Penyebab Dan Cara Mengatasi Error Not Responding di Windows 10

KurniawanID - Error di Komputer adalah suatu hal yang sering terjadi di setiap perangkat komputer. ada beberapa macam error yang terjadi di komputer, tapi error yang sering terjadi di komputer adalah Error Not Responding. mungkin kamu juga pernah mengalami kejadian Error Not Responding seperti ini, dan bingung penyebab error tersebut.

Error yang terjadi di komputer memang sangat menyebalkan, apalagi jika kita tengah seriusnya mengerjakan tugas dan terjadi error not responding pastinya akan membuat kita panik dan bingung. Karena tugas yang belum tersimpan dan penyebab error itu sendiri, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi Error Not Responding di Windows 10. 


Penyebab Error Not Responding

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya Error Not Responding. bisa disebabkan oleh Hardware atau bisa juga disebabkan oleh software dari komputer itu sendiri. untuk lebih jelasnya tentang penyebab komputer mengalami error not responding. berikut adalah beberapa faktor yang  menyebabkan terjadinya error Not Responding.

1. Aplikasi Terlalu Berat Untuk Di Buka 


Aplikasi yang terlalu berat untuk di jalankan di komputer menjadi penyebab terjadinya error not responding. aplikasi yang melebihi sepesifikasi komputer atau laptop dan di jalankan pada komputer mengakibatkan kinerja prosessor bekerja sangat tinggi dan membuatnya mengalami Lag atau error.


Contoh jika kamu memiliki komputer dengan ram 4 GB dan ingin memaikan game dengan spesifikasi ram 6 GB. maka komputer akan bekerja keras untuk membuka aplikasi game tersebut dan membuatnya mengalami Lag atau error not responding.


Solusinya: 


jangan memaksakan komputer jika tidak mampu menjalankan program berat. perhitungkan spesifikasi komputer dengan program yang ingin di install atau di jalankan. hapus aplikasi berat tersebut jika dirasa tidak terlalu penting

2. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Berjalan


Multitasking atau menjalankan aplikai secara bersamaan mengakibatkan kinerja RAM menjadi penuh. Hal ini akan mengakibatkan sistem tidak merespon atau lama dalam merespon suatu perintah karena memori RAM sudah terlalu penuh dan mengakibatkan Error Not Responding.


Solusinya:


jangan terlalu banyak membuka aplikasi dalam satu waktu, karena dapat menyita banyak memori RAM. usahakan menutup aplikasi jika sudah tidak digunakan lagi. Upgrade Ram jika diperlukan.

3. Sistem Terinfeksi Oleh Virus 


Dan lagi-lagi virus, virus adalah salah satu penyebab komputer error not responding. virus yang telah menginfeksi komputer akan menggunakan Usage Ram hingga 100%, mengakibatkan sistem terganggu dan membuatnya mengalami error not responding.


Solusinya: 


Rajin scan komputer dengan antivirus yang terbukti terbaik melawan virus dan jangan lupa untuk rutin mengupdate database anti virus tersebut. jika terinfeksi virus segera bersihkan virus sampai tuntas. jika diperlukan reset ulang windows 10 kamu.

4. Komputer overheating(Kepanasan)


Komputer kepanasan salah satu penyebab komputer menjadi lemot adalah 
overheating (Kepanasan). komputer yang  terlalu panas membuatnya sering “Hang “ dan tidak merespon saat menjalankan perintah. komputer yang telalu panas juga dapat mengakibatkan komputer mati sendiri karena suhu terlalu panas.

Solusinya:


Menjaga suhu computer, jangan memakai komputer dekat dengan sumber panas seperti, selimut dan diatas Kasur. bersihkan kipas komputer dari debu. pakai pendingin eksternal untuk mendinginkan laptop jika di perlukan.

5. Kerusakan Pada Hardisk

Kerusakan pada hardisk komputer, jika memori hardisk komputer bermasalah juga akan mempengaruhi terhadap kinerja sistem komputer. komputer yang memiliki hardisk rusak atau error maka akan sering menjumpai tulisan Error Not Responding karena ada masalah di hardisk komputer.


Solusinya:


Periksa apakah hardisk kamu error atau bermasalah. jangan sampai hardisk yang berisi file penting dan sistem komputer penuh. bersihkan sampah sistem yang ada di hardisk.

Cara Mengatasi Error Not Responding.

1. Paksa Program Berhenti

 Memaksa berhenti program yang Error Not Responding. caranya: tekan tombol “CTRL+ALT+DEL” – pilih Taks Manager – Pilih program yang Not Responding dan klik END Taks. cara ini ampuh untuk menghilangkan Error Not Responding sekaligus menutup aplikasi yang mengalami Error tersebut.

Itulah Penyebab dan cara mengatasi Error Not Responding pada windows 10. semoga artikel ini dapat membantu jika terjadi masalah Error Not Responding di komputer windows kamu.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Error Not Responding di Windows 10"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel