Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Blue Screen di Komputer Windows

KurniawanID - Salah satu masalah yang sering dialami oleh penguna komputer windows adalah error. Error bisa dipicu oleh banyak hal, dan salah satu bentuk error yang paling ditakuti oleh penguna windows adalah error blue screen.

Blue screen merupakan suatu bentuk notifikasi yang dibuat oleh sistem ketika terjadi error yang cukup serius. Error ini biasanya terjadi secara mendadak dan tiba-tiba, selain itu jika kamu penguna baru dan belum pernah mengalaminya pasti akan merasa kebingungan.


Pasalnya error ini akan membuat layar komputer berwarna biru dan muncul tulisan berupa kode error yang tengah dialami. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya, Berikut ini adalah p
enyebab dan cara untuk mengatasi Blue Screen.

1. Komputer Mengalami Overheating (Terlalu Panas)

Blue screen ini akan menyertakan pesan error : UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) atau pesan : MACHINE_CHECK_EXCEPTION.


Masalah:


Overheting (Suhu Terlalu Tinggi)

Bios Corrupt
Prosessor Yang Corrupt

Solusinya:


Coba matikan komputer kamu setelah itu cek pendinginya apakah bekerja dengan baik atau tidak. Selain itu coba tambahkan pendingin seperti Coolingpad (Untuk Laptop) agar komputer lebih dingin saat digunakan.


2. Kesalahan Error Pada File Sistem

Blue screen ini akan menyertakan pesan error: NTFS_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000024 atau pesan FAT_FILE_SYSTEM dengan kode 0X00000023.


Masalah:


Adanya kerusakan pada partisi atau file sistemnya


Solusinya:


Perikasa kabel SATA / IDE Hardisk apakah ada kesalahan atau tidak, selain itu gunakan juga fitur cek disk. 


3. Kerusakan Pada RAM atau Slot RAM


Blue scree ini akan menampilkan pesan error: DATA_BUS_ERROR atau PEN_LIST_CORRUPT.kerusakan hardware memang menjadi salah satu penyebab error blue screen.


Solusinya:


Coba cek RAM apakah sudah terpasang dengan baik atau tidak. Cek juga apakah terjadi kerusakan pada memory RAM atau tidak. Selain itu cek juga slot RAM yang ada pada Moterboard.


4. Kerusakan Pada VGA


Blue screen jenis ini akan menyertakan pesan: PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA. Error semacam ini mungkin bisa terjadi karena memory video card dipaksa bekerja melebihi kapaitas yang telah dialokasikan.


5. Driver Yang diinstall Mengalami Kerusakan


Blue screen ini mungkin terjadi karena driver vga yang di install pada komputer mengalami kerusakan atau crash. Blue screen semacam
 ini akan menyertakan pesan: IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL dengan kode 0X0000000A atau pesan VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE.

Solusinya:


Install ulang driver VGA komputer kamu,Selain itu pastikan 
juga untuk mengupdate driver VGA ke versi terbaru. 

6. Kesalahan Pada Saat Install OS


Blue screen ini disebabkan CD / DVD intallasi corrupt atau rusak dan biasanya akan muncul pesan error: BAD_POOL_CALLER. error jenis ini 
biasanya terjadi di windows XP.

Solusinya:


Pastikan kaset CD / DVD instalasi tidak corrupt atau rusak pada saat akan melakukan instalasi. Jika setelah instalasi masih terjadi blue screen, maka kemungkinan besar hardware yang mengalami kerusakan.


Nah itulah tadi beberapa penyebab terjadinya error blue screen dan cara untuk mengatasinya
. Selain itu kamu juga bisa mengetahui penyebab dari error blue screen dengan bantuan software seperti bluescreenview .

Sumber: dosenit.com

Sumber: it-jurnal.com