Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Jenis Sistem Operasi Di Komputer

KurniawanID - Sistem Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang mengatur pasokan sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). jadi secara garis besar sistem operasi adalah suatu sistem yang mengatur jalanya sebuah komputer, seperti mengatur perintah-perintah yang masuk dan mengatur sumber daya antara software dan hardware.

Sistem operasi tersebut akan memberikan akses ke Hardisk, memori komputer, dan akses ke perangkat lain. Tugas sistem operasi pada sebuah komputer juga sebagai pengatur dan pengelola Software maupun Hardware pada komputer ketika sedang digunakan. dan akan bertangung jawab atas jalanya sebuah komputer.

Seperti menjalankan aplikasi, memberikan daya yang cukup ke perangkat keras (Hardware) dan beberapa layanan lain. jadi intinya sistem operasi adalah software penghubung antara Hardware dengan Software yang ada di komputer.

Jenis System Operasi Komputer

1. Sistem Operasi Stand Alone

Sistem operasi ini bisa berdiri sendiri dan sudah lengkap. sistem ini dapat pula digunakan ole single atau bias juga banyak user. Contoh dari sistem operasi stand alone adalah windows, Mac Os, dan  Linux.

2. Sistem Operasi Embedded

Sistem operasi Embedded adalah sistem operasi yang sudah tertananm di komputer.  Sistem ini tidak bia berdiri sendiri alias harus ada sistem pendukungnya. sistem ini dirancang untuk menjalankan tugas tertentu dan menjadi bagian dari keseluruhan sistem di komputer.

3. Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi jaringan adalah sistem yang dapat menggerakkan dan mengoperasikan komputer, umumnya di komputer server atau di workstation. biasanya sistem ini terdiri atas banyak layanan seperti berbagi berkas, berbagi alat pencetak (printer), HTTP Service dan lain sebagainya.

4. Sistem Operasi Live CD

Sistem operasi yang dapat digunkan tanpa mengintall pada komputer. sistem operasi live cd biasanya adalah sistem operasi Stand-alone yang telah di batasi fungsinya dan dapat dijalankan melalui CD.

Macam-Macam Sistem Operasi Komputer:

Suatu komputer memiliki system operasi dengan tujuan sebagai software penghubung agar komputer dapat digunakan. sistem operasi juga bertangung jawab untuk memperoses perintah-perintah di komputer.

Seperti jika kita sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses ke VGA, CPU maka sistem operasi akan memproses perintah tersebut dan memberikan akses ke Hadware komputer.

kebanyakan komputer memakai system operasi Windows milik Microsoft, tetapi ada juga OS yang digunakan komputer selain Windows. berikut adalah Macam-macam Jenis Sistem Operasi Di Komputer

1. Microsoft Windows.
Pasti kamu tidak asing dengan OS dari Microsoft ini, yaitu Sistem Windows. Sistem Windows pertama rilis pada tahun 20 November 1985 dengan target pemasaran untuk Komputer pribadi. Tapi kini windows berkembang menjadi salah satu sistem operasi terpopuler untuk komputer.

Bahkan windows 10 sebagai versi penerus dari windows 8 telah digunakan sekitar 900 Juta device di seluruh dunia. dan mungkin penguna windows 10 akan bertambah terus, seiring dengan update dan pembaharuan yang dilakukan oleh microsoft.

2. Mac OS X
MacOs adalah sistem antarmuka yang dikembangkan oleh perusahaan Apple Inc, sebagai sistem operasi untuk Mac buatanya. Sistem Opersi ini khusus diperuntukan untuk komputer-komputer Macintosh atau Macbook. 

MacOs sendiri pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dengan sebutan OS X. kelebihan MacOs ini adalah dari segi antarmuka dan mudah untuk digunakan. kelebihan lain yang dimiliki sistem operasi ini adalah lebih aman dari serangan virus, Spyware dll. 

3. Linux 
Linux adalah nama yang diberikan kepada kumpulan sistem operasi Mirip Unix yang menggunakan Kernel Linux sebagai kernelnya. Linux pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 dan sampai sekarang menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di perangkat digital. 

Sistem Linux juga digunakan pada perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer, dan sistem benam. Tak ketinggalan sistem operasi video game (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon berbasis Android dan router juga menggunakan linux.

4. Ms. DOS.
Selain Microsoft Windows, Microsoft juga membuat sebuah sistem operasi lain yaitu MS-DOS yang dirilis pertama kali pada tahun 1981. MS-DOS atau (Microsoft Disk Operating System), adalah sistem operasi yang telah banyak digunakan oleh komputer IBM PC atau yang sudah kompatibel dengannya. 

Sistem MS-DOS ini masing dengan antarmuka yang cukup sederhana, yaitu berupa Teks perintah seperti Comand Promt. kelebihan dari MS-DOS ini adalah ukuranya yang begitu  kecil jadi ringan dalam pengunaan memori.

Dan sampai pada akhirnya Microsoft telah menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka telah membuat sebuah sistem operasi baru yang berbasis antarmuka grafis, yang sekarang kita kenal sebagai Microsoft Windows. 

5.Unix

Unix merupakan sebuah sistem operasi yang tidak cukup populer sekarang ini dan mungkin kamu asing dengan sistem operasi ini. Sistem Operasi Unix, diawali dari sebuah proyek pada tahun 1965 dan dikembangkan pada tahun 1970. Dan sejak itu Unix terus dikembangkan oleh banyak pihak.

Unix juga didesain sebagai sistem operasi komputer yang portable dan memiliki fitur multi-tasking atau multi user. kebanyakan penguna Unix menggunakan sistem ini sebagai Komputer server dan workstation.

6. AmigaOS

Amiga adalah sistem operasi yang digunakan pada komputer Amiga dan dikembangkan oleh Commodore International dan diperkenalkan pada tahun 1985. Sistem operasi Amiga berjalan pada seri Motorola 68 K, dengan menggunakan prosessor 16 sampai 32 bit. AmigaOS ini membawa Jenis kernel Atypical microkernel dan Antarmuka bawaan dari Workbench.

7. BeOS
BeOS adalah sebuah sistem operasi komputer untuk penggunaan pribadi yang dikembangkan pada tahun 1991 oleh Be Inc. BeOs pada awalnya dirancang untuk berjalan pada perangkat keras berbasis AT&T Hobbit, kemudian dimodifikasi agar bias berjalan di prosessor berbasis PowerPC. Sistem ini juga dirancang untuk berjalan di perangkat keras BeBox. 

8. Garuda OS

Garuda OS adalah salah satu dari Distro Linux berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition. Sistem operasi ini dibuat dan dikembangkan di Indonesia dan bisa digunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya. 

banyak fitur serta kelebihan dari OS Distro Linux ini salah satunya adalah aman dari gangguan virus serta dukunan bahasa indonesia, dan berikut adalah beberapa fitur yang ada pada OS ini.

Fitur-Fitur Garuda OS :

- Inti (kernel Linux) 
- Dukungan driver VGA seperti Nvidia, ATI, Intel, dll
- Dukungan Wireless untuk berbagai perangkat jaringan.
- Dukungan perangkat printer lokal ataupun jaringan
- Dukungan format multimedia seperti flv, mp4, avi, mov, mpg, mp3, wma, wav, ogg, dll.
- Dukungan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta 60 bahasa dunia lainnya 
- Dukungan untuk instalasi berbagai program, aplikasi dan game berbasis Windows
- Dukungan untuk berbagai dokumen dari program berbasis Windows (seperti Photoshop,      CorelDraw, MS Office, AutoCAD, dll)
- Dukungan Font Aksara Indonesia dan.

- Dukungan Google Web.