Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Ampuh Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot

KurniawanID - Seiring berjalannya waktu, pengunaa hp android akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut biasanya di tandai dengan sering nge-lag atau sering crash saat digunakan. Jika terjadi hal demikian jangan panik, penurunan performa hp android bukan berarti hp android kamu rusak.

Hal-hal semacam itu juga bisa kamu atasi sendiri dan salah satunya dengan membersihkan file dan berkas yang sudah tidak diperlukan. Tapi bagaimana jika hp android masih juga lambat padahal sudah dibersihkan. Nah berikut ini adalah tips ampuh cara mempercepat hp android yang lemot.


1. Update Sistem Android


Tips yang pertama adalah update sistem android ke versi terbaru. Jika hp android kamu sudah mulai lemot, mungkin sistem android kamu perlu untuk di pdate ke versi terbaru. 


Versi terbaru android biasanya lebih cepat dan lebih bagus karena bug yang ada di versi sebelumya akan fix oleh update terbaru.

Jadi jika hp kamu sudah mulai lemot bisa saja karena bug yang ada pada sistem android, jadi solusinya segera update ke versi terbaru. 


2. Gunakan Aplikasi Android Versi Lite


Kita tahu banyak aplikasi-aplikasi di playstore yang membutuhkan penyimpanan dan RAM yang cukup besar. Hal itu membuat penguna hp android yang memiliki spek hp low harus memperhitungkan untuk menginstaal aplikasi tersebut.


Tapi jika kamu memiliki hp dengan sepek tingi maka hal itu tidak menjadi masalah. Nah untuk kamu yang hanya memiliki spek hp low, solusinya kamu bisa memakai aplikasi versi lite. Aplikasi versi lite biasanya lebih kecil dan ringan dari versi aslinya. 


3. Hapus Aplikasi Yang Jarang di Gunakan


Aplikasi yang sudah banyak pada hp android kamu lama-kelamaan akan membebankan dan menurunkan performa hp android itu sendiri. Jadi jika kamu memiliki aplikasi-aplikasi di hp android kamu yang jarang dipakai, sebaiknya kamu menghapusnya saja.

Karena hal seperti itu hanya akan membuat hp android kamu menjadi terbebani dan akhirnya hp android kamu menjadi lemot.

4. Disable Aplikasi Yang Berjalan Otomatis


Banyak aplikasi yang meminta izin untuk berjalan secara otomatis, hal itu akan sangat membebankan kinerja android khususnya kinerja pada RAM. Aplikasi yang berjalan otomatis umumnya akan memakan banyak RAM dan jika kamu ingin membuka aplikasi lain maka akan sangat lambat. Jadi saran admin hentikan aplikasi yang berjalan otomatis di background.


5. Jangan Mengunakkan Live Wallpaper

Memang live wallpaper sangat bagus untuk dipasang di hp android, tapi jika hal yang bagus itu malah dapat merugikan kamu maka sebaiknya dibung saja. Pasalnya live wallpaper akan berjalan di latar belakang dan akan memakan sebagian RAM yang membuat hp kamu lambat. Jadi sebaiknya pakai wallpaper bawaan hp android saja.


6. Bersihkan Cache


Aktivitas seperti browsing dan mengakses berbagai laman web akan menimbulkan cache. Cache ini dapat menguntungkan kamu saat mengakses laman web tanpa harus memulai ulang konten web tersebut karena sudah tersimpan di cache.


Hal tersebut memang sangat menguntungkan saat sedang browsing, tapi hal tersebut juga dapat menimbulkan masalah juga. Cache yang tersimpan di hp android akan memakan penyimpanan internal dan membuat kinerja android akan semakin lambat.


Jadi kamu perlu membersihkan cache pada hp android kamu agar tidak menumpuk. Untuk membersihkanya kamu bisa mengunakan aplikasi piha seperti Ccleaner. Ccleaner adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membersihkan file-file sampah pada hp android kamu. 


7. Reset Hp Android.


Tips yang terakhir adalah reset hp android kamu. Jika memang diperlukan dan hp android kamu sudah sangat lambat, maka hal ini bisa kamu lakukan. Tapi sebelum mereset hp android, sebaiknya kamu buat file backup di memory card kamu supaya file-file penting tidak ikut hilang.


Akhir Kata


Hp android semakin lama akan mengalami penurunan performa. jika sudah terjadi penurunan performa seperti melambanya kinerja hp, maka kita perlu memberikan penanganan khusus. Seperti tips yang ada di atas dan bisa kamu terapkan jikala hp android kamu sudah mulai melambat.