Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kelebihan Game Original Dibandingkan Game Bajakan

KurniawanID - Sekarang ini game bajakan sangat mudah untuk diakses dan juga kita mainkan, terutama pada perangkat pc. Selain faktor tadi, game bajakan sering dipilih karena gratis. Dengan beberapa hal tadi, membuat game-game bajakan menjadi game yang dipilih dibanding game originalnya.

Tapi dibalik itu semua game bajakan juga menyimpan banyak kekurangan yang ada pada game tersebut. Untuk itu perlu diperhatikan dulu sebelum kamu mencoba game-game bajakan. dan berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan game original dibandingkan game bajakan.


A. Game Original



Game original adalah game resmi yang berasal dari Publisher game dan telah memiliki izin 
edar resmi dari pihak Developer
. Umumnya game original di distribusikan ke toko-toko dan website resmi penjual game, seperti steam, Epic Games Store, Uplay, dll.

Game original memiliki fitur lebih lengkap serta banyak kelebihannya, dibandingkan game-game bajakan. Nah berikut ini adalah penjelasan mengenai
 kelebihan game original dibanding game bajakan.

1. Game Lebih Aman


Game original lebih aman, ya bisa dipastikan game original 100% aman dan bebas dari virus atau malware. Beda dengan game bajakan, disaat kamu mengunduhnya dari internet bisa saja file game tersebut sudah disusupi oleh virus. 


2. Bisa Multiplayer


Kelebihan game original dan yang sangat aku suka adalah, kita bisa main online dengan teman atau user lain. Hal ini sangatlah seru dan menguntungkan, karena kita bisa bekerja sama dalam menyelesaikan misi-msi game yang sulit. 


3. Mendapatkan Dukungan Update


Hal selanjutnya jika kamu membeli game original adalah, mendapatkan dukungan update pada game kamu. Update seperti penambahan item baru, misi ataupun perbaikan game agar lebih seru. beda dengan game bajakan yang harus mencari pacth update sendiri, dan hal itu sangat ribet jika ingin memasang updatan terbarunya.


4. Game Lebih Stabil

Game original lebih stabil dari game bajakan. Memang hal itu sangat benar jika kamu memaikan game original maka akan sulit menemukan bug atau mengalami crash pada saat bermain game. Beda dengan game bajakan yang suka crash saat permainan dimulai.


5. Membantu Para Devoloper


Selain hal-hal diatas, keuntungan lain jika kamu membeli game orginal adalah secara tidak langsung kamu membantu para developer dalam pengembangan dan pembuatan game. Jika kamu medawnload game bajakan maka developer game akan mengalami kerugian dan jika terjadi pembajakan berskala besar, bukan tidak mungkin studio game tersebut akan mengalami kebangkrutan dan berakibat pada tutupnya studio game tersebut.


6. Install Mudah


Jika kamu tidak suka ribet dalam urusan install game, lebih baik kamu beli game original saja. Pasalnya game-game bajakan umunya memakai crack agar game bisa berjalan. Jadi jika tidak mau ribet saat installasi game maka game original menjadi pilihan yang tepat. 


B. Game Bajakan 




Game bajakan adalah game dengan versi yang tidak resminya, dan sudah dimodifikasi file-file yang ada di dalam game tersebut. Dan berikut adalah kekurangan game bajakan dibanding game original.


1. Game Tidak Stabil


Hal yang paling membuat jengkel ketika bermain game adalah crash dan tiba-tiba game force close saat tengah asyik bermain game. Crash pada game biasanya lebih banyak dialami oleh game-game bajakan dari pada game originalnya.


2. Tidak Bisa Online

Kekurangan game bajakan berikutnya adalah tidak tersedianya fitur multiplayer dalam game bajakan. Hal ini dapat menyulitkan player yang memaikan game bajakan karena tidak bisa memaikan gamenya secara online atau bersama tema-temanya. 


3. Tidak Ada Dukungan Update


Biasanya game-game original jika ada updatan terbaru maka akan ada notifikasi update terbaru. Berbeda dengan game bajakan yang tidak bisa menerima update terbaru dari pihak developer. dan jika ada updatan terbaru maka kita harus repot mencari file patch terbarunya, selain itu kita juga harus memasangnya sendiri.


4. Merugikan Devoloper


Pembajakan memang menjadi hal yang sangat dilarang karena dapat merugikan para pemilik atau developer game tersebut. Banyak sekali dapak pembajakan game, salah satunya adalah dapat merugikan pihak developer game tesebut.


Game yang dibuat dengan dana yang besar tapi malah dibajak dan disebar luasakan itu sama sajak kita mematikan developer. Apalagi jika developer itu baru memulai game pertamanya.


5. Tidak Aman

Game tidak aman, banyak game-game bajakan beredar di internet dan bisa bebas untuk mendownloadnya. Tapi apakah game tersebut aman atau malah berbahaya jika diinstall di pc kamu. Memang banyak game-game bajakan yang bisa kamu dawnload sesuka hati tapi, bahaya mengintai jika game tersebut sudah disusupi virus atau malware.


6. Install Game Ribet


jika kamu suka mengunakan game bajakan maka akan menemui kendala saat menginstall game tersebut. Sebanya game-game bajakan harus memakai crack, agar game bisa dimainka. Selain pake crack resiko gagal install game bajakan lebih tiggi jika dibanding game originalnya. 


7. Masalah Hukum

Kekurangan game bajakan terakhir adalah tentang masalah hukum. Jika kamu memaikan game bajaakan sama sajak kamu melakuka pencurian terhadap karya orang lain. Hal ini dapat juga menimbulkan masalah hukum. 


Kesimpulan

Nah itu tadi 
penjelasan mengenai kelebihan game original dibanding game bajakan. Saran dari admin jika kamu mampu untuk membel game-game original, maka beli saj gem original tersebut. Selain mendapatkan dukungan dan fitur-fitur yang lengkap, kamu juga akan merasa puas karena bisa membeli game tersebut.