Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Aplikasi Yang Wajib ada di Komputer dan Laptop Baru

KurniawanID - Sekarang ini komputer dan laptop semakin banyak digunakan oleh banyak orang, dan setiap tahunya akan bertambah terus penguna-penguna baru. Mungkin kamu salah satunya yang masih baru dalam mengunakan Komputer maupun laptop. dan mungkin kamu juga bingung aplikasi atau software apa saja yang harus diinstall pada komputer dan laptop baru.

Komputer atau laptop yang baru dibeli biasanya masih kosong dan belum memiliki aplikasi dan hanya sedikit saja yang sudah dibekali aplikasi bawaan. Nah agar tidak asal dalam menginstall aplikasi maka kamu harus tahu aplikasi apa sajakah yang harus ada dan dibutuhkan di komputer dan laptop baru. Berikut adalah daftar aplikasi yang harus ada di komputer dan laptop baru

1. Antivirus


Antivirus adalah aplikasi yang yang sangat penting untuk keamanan komputer dan laptop baru. Agar komputer kamu tidak megalami kerusakan yang diakibatkan oleh virus, maka aplikasi ini sangat wajib diinstall pada komputer dan laptop baru.


Kamu dapat menginstall antivirus yang gratis dan juga berbayar, seperti Avast, Avira, AVG, dan antivirus lain yang kamu rasa cocok untuk melindungi perangkat komputer kamu. Selain itu kamu juga harus rutin untuk mengupdate anti virus tersebut.

2. Google Chrome


Google chrome adalah aplikasi wajib kedua setelah anti virus. Bayangkan jika kamu ingin mengakses internet dengan laptop atau komputer tanpa adanya web browser, pasti tidak bisa. Nah google chrome ini adalah aplikasi web browser terbaik yang memiliki fitur-fitur lengkap, selain itu kamu juga bisa menambahkan banyak extension seperti IDM.


3. Internet Dawnload Manager (IDM)


Aplikasi yang ketiga adalah IDM (Internet Dawnload Manager). Aplikasi ini berfungsi untuk mempercepat pengunduhan file atau data dengan ukurang yang relatif besar. Aplikasi ini bisa kamu pasangkan dengan google chrome.


4. GOM Player


Jika kamu ingin menonton film maupun video-vidio sebaiknya kamu menginstall GOM Player. Gom player adalah aplikasi pemutar video terbaik yang bisa kamu unduh secara gratis. Selain itu Gom player juga memiliki fitur efek equalizer yang bisa kamu atur genre suaranya.


5. Microsoft Office


Nah untuk menunjang kebutuhan kantor maupun untuk ngerjain tugas aplikasi ini sangat direkomendasikan dan wajib di install di komputer dan laptop baru. Di dalam Microsoft office ini terdiri dari banyak aplikasi pendukung, seperti Microsoft Word, Excel, Power Poin dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi pendukungnya. Fungsi dari aplikasi Microsoft office ini adalah mengolah data dan biasanya sering dipakai di perkantoran maupun pelajar.


6. Winrar


Winrar adalah aplikasi yang dibuat untuk mengarsipkan data atau file. Winrar dapat mengarsipkan file atau berkas menjadi format RAR tau ZIP. Jika kamu mempunyai banyak berkas dan ingin menyimpanya dalam satu file aplikasi ini mungkin cocok untuk kamu. selain itu aplikasi ini juga gratis dan bisa bebas kamu dawnload.


7. Ccleaner


Untuk menghindari penumpukan cache pada komputer. Aplikasi ini sangat cocok untuk membersihkan sampah 
cache yang ada pada komputer. terutama cache yang dihasilkan oleh web browser.

Dengan beragam fitur yang di tawarkan oleh Ccleaner, aplikasi ini dapat dengan mudah untuk membersihkan file sampah cache yang dapat memberatkan kinerja komputer.

8. Adobe Photoshop


Jika kamu suka mengedit foto, maka aplkasi ini wajib ada di komputer atau laptop kamu. Pasalnya aplikasi ini menyediakan tool keren yang bisa kamu kombiasikan dengan skil editing kamu. Selain itu aplikasi ini telah dinobatkan sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik untuk perangkat komputer. 


9. Driver Booster


Nah jika kamu tidak mau atau malas mengupdate driver komputer satu-persatu, maka aplikasi ini sangat aku rekomendasikan. Aplikai ini dapat mencari update driver terbaru pada perangkat komputer kamu. 


Selain itu cara menggunakan aplikasi ini juga sangat mudah. Kamu tinggal membuka aplikasi dan klik scan driver setelah itu akan muncul driver yang butuh di update, klik update untuk update semua driver yang ada pada komputer kamu.

10. Game Booster


Selain driver booster ada juga aplikasi game booster. Jika kamu suka main game maka aplikasi ini cocok untuk kamu gunakan. Aplikasi ini dapat mengoptimalkan game dan mengurangi lag saat bermain. selain itu aplikasi ini juga gratis dan bebas untuk kamu dawnload di google.


11. Google Drive


Jika kamu memiliki data atau file-file penting dan ingin semua itu aman dan juga mudah untuk diakses. Aplikasi ini sangat membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan itu, seperti menyimpan file ke google drive dan mengaksesnya dari perangkat komputer maupun mobile.


12. Game House 


Untuk kamu yang bosan karena tidak ada permainan dalam laptop atau komputer, aku saranin untuk install game house. Sebabnya aplikasi ini memuat banyak game-game ringan dan seru yang bisa menghibur kamu jika sedang bosan. 


13. Winamp


Aplikasi yang terakhir adalah winamp. Aplikasi ini memiliki fungsi seperti GOM player yaitu untuk memutar audio musik. Jika kamu suka memutar musik, maka aplikasi ini mungkin cocok untuk kamu. Aplikasi ini dapat memutar musik dalam banyak format dan menjadi aplikasi yang aku rekomendasikan untuk kamu install pad komputer dan laptop baru.


Nah itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi yang wajib di install pada komputer dan laptop baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.