Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Yang Tiba-tiba Mati Sendiri


KurniawanID Penguna komputer terkadan memiliki permasalah saat sedang mengunakan Komputer. Seperti terjadinya error sampai komputer yang tiba-tiba mati sendiri tanpa sebab yang jelas. Permasalahan tersebut membuat para penguna komputer menjadi jengkel, karena masalah yang terjadi.

Apalagi jika sedang mengerjakan pekerjaaan, dan komputer tiba-tiba mati maka hal ini sangat membuat kita panik. Tapi jika hal semacam ini terjadi pada kamu, usahakan jangan panik dan cari tahu penyebab kenapa komputer kamu tiba-tiba mati. Nah di postingan kali ini admin akan membahas hal tersebut.

1. Overheating

Penyebab paling umum komputer sering mati secara mendadak adalah Overheating atau suhu komputer terlalu panas. Komponen komputer seperti Processor akan mematikan diri jika suhu yang timbul melebihi batas wajar komputer. 


Penyebab Overheating juga beragam, seperti memaksa komputer bermain game berat dengan waktu yang lama sampai buruknya sistem pendingin komputer. hal itu bisa terjadi karena sistem pendingin bermasalah, seperti kotor dan membuat pendinginan tidak maksimal.


Solusinya:

Jangan memaksakan bermain game berat pada komputer dengan spek low, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Selain itu perikasa sistem pendingin komputer apakah berfungsi dengan baik atau tidak. 


2. Komponen Pada Hardware Bermasalah

Salah satu faktor lain dari komputer yang tiba-tiba mati sendiri adalah permasalahan pada komponen hardware yang mungkin sulit untuk dideteksi. Permasalahan tersebut seperti pada komponen power supply yang bertugas untuk mensuplai daya.


Selain pada power supply permasalahan tersebut bisa juga terjadi pada komponen hardware lain seperti, VGA, Processor, RAM, harddisk, Hingga Motherboard. Kamu dapat mengecek komponen-komponen tersebut apakah bermasalah atau tidak, jika salah satu ada yang bermasalah maka bisa jadi komponen tersebut menjadi penyebab komputer mati.

Solusinya:


Coba cek power supply komputer yang digunakan untuk 
mensuplai daya, apakah komponen ini bermasalah atau tidak. Selain itu permasalahan seperti di VGA di mana jika ada blue screen sebelum komputer mati, mungkin penyebabnya terletak di komponen VGA.


Selain itu cek seluruh komponen hardware komputer apakah bermasalah atau tidak. pengecekan ini mungkin agak sedikit rumit karena komponen hardware yang terletak di dalam casing.  

3. Program Crash 


Selain kerusakan dari luar (Hardware) juga bisa dari dalam (Software). Biasanya hal semacam itu terjadi karena software tidak kompartibel (tidak cocok) dengan sistem komputer dan pada akhirya mengalami crash. 


Solusinya:


Uninstall program yang mengalami crash tersebut Serta gunakan driver yang 
kompatibel dengan versi windows kamu. Pastikan juga untuk mengupdate driver ke vesi terbaru.

4. Karena Virus

Memang virus telah menjadi momok menakutkan bagi para penguna komputer dan laptop. Jika komputer sudah terkena virus maka sistem akan mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh serangan virus.


Kerusakan sistem yang diakibatkan oleh virus akan membuat komputer sering crash, error sampai komputer mati mendadak. Selain itu virus juga dapat membuat prosesor bekerja keras dalam waktu lama. jika dibiarkan maka komputer akan mengalami Overheating dan pada akhirnya membuat komputer mati mendadak.

Solusinya:


Masuk ke safemode dan lakukan pembersihan virus dengan anti virus yang sudah terupdate. jangan install aplikasi sembarangan dari internet, bisa saja aplikasi yang di dawnload dan diinstall dari internet sudah disusupi malware. 


5. Arus Listrik Tidak Stabil

Kekurangan supply daya menjadikan komputer sering mati karena daya yang dialirkan dari power supplay kurang. kekuranan daya tersebut membuat komponen hardware tidak bisa bekerja optimal dan bisa mengakibatkan komputer mati mendadak.


Solusinya:


Ganti power supplay yang mumpuni untuk menjalankan komponen hardware agar bisa bekerja secara optimal. Pilih  power supplay yang sudah bersertifikat 80+ efisiensi daya atau yang lebih tinggi dari 80+. 
Gunakan juga stabilizer agar arus listrik yang di terima komputer bisa stabil


Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi komputer yang tiba-tiba mati
. semoga artikel ini dapat membantu kamu, jika sedang kamu sedang mengalami komputer yang tiba-tiba mati sendiri.


Sumber: dosenit.com

Belum ada Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer Yang Tiba-tiba Mati Sendiri"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel