Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Agar Komputer Kamu Terhindar dari Serangan Virus

KurniawanIDBanyak faktor yang mempengaruhi masalah pada komputer, dan salah satunya adalah virus yang menyerang komputer. Virus pada komputer memang menjadi momok menakutkan bagi penguna komputer. Selain dapat merusak sistem, virus juga dapat menghambat kinerja komputer.

Untuk menghindari kerusakan yang ditimbulkan oleh serangan virus, maka kamu harus tahu cara agar terhindar dari serangan virus tersebut. Dengan begitu kamu dapat mengantisipasi serangan virus pada komputer kesayangan kamu. dan berikut adalah tips agar komputer terhindar dari serangan Virus.


1. Jangan Sembarangan Mendownload File dari Internet


Tips yang pertama adalah, tidak sembarangan mendownload file maupun aplikasi yang ada di internet. Jika kamu suka mendownload file-file di internet, mulai sekarang kamu harus berhati-hati. Karena kebanyakan virus yang menginfeksi komputer berasal dari internet lewat file download. 


2. Waspadai Tautan Link di Internet


Selain mendownload file dari internet, Waspadai juga tautan link di internet. Jika kamu sering dan aktif berselancar di internet, Maka waspadai juga link atau tautan-tautan yang tidak jelas. 
Maksudnya hindari link dan tautan yang mengarah ke situs-situs berbahaya. Seperti link penipun atau phising yang berkedok iklan berupa pop up atau iklan hadiah. 


3. Jangan Sering Pasang Colok Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu alat penyimpanan data eksternal yang sangat praktis. Tapi dibalik kepraktisannya itu, flashdisk juga bisa menjadi sumber datangnya virus ke komputer kita. Jika kamu sering bertukar file dengan teman kamu maka berhati-hatilah.


Sebabnya kita tidak tahu apakah file yang ada pada flashdisk itu aman atau tidak. dan bisa saja file yang kita copy dari teman kamu itu mengandung virus. Nah sebaiknya sebelum mengcopy file ke flashdisk scan dulu dengan mengunkan antivirus yang telah di update.


4. Gunakan Kombinasi Antivirus


Antivirus adalah aplikasi yang tugasnya dapat menghalau virus pada perangkat komputer. Akan tetapi hampir setiap hari banyak virus-virus baru
 yang keluar. untuk menangani virus terseebut alankah baiknya mengkobinasikan dua antivirus seperti avast dengan smadav agar memberikan perlindungan ganda pada computer kamu. Tapi jangan juga menginstall banyak antivirus karena dapat membuat computer kamu menjadi lemot. 


5. Rutin Scan dan Update Antivirus


Tips berikutnya adalah, rutin scan dan update antivirus. Percuma jika kamu mempunyai antivirus bagus tapi tidak pernah digunakan dan di update. Jadi usahan scan minimal seminggu sekali atau dua kali. Jangan lupa juga melakukan untuk update antivirus, tidak perlu setiap hari tapi setidaknya tiga hari sekali atau bila ada update terbaru.

6. Matikan Fitur Autorun

Matikan autorun, Agar program yang berisi virus tidak berjalan otomatis maka matikan fitur autorun. Autorun merupakan fasilitas dari sistem yang berfungsi untuk menjalankan file secara otomatis. ketika ada media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan media lainnya yang di pasang pada komputer.

Selain bisa menjalankan file secara otomatis, fitur ini juga dapat menjalankan program virus secara otomatis. Jadi sebaiknya fitur ini di matikan saja, karena jika ada virus di komputer kamu. Maka secara otomatis sistem akan mendeteksinya file atau program virus tersebut sebagai autorun.

Itu tadi adalah beberapa tips agar komputer kamu terhindar dari serangan virus. Kamu dapat menerapkan tips ini pada komputer maupun laptop yang kamu miliki. mungkin itu dulu yang dapat admin sampaikan dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini.