Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 5 Manfaat Memakai SSD di Komputer dan Laptop

Manfaat Memakai SSD
Manfaat Memakai SSD

Manfaat Memakai SSD di Komputer dan Laptop - 
Manfaat Memakai SSD di Komputer dan Laptop - Media penyimpanan merupakan salah satu komponen penting bagi komputer untuk menyimpan data-data penting. Ada tiga varian media penyimpanan saat ini, yaitu HDD, SSHD, dan SSD. Ketiga media penyimpanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Salah satu media penyimpanan yang memiliki performa yang mumpuni adalah SSD. Jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain seperti Hardisk. Maka media penyimpanan SSD lebih unggul, karena memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki hardisk biasa. Nah berikut admin berikan 5 Manfaat Memakai SSD di Komputer dan Laptop.

1. Mempercepat Loading Time

Jika kamu masih memakai hardisk biasa, maka cobalah untuk menggunakan SSD. Karena ssd memiliki kecepata melebihi hardisk biasa. Manfaat yang paling bisa kita rasakan adalah mempercepat loading time. Seperti saat Startup dan loading aplikasi, dengan memakai SSD maka loading tersebut akan jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan Hardisk biasa. 

2. Meringankan Kinerja OS

Jika kamu hanya mempunyai satu hardisk sebagai media penyimpanan data dan tempat menginstall sistem. Maka hal tersebut tentu akan membebankan kinerja harddisk, sebabnya sistem pada komputer akan selalu bejalan. dan jika ditambah dengan memuat atau membuka aplikasi berat seperti game, maka selain harddisk yang terasa lambat sistem yang berjalan juga ikut melambat. 

3. Lebih Aman Saat Terkena Guncangan

Alasan selanjutnya adalah lebih aman jika terkena guncangan. berbeda dengan harddisk biasa yang masih mengunakan piringan bergerak sebagai media penyimpanan. SSD telah memakai chip memory flash yang membuatnya lebih tahan dengan guncangan, selain itu SSD juga tidak berisik karena tidak memakai piringan seperti harddisk biasa.

4. Lebih Irit Konsumsi Daya

Hal lainya yang membuat SSD lebih dipilih adalah soal konsumsi daya. konsumsi daya memang menjadi faktor lain dalam memilih komponen komputer. jika dibandingkan dengan Hardisk biasa maka konsumsi daya pada SSD jauh lebih rendah.

5. Harga SSD Sudah Lebih Murah

Alasan yang terakhir adalah masalah harga. Ya memang harga SSD lebih mahal dari pada hardisk biasa. Tapi sekarang ini SSD sudah bisa kamu beli dengan harga terjangkau, tidak seperti dulu yang masih mahal. Kini SSD bisa kamu beli dengan harga kisaran 300rb untuk 120GB.

Walaupun harga SSD lebih mahal dari Harddisk tapi SSD memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding dengan hardisk. Sekarang ini sudah banyak SSD dengan harga yang lebih murah dibanding harga tahun-tahun sebelumya.

AKHIR KATA 

Nah itulah manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu menggunakan SSD sebagai media penyimpanan kamu. Untuk lebih lengkap mengenai harga ssd kamu bisa mampir ke toko online saya untuk mengetahui harga ssd dan beberapa part komputer lainya. Untuk link tokonya klik disini.