Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu RAM dan VRAM Serta Perbedaan Keduanya

KurniawanID - Selain RAM, ada juga perangkat lain seperti Ram yang tugasnya hampir sama dengan memory RAM. Yaitu VRAM, atau juga disebut dengan Vidio Random Access Memory. Walaupun namanya hampir sama, tapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sama dengan RAM dan ROM yang sekilas memiliki nama yang juga hampir sama tapi memiliki fungsi yang berbeda. Lantas apa perbedaan RAM dan juga VRAM, Nah berikut adalah penjelasanya.

Pengertian. 

1. RAM

Dari segi pengertian RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM digunaka untuk mengakses dan menampung data-data secara acak dan tidak beraturan secara cepat. RAM akan bekerja jika perangkat komputer dihidupkan seperti kita sedang membuka aplikasi dan memuat data. 

2. VRAM 

VRAM atau singkatan dari Vidio Random Access Memory. hampir sama dengan memori RAM, VRAM adalah perangkat penyimpanan data sementara yang berada di dalam VGA Card. VRAM akan bekerja dengan VGA untuk membantu mengolah dan memuat data, contonya seperti kita sedang bermain game. Maka perangkat VRAM akan bekerja menampung data-data yang nantinya di proses oleh VGA dan di keluarkan menjadi Output dalam bentuk visual.

Fungsi  


1. RAM

Ram memiliki fungsi penting bagi komputer, tanpa RAM komputer akan sulit untuk memproses data. Ram digunakan sebagai media penyimpanan data yang bersifat sementara. Seperti data aplikasi, software dan juga data game yang sedang berjalan. 

Seperti kita sedang membuka suatu aplikasi maka data otomatis akan berpindah ke Ram dan akan diproses oleh CPU. Jadi RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara pada suatu aplikasi ketika sedang Running atau berjalan.

2. VRAM 

VRAM sama halnya dengan RAM, vram juga digunakan untuk menyimpan data-data yang bersifat sementara. Bedanya Vram berada di VGA yang hanya menyimpan data-data yang diperlukan oleh VGA. Seperti data gambar yang nantinya akan ditampilkan ke bentuk visual monitor, seperti tampilan pada game atau atarmuka aplikasi.

Perbedaan

Ram digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan oleh CPU seperti data-data aplikasi dan sistem yang sedan berjalan. Sedangkan VRAM digunakan untuk menyimpan data-data yang dibutuhkan oleh VGA. Sperti data warna, texture dan shadow yang nantinya akan diproses dan ditampikan dalam bentu visual gambar. 

Kesimpulanya

Ram dan VRAM sama-sama digunakan untuk menyimpan data sementara pada perangkat komputer dan keduanya memiliki fungsi yang penting bagi komputer. Nah sekian pembahasan dari admin mengenai RAM dan VRAM. Semoga bisa menambahkan pengetahuan kamu tentang dunia komputer.