Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian CPU atau Prosessor pada Komputer Lengkap Beserta Fungsinya

Pengertian Prosessor Komputer Beserta Fungsinya
Prosessor Komputer
Pada perangkat komputer atau laptop memang terdapat banyak sekali komponen, komponen-komponen tersebut meliputi komponen, Hardware, Software, hingga Brainware. Nah di postingan kali ini saya akan membagikan tentang pengertian CPU atau Prosesssor pada sebuah komputer maupun laptop.

CPU atau Prosessor merupakan salah satu dari sekian banyak komponen yang ada pada komputer dan memiliki fungsi serta kegunaan yang sangat penting bagi komputer maupun laptop. Nah untuk lebih jelasnya di postingan kali ini admin akan membahas mengenai pengertian CPU atau prosessor dan fungsinya pada komputer dan laptop.

A. Pengertian CPU Prosessor

Prosessor atau biasa disebut juga denga istilah CPU (central processing unit) merupakan IC atau otak dari sebuah komputer maupun laptop. Dengan adanya prosessor komputer dan laptop dapat menjalankan perintah-perintah yang di inginkan oleh si User atau si penguna komputer tersebut. Sebuah prosessor juga menjadi komponen utama bagi setiap komputer dan laptop, Karena menjadi komponen utama prosessor sangat perberan penting agar komputer dapat berjalan dengan baik.

Secara garis besar fungsi dari prosessor adalah untuk memproses semua data maupun informasi yang masuk (Input) dan menlakukan perhitungan yang nantinya akan memberikan keluaran berupa (Output). Keluaran output tersebut berupa perintah yang kita inginkan, Contohnya saat kita merender video yang semula berbentuk potongan-potongan atau footage. Maka prosessor akan melakukan perhitungan dan mengolahnya sehingga menghasilkan output yang berupa video jadi.

Untuk bisa memproses sebuah data maupun informasi yang masuk ke komputer prosessor biasanya akan terhubung ke komponen lain. Berupa RAM, Hardisk, VGA, dan beberapa komponen pendukung lain untuk menghasilkan sebuat Output.  

B. Komponen Yang Ada Pada Prosessor

1. Unit Control atau (CU)

Unit control atau (CU) prosessor bertugas untuk mengatur lalu lintas data, masuk (input) atau keluar (output)

2. Unit (ALU) atau Aritmatics Logical Unit

Seperti Namanya bagian prosessor ini bertugas untuk melakukan sebuah perhitungan aritmatika sesuai intruksi yang di inginkan oleh programnya.

3. Unit Register atau (RU)

Unit Register adalah sebuah komponen yang ada di prosessor dengan fungsi sebagai memory kecil yang memiliki kecepatan akses tinggi. 

C. Cara Kerja Prosessor

Setelah mengetahui Komponn dari sebuah prosessor, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara kerja komputer.

Unuk cara kerja Prosessor adalah dengan cara mengolah input masuk dan memprosesnya menjadi output atau keluaran yang nantinya akan di tampilkan di layer monitor kamu.
Sebagai contoh, kamu sedang membuka sebuah aplikasi dan kamu mengarahkan kursor mouse ke aplikasi tersebut dan membukanya. Nah pada saat membuka aplikasi tersebut data yang ada pada hardisk akan di kirim ke ram, kemudian data yang ada pada ram akan di teruskan ke (CU) atau Control Unit. Setelah berada di control unit data atau perintah tadi akan di prosess unit ALU atau ( Aritmatics Logical Unit ). 

Setelah dilakukan proses perhitungan di ALU kemudian data tersebut akan di ambil oleh CU (Control Unit) yang kemudian di bawa ke memory RAM computer. Setelah data telah diproses semua dan di kembalikan ke RAM selanjutnya data tersebut bisa di tampilkan di alat Output seperti monitor.

Nah itulah pengambaran singkat mengenai proses siklus kerja CPU atau prosessor.    

D. Istilah Pada Prosessor

Core dan Threads :  Core merupakan bagian inti dari sebuah prosessor sedangkan Thread jalur atau rangkaiannya.

TDP : TDP atau (Thermal Design Power) merupakan jumlah daya maksimal yang di butuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan dari sebuah Prosessor. Umumnya semakin tinggi TDP yang dimiliki prosessor, maka semakin tinggi pula panas yang akan di hasilkan dan sebaliknya apabila nilai TDP Prosessor rendah semakin rendah juga panas yang di hasilkan.

Cache : Cache merupakan memory kecil yang memiliki kecepatan tinggi dan bersifat sementara pada sebuah Prosessor.

GHz : adalah ukuran kecepatan dari sebuah prosessor yang kamu miliki, umumnya prosessor jaman sekarang memiliki ukuran GHz (Giga Heartz) yang tinggi berbeda dengan dulu yang masih dengan MHz (Mega Heartz).

Overcloking : Keiatan untuk menjalankan prosessor di luar spesifikasi yang telah di tentukan pabrik atau pembuat prosessor tersebut.

E. Jenis -Jenis Prosessor di Komputer

Terdapat banyak jenis perosessor untuk perangkat komputer, tapi dari sekian banyak prosessor yang di buat untuk komputer. Terdapat dua jenis prosessor yang paling popular dan sudah terkenal, terlebih bagi para PC builder atau para gamer.

1. Intel

Perusahaan intel merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di amerika serikat. Perusahaan ini sangat terkela karena rancangan dan produksi microprosessornya. Perusahaan yang berdiri sejak 1968 ini, selain memproduksi prosessor perusahaan intel juga memproduksi kartu jaringan, SSD dan beberapa produk intel lainnya.

Di Indonesia sendiri produk prosessor Intel juga menjadi pilihan bagi para gamer maupun pc builder. Itu karena prosessor buatan intel ini sangat powerfull dari segi performa dan kinerjannya. 

2. AMD

Selanjutnya AMD atau (Advanced Micro Devices), Perusahaan ini juga perpusat di negeri amerika dan berdiri sejak 1969. Perusahaan AMD sendiri menjadi pemasik microprosessor global terbesar kedua setelah perusahaan intel. Selain memasok microprosessor AMD juga memasok dan meproduksi pengolah grafis sendiri yang kita kenal dengan VGA. 

Produk-produk dari AMD seperti prosessor dan VGA juga menjadi pilihan alternaltif untuk membagun sebuah PC. Selain memiliki performa yang juga OKE saat digunakan, Harga yang di tawarkan dari setiap produk-produk AMD juga lebih terjangkau di banding pesaingnya yaitu intel.

D. Fungsi dan kegunaan Prosessor

Terdapat banyak Fungsi dan kegunaan prosessor pada komputer dan berikut adalah beberapa rincian fungsi dan kegunaan prosessor yang perlu kamu ketahui.

1. Menjadi Pusat kendali atau Otak dari Komputer
2. Mengelolah perintah yang masuk ke komputer
3. Mengontrol Jalannya komputer
4. Mengolah dan meperhitungan algoritma saat menjalankan perintah yang masuk
5. Mengitegrasikan keseluruhan komponen komputer agar dapat saling bekerja satu dengan yang lain

Cara Mengecek Jenis Prosessor Komputer dan Laptop

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis dan tipe prosessor yang sedang kamu gunakan pada komputer maupun laptop kamu. Untuk langkah-langkanhnya kamu dapat mengikuti sebagai berikut.

1. Dengan Aplikasi Tambahan 

Cara yang pertama kamu bias dengan menggunakan aplikasi tambahan Seperti aplikasi CPU-Z di bawah ini. Untuk menggunakannya kamu tingal menginstall aplikasi tersebut dan membukanya. Setelah terbuka nanti aplikasi tersebut akan memperlihatkan detail spesifikasi komputer kamu, seperti cpu prosessor hingga RAM pada laptop kamu.

Pengertian Prosessor Komputer Beserta Fungsinya
CPU-Z

2. Lewat Perintah RUN

Untuk menggunakan perintah RUN, kamu tinggal buka menu “Search Windows” kamu lalu ketikan “RUN” setelah terbuka menu RUN. Ketikan lagi perintah (DXDIAG) pada menu RUN tersebut kemudian tekan Enter, maka akan terbuka menu spesifikasi komputr kamu.

Pengertian Prosessor Komputer Beserta Fungsinya
Spesifikasi Komputer
Untuk cara mengetahui spesifikasi laptop dan Komputer kamu juga bisa baca pada postingan ini.

Baca Juga : Cara melihat Spesifikasi Komputer dan laptop Lengkap
Baca Juga Apa itu RAM dan VRAM Serta Perbedaan Keduanya

Akhir Kata

Nah itu tadi pembahasan mengenai apa itu prosessor atau pengertian prosessor di komputer dan laptop. Secara garis besar prosessor adalah otak dari sebuah komponen elektronik yang bertugas untuk mengolah data yang masuk atau (input) dan akan diteruskan menjadi keluaran atau (Output). Jika pembahasan ini bermanfaat, silakan share artikel ini ke teman-teman kamu supaya mereka juga tahu tentang prosessor komputer dan laptop.