Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 8 Cara Agar Komputer Kamu Tidak Lemot

KurniawanID - Seiring penggunaannya komputer semakin hari akan semakin menurun performanya, dan hal itu sangat tidak kita harapkan. Salah satu bentuk penurunan performa pada komputer yang paling sering adalah, komputer mengalami lemot.

Lemot pada komputer biasanya terjadi akibat komputer yang jarang terawat. salain itu banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi komputer lemot. Seperti spesifikasi komputer yang rendah sampai komputer yang terinfeksi virus.


Nah untuk mengatasi hal-hal tersebut maka perlu dilakukan pencegahan dan penanganan jika sudah terjadi lemot pada komputer. Lalu bagaimana cara mengatasi lemot pada komputer, berikut adalah cara mengatasi komputer dan laptop yang lemot.


1. Jangan Install Banyak Antivirus


Antivirus adalah aplikasi yang sangat penting dan wajib ada di komputer dan laptop kita. Tapi jika kamu banyak menginstall aplikasi antivirus, bukannya aman komputer kamu tapi malah
 akan membuatnya lemot.

Itu dikarenakan jika kamu banya install aplikasi antivirus, maka aplikasi itu akan berjalan bersamaan di latar belakan dan itu akan memakan RAM yang cukup banyak. Jadi solusinya gunakan antivirus satu saja dan masimal dua antivirus agar komputer kamu tidak terlalu berat saat di jalankan. 

2. Scan Virus Pada Komputer


Banyak faktor yang mempenaruhi komputer lemot, dan Salah satunya adalah virus. Virus memang sangat merugikan bagi penguna komputer salah dan satu dapak dari virus adalah lemot. L
emot pada komputer bisa disebabkan oleh serangan virus yang sudah menginfeksi komputer kamu. 

Virus yang telah menginfeksi komputer akan menggandakan dirinya dan merusak sistem. Hal itu akan berdampak pada performa komputer dan akan membuatnya semakin lambat atau lemot saat digunakan. Selain dapat membebankan sistem virus juga boros ram, jadi sebaiknya scan komputer dengan antivirus secara berkala.

3. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Penting

Tips atau cara selanjutnya adalah uninstall aplikasi yang tidak diperlukan dan jarang digunakan. Aplikasi yang menumpuk pada komputer hanya akan membuat komputer terbebani. Jadi solusinya unistall aplikasi yang sudah tidak lagi kamu perlukan.


4. Stop Program Yang Berjalan Di Latar Belakang


Selain Uninstall aplikasi yang tidak penting kamu juga dapat menghentikan program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang tidak penting dan berjalan di latar belakan, hanya akan memakan banyak memory RAM. Hal itu jelas dapat membebankan kinerja RAM dan ujung-ujungnya membuat komputer menjadi lemot. 


5. Gunakan SSD


Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan SSD. Dengan menggunakan SSD, maka komputer kamu akan berjalan lebih cepat dari biasanya. terutama soal masalah loading speed, seperti booting dan membuka aplikasi. SSD akan lebih cepat dibandingkan dengan Harddisk biasa.


6. Ugrade RAM


Salah satu faktor komputer mengalami masalah lemot adalah spesifikasi yang low seperti kapasitas RAM yang terlalu kecil. RAM sangat berperan penting bagi perangkat komputer, untuk menjalankan banyak aplikasi. Jadi upgrade RAM sangat diperlukan agar komputer kamu tida lemot saat membuka banyak aplikasi.


7. Bersihkan Hardisk

Selain sebagai media penyimpanan data, 
Hardisk juga dipakai sebagian tempat OS terinstall. Hal ini sangat membebankan kinerja hardisk yang membuat pekerjaanya jadi dua kali lipat. Apalagi jika hardisk hampir penuh, maka komponen hadisk akan bekerja lebih keras untuk memproses data dan sistem. 

Jadi intinya membersihkan hardisk sangat diperlukan agar komputer tetap terjaga performanya. Dan Jangan sampai hardisk penuh akibat data dan sampah sistem yang jarang dibersihkan. Kamu dapat mengunakan aplikai ccleaner untuk membersihkan hardisk dari file-file sampah tersebut.  


8. Uninstall Ulang.


Jika cara diatas tidak juga berhasil, maka cara yang paling ampuh dan juga beresiko adalah uninstall ulang sistem komputer. Ini bertujuan agar sistem kembali seperti baru dan tidak lagi lemot, tapi resikonya kamu akan kehilangan data atau aplikasi yang sebelumya telah terpasang.


Akhir Kata

Nah itulah tips dan cara mengatasi komputer yang lemot. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, jika komputer kamu mengalami masalah lemot.