dengan mudah mengakses internet dengan smartphone pintar mereka.

Contoh web generasi kedua adalah :


YouTube.com 

Facebook.com

Wikipedia.org

WordPress.com

Tumblr.com

Blogger.com

Jimdo.com

Livejournal.com

Wix.com

Weebly.com

Blogspot.com

Devianart.com

Goodreads.com

Wikispaces

Zoho 


Kesimpulan

Pada web geneasi terbaru ini (web 3.0) akan memberikan banyak inovasi serta layanan yang lebih baik dari web sebelumnya. Di web 3.0 juga lebih mementingkan pelindungan data-data diri para user atau pengguna. Dibandingkan web 2.0 dimana data-data seperti kebiasaan, hobi, dan kesukaan kita dapat dilihat oleh penyedia server dan dapat di jual ke pengiklan platform yang sedang kita pakai saat mengakses world wide web.

Contoh pada saat kita sedang mengakses salah satu server di world wide web, maka akan muncul beberapa iklan yang serupa seperti, iklan barang, layanan,maupun iklan yang mendekati hobi kita. Itu membuktikan di web generasi kedua data-data dari user si penguna di rekam dan dijadikan basis iklan yang nantinya akan tampil beberapa iklan yang menarik pada smartphone pengguna.