Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Aplikasi Editing Vidio Ringan Terbaik Untuk Komputer | Mudah Digunakan

KurniawanID - Mengedit video adalah hal yang wajib dilakukan oleh para Conten Creator YouTube. vidio yang telah dibuat harus di edit telebih dahulu sebelum di publish agar tampak lebih bagus.

Nah biasanya untuk membuat vidio pendek yang banyak memiliki efek-efek cinematik harus menggunakan aplikasi yang bagus juga. seperti Adobe Premier, Sony Vegas, dan Final Cut Pro. tetapi aplikasi tersebut cukup berat dan harus membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menjalankanya.

Sebagai Creator baru pasti kalian bingung memilih aplikasi editing vidio mana yang ringan dan mudah untuk digunakan. Nah, berikut adalah rekomendasi aplikasi editing vidio ringan dan mudah digunakan untuk pemula.

1. Wondershare Filmora
Yang pertama adalah wondershare filmora. wondershare filmora adalah aplikasi editing ringan yang dirancang untuk para pemula yang ingin mengedit vidio. kelebihan dari filmora sendiri adalah sederhana, mudah digunakan, dan memiliki banyak fitur.

spesifikasi untuk menjalankan filmora tergolong ringan, tidak sampai 1GB yaitu sekita 512 MB. Di filmora sendiri kalian akan mendapat 4 opsi pengeditan yaitu: Easy mode, Instant cutter, Action cam tool, dan Full feture mode. dengan fitur tersebut membuat filmora mudah digunakan bagi para pemula.

2. Windows Movie Maker
Windows Movie Maker adalah aplikasi edit video sederhana bawaan dari windows xp dan windows 7. tampilan windows movie maker sangat sederhana, membuatnya mudah untuk digunakan.

spesifikasi untuk menjalankan windows movie maker sangat ringan dan mungkit bisa dijalankan di notebook yaitu sekitar 128 MB. walaupun ringan tapi windows movie maker juga memiliki beberapa fitur unggul dan juga dapat membuat vidio-vidio bagus.

3. AVS Vidio Editor
AVS Vidio Editor, adalah aplikasi pengedit video yang dibuat oleh perusahaan Media Tecnologies Ltd. tampilan AVS Vidio Editor hampir mirip dengan adobe  premier pro. aplikasi ini memiliki banya fitur di dalamnya antara lain, jepretan, efek salju, memperkuat audio, efek koreksi warna dan masih banyak lagi. ukuranya pun juga ringan yaitu sekitar 150 Mb saja.

4. Avidemux
Avidemux, software pengedit video gratis ini dirancang untuk pengeditan vidio secara mudah atau basic. pengeditan vidio di avidemux sangat sederhana seperti, memotong vidio, memberi filter, dan encoding. ukuran aplikasi ini sangat kecil yaitu sekitar 16 Mb.

5. Camtasia
Camtaia adalah aplikasi edit vidio ringan buatan TechSmith. aplikasi ini sering dipakai youtuber tutorial untuk membuat vidio atau mengedit konten mereka. spesifikasi untuk menjalankan Camtasia tergolong rendah. ukuran filenya juga kecil yaitu sekitar 500 Mb.

Dengan spesifikasi yang rendah, tetapi Camtasia juga memiliki banya fitur yang bisa kamu pakai. Nah, jika kamu seorang youtuber tutorial atau berita, aplikasi ini sangat recomended untuk kamu.

6.  Vidiopad
Vidiopad, aplikasi edit vidio ringan yang dibuat bagi pemula yang ingin mencoba membuat vidio sederhana. di Vidiopad kamu juga bisa membuat vidio dari beberapa foto yang digambungkan jadi satu vidio. salah satu fitur yang menarik adalah feature overlay track.

fitur tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membuat vidio lebih dari satu dalam satu layar. ukuran aplikasi Vidiopad pun juga sangat kecil yaitu sekita 10 Mb saja.

7. CyberLink PowerDirector

Cyberlink PowerDirector, adalah aplikasi edit vidio ringan terbaik yang memiliki banya fitur. fitur-fitur tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat proyek vidio kamu. seperti film pendek yang banya menggunakan efek-efek cinematik. spesifikasi untuk menjalankan aplikasi ini setidaknya komputer kamu harus memiliki RAM 2 Gb.


8. Movavi
Movavi, software edit vidio ini merupaka aplikasi yang mudah dan ringan untuk digunakan. Movavi memiliki tampilan yang mirip dengan Camtasia. software ini cocok buat kamu yang suka edit vidio-vidio pendek.

Spesifikasi minimum untuk menjalankan aplikasi ini tergolong ringan, komputer kamu harus memiliki ram 1 Gb atau lebih agar lancar untuk menjalankan pengeditanya di aplikasi ini.

9. VirtualDub
VirtualDub adalah software edit vidio ringan open-source untuk windows. aplikasi ini tidak memiliki kekuatan pengeditan seperti Adobe Premier. VirtualDub paling baik memproses vidio AVI. ukuran software ini sangat kecil yaitu sekitar 2 Mb.

Nah itulah software atau aplikasi ringan untuk editing vidio. jika kamu punya aplikasi editing vidio ringan sendiri silakan tambahkan di kolom komentar. perlu di ingat bahwa aplikasi diatas hanya dapat digunakan untuk editing vidio dengan skala ringan sampai menengah.