Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Komponen-Komponen Komputer Lengkap Beserta Fungsinya

Komponen-Komponen Komputer Lengkap
Komponen Komputer
Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang dapat menerima Input berupa intruksi atau perintah dan mengolahnya ke bentuk Output yang di inginkan oleh si penguna. Perangkat komputer memiliki banyak komponen-komponen penyusunya, Komponen tersebut tersusun berdasarkan fungsi dan kegunaanya masing-masing.

Orang awam mungkin mengenal komputer hanya dari CPU-Nya saja sebagai komponen utama komputer. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah, tapi perlu di ingat bahwa komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari bayak komponen. 

Terdapat 3 Komponen Dasar Komputer, Seperti.

- Perangkat Keras (Hardware)
- Perangkat Lunak (Software) dan
- Manusia (Brainware)

Nah pada postingan kali ini admin akan memeberikan jenis komponen-komponen perangkat keras (Hardware) pada Komputer Lengkap beserta fungsi dan kegunaannya. 

A. Perangkat Masukkan atau (Input Device)


Komponen-Komponen Komputer Lengkap
Perangkat Masukkan atau (Input Device)
Perangkat masukkan merupakan sebuah piranti yang dapat menerima masukkan berupa perintah dari si pengguna. Perintah input tersebut selanjunya akan di kirim ke perangkat pengolah. Berikut adalah komponen Input dari komputer.

1. Keyboard

Keyboard adalah papan ketik yang memiliki banyak tombol-tombol dan digunakan untuk menginput data berupa huruf, angka, dan simbol. Selain dapat menginput huruf dan angka, keyboard juga berfungsi untuk menginput perintah dari kombinasi berupa perintah shortcut pada komputer. 

2. Mause

Mouse merupakan perangkat masukkan input yang terdiri dari 2 tombol klik kanan dan kiri serta tombol berbentuk bola yang berada di tengah. Kursor akan mengikuti gerakan mouse kemanapun mouse bergerak. Fungsi mouse sendiri digunakan untuk klik kanan, klik kiri, dan melakukan scroll.

3. Microphone

Microphone adalah alat yang digunakan untuk menangkap gelombang suara dan nantinya diubah menjadi getaran listrik. Selanjutnya suara tersebut akan di olah dengan Power Amplifier dan diperbesar. 

4. Scanner

Scanner adalah alat pemindai dan menjadi salah satu dari input pada komputer. alat ini berfungsi untuk menduplikat objek dan mengubahnya ke dalam bentuk digital. Perangkat input ini paling umum digunakan untuk menyalin berkas-berkas pentik dan menyimpannya ke dalam komputer.

5. Joystick

Joystick merupakan alat massukan input komputer yang fungsinya hampir mirip dengan mouse. Perangkat ini biasanya digunakan sebagai penganti mouse untuk bermain game. Alat ini berbentuk seperti kontroler pada console PS dan Xbox yang sama-sama untuk bermain game.

B. Perangkat Pengolah atau (Prosessing Unit)

1. Casing
Casing
Casing merupakan bagian terluar dari sebuah komputer. di dalam casing berisikan berbagai komponen komputer seperti tempat motherboard, power supplay, cooling (pendingin) dan berbagai komponen lainya. Casing komputer juga sekaligus menjadi rumah bagi bagi komponen-komponen komputer. Fungsi casing komputer sendiri untuk melindungi komponen yang ada di dalam komputer dari debu, air, dan kotoran.

2. Motherboard

 Komponen-Komponen Komputer Lengkap
 Motherboard
Motherboard adalah tempat untuk berbagai macam komponen komputer yang terpasang seperti  Prosessor, RAM, VGA dan komponen lainya. Fungsi dari motherboard adalah sebagai papan sirkuit untuk menghubungkan komponen satu dengan komponen lainya.

Seperti penghubung antara power supplay daya dengan fan atau kipas pendingin komputer. Dengan adanya Motherboard maka power supplay akan mensuplai daya ke Motherboard dan Motherboard akan menyebarkan daya ke komponen lain.

3. Prosessor



Komponen-Komponen Komputer
Prosessor

CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari sebuah komputer. Tugas dan fungsi CPU adalah memproses perhitungan data perintah-perintah yang masuk dari user atau penguna. Seperti saat sedang memutar video, prosesor akan menerjemahkan perintah tersebut dan mengirimnya ke VGA untuk ditampilkan di layar monitor.

Baca JugaPengertian CPU atau Prosessor pada Komputer Lengkap Beserta Fungsinya

5. VGA Card / Kartu Grafis 



Komponen-Komponen Komputer Lengkap
VGA Card / Kartu Grafis 

VGA merupakan singkatan dari ( Vidio Graphics Array ). seperti yang sudah dijelaskan diatas. komponen ini memiliki fungsi untuk mengolah dan menerjemahkan perintah ke dalam bentuk visual dan ditampilkan di layar monitor. 

Contohnya ketika sedang menonton video dan bermain game maka VGA ini akan menerjemahkan Input dan mengeluarkan Output ke dalam bentuk visual berupa gambar atau vidio.

6. RAM 


Komponen-Komponen Komputer Lengkap
RAM 

RAM atau ( Random Access Memory ) adalah salah satu komponen komputer yang digunakan untuk menyimpan data dari sebuah aplikasi, atau tugas yang sedang dijalankan oleh CPU. 

Beda dengan Hard Disk yang menyimpan data aplikasi secara tetap, RAM hanya menyimpan data aplikasi yang sedang berjalan saja atau hanya sementara. jadi RAM akan bekerja jika komputer sedang menyala dan menjalankan tugas.

7. Hard Disk



Komponen-Komponen Komputer Lengkap
Hard Disk

Hard Disk adalah media penyimpanan dari sebuah komputer. Seperti tempat untuk instalasi sistem operasi komputer, tempat instalasi software dan juga tempat menyimpan file-file pribadi. 

Beda dengan RAM hard disk merupakan media penyimpanan tetap sedangkan RAM hanya menyimpan data sementara. Bentuk dari hard disk adalah kotak dan di dalamnya terdapat seperti piringan .

8. PC Cooler



 Komponen-Komponen Komputer Lengkap
  PC Cooler

PC Cooler atau heatsink adalah komponen komputer yang berbentuk seperti kipas. Fungsi utama dari heatsink adalah untuk menjaga suhu prosessor agar tetap dingin. Bahanya terbuat dari tembaga dan alumunium.

9.  Power Supply



Komponen-Komponen Komputer Lengkap
 Power Supply

Power Supply, perangkat ini juga sangat penting agar komputer bisa hidup dan digunakan. Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai atau mengaliri daya (Listrik) ke motherboatd dan juga komponen-komponen lainya.

10. Optical Drive /CD-ROM



Komponen-Komponen Komputer Lengkap
 Optical Drive /CD-ROM

Optical Disk Drive (ODD) adalah salah satu media penyimpanan yang biasanya ada di komputer dan laptop.Optical drive digunakan untuk membaca dan menulis data ke CD dan DVD, penulisan tersebut dikenal dengan istilah burning.

Untuk membaca dan menulis data di CD dan DVD, optical drive menggunakan sinar laser untuk membaca dan menulis ulang data tersebut.Tapi komputer dan laptop sekarang mungkin jarang mengunakan Optical drive.

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Setelah perangkat komputer menerima masukkan dan 
1. Monitor

Monitor
Monitor merupakan suatu perangkat kerat komputer yang termasuk ke dalam Output. Monitor berbentuk kotak atau persegi panjang yang berupa layar untuk menampilkan gambar. Fungsi monitor adalah untuk menampilkan suatu gambar visual yang telah di prosesoleh komputer.

2. Printer

Printer
Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak file, gambar,maupun berkas dari sebuah komputer. Dengan adanya printer kita jadi mudah untuk mengubah file yang semula bebentuk digital di komputer. dan merubahnya ke bentuk fisik seperti, Gambar, File,dan berkas-berkas penting.

3. Speaker

Speaker
Speaker Merupakan suatu alat yang di gunakan untuk memproses audio dan mengeluarkannya dalam bentuk suara. Selain itu speaker juga bisa untuk memperbesar suara yang dikeluarkan dan dapat diperbesar sesuai keinginan si pengguna. 

4. Projector


Projector
Seperti namanya proyektor adalah perangkat yang dapat memproyeksikan gambar atau video ke layar atau dinding. Alat ini biasanya juga di gunakan untuk Alat presentasi, Media hiburan, Home Teater. dll.

AKHIR KATA

Nah itulah tadi beberapa komponen-komponen yang menyusun sebuah komputer. sekarang jadi lebih tahu kan, komponen-komponen apa saja yang menyusun sebuah komputer. Semoga artikel ini dapat memberikan kamu pengetahuan baru tentang dunia komputer.