Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Software ini Dapat Mendeteksi Kerusakan Pada Komputer dan Laptop.

Komputer dan Laptop saat ini memang menjadi alat untuk memudahkan kita dalam melakukan suatu pekerjaan. baik itu tugas sekolah ataupun tugas kantor yang mengunakan Komputer dan laptop. namun jika perangkat komputer tersebut menalami masalah atau error pasti membuat pekerjaan yang kita kerjakan menjadi terhambat.

Tidak bisa dipungkiri yang namanya perangkat elektronik seperti komputer pasti lambat laun akan mengalami suatu masalah. entah itu hang, lemot, sampai blue screen dan kitapun tidak tahu penyebab komputer mengalami masalah-masalah seperti itu.

Permasalah tersebut mungkin sering kita alami, tapi kita tidak tahu penyebab dari permasalahan yang ada di komputer kita. apalagi bila kita tidak tahu tentang komputer pasti membuat kita panik karena masalah tersebut. untuk mendeteksi masalah yang terjadi di komputer kita bisa mengecek keadaan komputer dengan bantuan software. Nah, berikut adalah 5 software yang dapat mendeteksi kerusakan pada komputer.


Software Pengecek Kerusakan dan Tes Performa Komputer.

1. AIDA64

Yang pertama adalah softaware AIDA64, Software cocok bagi kamu penguna windows untuk menganalisa kerusakan yang terjadi pada perangkat komputer dan laptop kamu. Software ini juga cocok digunakan untuk perusahaan kecil maupun besar. fitur-fitur yang ditawarkan dari software ini terbilang cukup lengkap, Berikut diantaranya:

Mengecek perangkat keras dan perangkat lunak serta memberikan laporan statistic beserta diagram pada hardware dan software

Memberikan laporan kepada admin melalui e-mail saat terjadi perubahan hardware dan software.

Memberikan informasi lengkap mengenai hardware seperti suhu pada komputer

Momonitoring Komputer dari jarak jauh

Memberikan informasi secara detail tentang tntang software dan sistem operasi yang digunakan

Dapat memberikan informai detail mengenai hardware yang digunakan

2. Passmark Performance Test 

Kemampun software ini sangat bagus, Software ini dapat mengecek / mendeteksi komponen hardware di komputer. Selain itu software ini juga dapat mengetahui detail spesifikasi komputer dan laptop yang kamu gunakan secara obyektif.

berikut fitur-fiturnya:

Dukungan uji hyper-treading
Hasil Analisa dijelaskan dengan detail
Ekspor hasil Analisa ke format apapun
Antarmuka yang mudah digunakan
Memberikan informasi system secara ringkas

3. Heavy Load

Heavy load, Software ini memiliki kemampun mumpuni yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi kerusakan pada komputer kamu. Software ini dapat mengecek komponen hardware seperti, harddisk, memory, vga dan komponen penting lainya. Selain itu kamu juga bisa menguji performa prosesor sampai maksimal.

Fitur-fiturnya:

Menganalisa kinerja prosesor
Mendeteksi file-file tersembunyi di komputer dan laptop
Menganalisa kinerja hardware seperti prosesor dan VGA

4. Sisoft Sandra

Sisoft Sandra, Software ini dapat menganalisa sistem dan mengetahui kinerja komputer dan laptop. dengan menggunakan software ini, kamu juga dapat mengetahui hardware mana yang memiliki masalah. Selain itu ketika ada perangkat yang mengalami masalah secara otomatis akan memberikan peringatan.

5. The Ultimate Troubleshooter (TUT)

Yang terakhir adalah The Ultimate Troubleshooter (TUT), Software ini mungkin sangat berguna untuk mengatasi mpermasalahan yang sering dialami komputer. tampilan antarmuka dari software ini juga mewakili keadaan komputer sekarang saat digunakan, jika berwarna hijau berarti komputer tidak apa-apa, jika berwarna kuning tandanya ada peringatan pada beberapa komponen komputer dan perlu dilihat, dan merah menandakan masalah serius yang tengah dialami komputer. 

Fungsinya:

Dapat menghapus ribuan file junk yang dapat membuat komputer lemot
Mempercepat booting computer dan menampilkan daftar aplikasi yang berjalan saat komputer sedang booting
Mampu mendeteksi adware dan spyware
Taks Manager

Nah itulah 5 software yang bisa kamu coba untuk mengecek keadaan komputer. kesimpulanya bahwa perawatan komputer dan laptop perlu dilakukan agar tidak cepat rusak. seperti pepatah mengatakan lebih baik mencegah dari pada mengobati, seperti halnya komputer yang perlu perawatan berkala agar tetap terjaga performanya.

Sumber: dosenit,com
Sumber: golepi,com