Cara Ampuh Mempercepat Booting Windows 10 Menjadi Lebih Cepat

KurniawanID - Windows 10 merupakan sistem operasi komputer buatan microsoft yang dirilis pada 29 Juli 2015. Windows 10 merupakan versi penerus dari windows sebelumya yaitu windows 8. sebagai sistem operasi penerus dari windows sebelumnya, banyak kelebihan dari windows 10 serta pembaharuan yang dilakukan oleh microsoft. 

Walaupun banyak memberikan kelebihan dibanding versi terdahulu, tapi nyatanya ada juga yang mengeluhkan lamanya proses booting windows 10. Mungkin kamu  juga merasakanya setelah upgrad ke windows 10  komputer kamu jadi lambat. terutama  saat Booting, saya pun juga merasakannya sendiri.

Lamanya Booting di windows 10 kerap membuat saya kesal karena harus menunggu lebih lama. Nah kali ini saya akan membagikan cara mempercepat booting windows 10 agar
 Lebih Cepat.

1. Jangan Terlalu Banyak Icon Di Dekstop

Disaat komputer masuk ke tampilan desktop system akan meload semua tampilan yang ada di desktop. jadi usahakan jangan terlalu banyak icon atau pintasan aplikasi di layar desktop. tampilkan icon seperlunya saja, jangan sampai layar desktop penuh dengan icon pintasan aplikasi.

jika tidak ingin menghapus icon Shortcut dari destop maka solusinya adalah dengan cara menyatukan semua icon yang ada di destop ke satu folder. kamu juga bisa menyebunyikan icon di destop dengan cara: 


klik kanan – pilih view – hilangkan centang pada “View Destop Icon”


2. Mengat
ur Aplikasi Yang Berjalan


Mungkin kamu tidak tahu sewaktu komputer booting ada aplikasi yang ikut aktif dan berjalan bersamaan. Hal ini akan mengakibatkan loading windows menjadi terganggu dan membuatnya terasa lambat. maka dari itu aplikasi yang berjalan secara otomatis harus dihentikan.


caranya adalah : buka Taks Manager – Pilih Startup. Disable aplikasi yang tergolong “High” Startup.

3. Aktifkan Fast Startup

Sebenarnya Microsoft telah memberikan fitur Fast Booting, agar bisa mempercepat booting windows 10 kamu. Aktifkan fitur ini agar windows 10 kamu jadi lebih cepat Bootingnya. untuk cara pengaktifanya sangat mudah.


pertama buka Power Options – pilih Chaoose what the power button does.

Setelah itu Klik pada bagian Change setting that are currently unavailable – Centang Turn on Fast startup.

simpan perubahan jika sudah selesai. pada settingan default Microsoft telah mengaktifkan  fitur ini secara otomatis di windows kamu. tapi jika settingan belum diaktifkan maka tidak ada salahnya untuk diaktifkan, agar booting windows 10 jadi lebih cepat.


4. Scan Komputer 


Langkah selanjutnya adalah scan komputer kamu dengan Antivirus. Lho kok scan komputer dengan anti virus, kan komputer saya bootinya lambat. jadi begini, jika komputer kamu masih lemot saat booting bisa jadi komputer kamu terindikasi terkena infeksi virus, makanya kamu harus tahu ciri-ciri Komputer terkena virus.


solusinya  adalah scan secara berkala komputer kamu agar terhindar dari serangan virus. jika tedeteksi adanya virus maka segera lakukan pembersihan secara penuh. Dan jangan lupa untuk rutin update Antivirus agar lebih kuat dengan serangan virus-virus terbaru.

5. Menghilangkan Elemen Trasparan

Menghilangkan elemen transparan pada start menu. elemen transparan ini gunanya untuk mempercantik tampilan windows 10. tetapi di sisi lain kamu mendapatkan tampilan yang bagus, maka proses booting windows 10 kamu akan menjadi agak lambat. untuk itu solusinya matikan elemen transparan pada menu start. cara menghilangkan elemen transparan :


Klik kanan-pilih personalise-pilih color-kemudian scroll ke bawah dan matikan Transparancy Effect.


6. Upgrade Ke SSD


Cara terakhir agar dapat mempercepat booting windows 10 adalah dengan mengatikan Hardisk ke SSD. jika komputer kamu masih juga lemot, terutama di saat proses booting maka jalan satu-satunya adalah upgrade dari hardisk ke SSD. faktor melambatnya komputer bisanya juga dipengaruhi oleh hardisk yang sudah usang. solusinya kamu perlu upgrade ke SSD agar komputer menjadi lebih cepat.


Dari hasil uji coba bahwa menggunakan SSD akan mempercepat waktu Booting komputer. waktu Booting SSD sekitar 10 detik sedangkan Hardisk biasa bisa sampai 1 menit. jadi kesimpulanya SSD memang lebih cepat dibanding hardisk biasa. tapi cara ini opsional saja, jadi jika kamu tidak perlu atau belum punya uang maka jangan memaksakan diri untuk Upgrade ke SSD.



Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Mempercepat Booting Windows 10 Menjadi Lebih Cepat"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel