Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Ampuh Menghemat Batrai HP Awet Meski diPakai Seharian

KurniawanID - Sekarang ini banyak smartphone android dengan spesifikasi tinggi di jual dengan harga murah. Spesifikasi tersebut meliputi RAM yang besar prosesor yang lebih kuat dan juga baterai yang besar. Dan salah satu daya Tarik smartphone tersebut adalah spesifikasi baterai yang besar.

Dengan kapasitas baterai yang besar kita jadi tidak perlu takut keluar rumah tanpa menggunakan power bank. Tapi walaupun sudah dibekali 
baterai yang berukuran besar nyatanya banyak pengguna smartphone masih sering kehabisan baterai.


Aktifitas seperti bermain game dan browsing merupakan salah satu pemicu 
baterai smartphone menjadi boros. tapi kamu tak perlu kawatir ada tips yang bisa kamu terapkan agar baterai smartphone kamu bisa awet.


1. Hindari Pemakaian Live Wallpaper


Live wallpaper memang bagus untuk dipakai di hp android. Tapi live wallpaper juga memiliki kekurangan, jika kamu memakainya pada hp android kamu. 


Pasalnya live wallpaper akan terus berjalan ketika hp sedang digunakan dan itu dapat menyedot baterai hp android kamu. Jadi jangan memakai live wallpaper jika baterai hp android kamu ingin awet.


2. Pilih Wallpaper Gelap


Wallpaper yang berwarna-warni memang keren. Tapi jika 
baterai smartphone kamu ingin awet saat di bawa ke luar rumah. Maka saya sarankan memakai wallpaper yang gelap apalagi jika smartphone kamu memiliki layar SUPER AMOLED. Semakin gelap wallpaper, maka daya yang dibutuhkan juga semakin kecil.  


3. Aktifkan Fitur Hemat Daya


Tips selanjutnya adalah aktifkan fitur hemat daya pada smartphone kamu. fitur hemat daya digunakan jika 
baterai smartphone kamu sudah low dan perlu di isi. Fitur ini juga dapat kamu gunakan jika sedang berpergian dan tidak sedang membawa power bank. Fitur ini biasanya sudah ada di smartphone kamu jadi kamu tingal mengaktifkanya saja.


4. Atur Kecerahan Layar


Layar smartphone memang sangat memakan daya, apalagi jika layar tersebut terang maka konsumsi dayanya juga akan lebih besar. Jadi atur kecerahan layar smartphone kamu secara manual, jangan aktifkan secara otomatis agar tidak menguras 
baterai smartphone. 


5. Jangan Mengaktifkan Tethering


Jika kamu suka mengaktifkan tethering (hotspot seluler), maka hal tersebut akan membuat 
baterai smartphone kamu cepat habis. Karena jika kamu mengaktifkan tethering maka smrtphone akan bekerja ganda dalam menyebarkan jaringan seluler. Jadi jika baterai kamu sedang low, maka jangan mengaktifkan tethering.


6. Matikan Aplikasi Yang Berjalan Otomatis


Banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis, hal ini dapat membebankan kinerja android selain itu konsumsi daya terhadap aplikasi itu juga tinggi. karena aplikasi yang berjalan otomatis, juga akan berjalan di belakang layar. Jadi saya sarankan matikan aplikasi yang berjalan secara otomatis.


7. Atur Layar Agar Mati Lebih Cepat


Atur layar agar mati lebih cepat. Kita semua tahu layar memang sangat menguras batrai smartphone. Tapi jika kita bisa membuatnya lebih cepat mati, hal itu dapat mengurangi konsumsi daya 
baterai smartphone dari pada layar yang lama matinya. 


8. Gunakan Fitur Doze di Android 6.0


Gunakan fitur Doze. Jika kamu para penguna android 6.0 / Marsmellow ada kabar menggembirakan. Pasalnya google telah menambahkan fitur untuk menghemat daya smartphone yaitu fitur Doze. 


Doze ini dapat menghemat baterai android kamu dan membuatnya bertahan lebih lama. Dan ketika smartphone android tidur, Doze akan otomatis bekerja. Dan senangnya kita masih bisa mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi penting.


9. Gunakan Aplikasi Penghemat 
baterai


Selain tips-tips di atas kamu juga bisa menambahkan aplikasi penghemat daya baterai. aplikasi tersebut bisa kamu unduh secara gratis di google playstore. 


Banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghemat daya smartphone kamu. Tapi saya sarankan memakai satu aplikasi saja dan bisa kamu kombinasikan dengan fitur power saver smartphone. 


10. Aktifkan Mode Pesawat.


Tips yang terakhir adalah mengaktifkan mode pesawat. Selain layar smartphone jaringan seluler jua salah satu penyebab 
baterai cepat habis. Jika kamu mengaktifkan mode pesawat. Maka secara otomatis sistem tidak lagi mencari-cari jaringan seluler dan itu akan lebih menghemat konsumsi daya pada smartphone kamu. 


Akhir Kata


Nah Itu tadi 10 tips ampuh cara menghemat batrai hp yang bisa kamu terapkan, jika kamu sedang berada di luar rumah dan lupa membawa power bank. Jika artikel ini bermanfaat, silakan share artikel ini ke teman-teman kamu.



Sumber: id.priceprice.com

Sumber: berakal.com