Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ampuh Meningkatkan FPS Saat Bermain Game PC

KurniawanID FPS adalah singkatan dari (Frame Per Second), yaitu gambar yang tampil pada monitor per detiknya. Jika FPS game tinggi, maka pergerakan di dalam game juga akan terasa halus dan lancar tanpa lag. Jadi Semakin tinggi FPS maka semakin nyaman pula game untuk dimaikan. 

FPS pada game memang sangat berpengaruh pada saat game dimulai, Tapi terkadang FPS di dalam game juga bisa mengalami drop dan akan terasa pata-patah atau lag. Lalu bagaimana cara meningkatkan FPS pada game terutama game-game berat, nah berikut adalah ulasanya.

1. Update Driver

Cara yang pertama adalah dengan mengupdate driver komputer kamu ke versi terbaru. Mengapa harus di update, karena update terbaru akan mengoptimalkan kinerja hardware sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada saat kita bermain game. 


2. Tutup Aplikasi Yang Berjalan


Kita semua tahu jika membuka banyak aplikasi akan menurunkan kinerja perangkat komputer dan membuatnya semakin berat jika digunakan. Nah itu juga berlaku pada saat kita bermain game.


jika kamu membuka banyak aplikasi dan ditambah dengan bermain game. Maka komputer akan bekerja keras untuk memprosesnya. Dan membuat performa game jadi menurun saat bermain game. 

3. Setting Game ke Low - Medium

Jika kamu hanya memiliki spesifikasi PC yang tidak terlalu tinggi, maka jangan mensetting game ke settingan ultra. Jika kamu mensetting game ke grafis ultra maka kamu akan mendapat tampilan grafis yang bagus, tapi akan jelek di FPS gamenya. 


Jadi jika kamu hanya memiliki spek PC yang tidak terlalu tinggi dan ingin mendapatkan FPS game tinggi maka setting game ke medium saja.

4. O
verclocking

Nah ini agak sedikit berbahaya, yaitu overcloking. Overclocking adalah dimana kamu menjalankan spesifikasi PC kamu di luar spek yang telah ditentukan. Jadi kamu bisa mengunakan PC kamu melebihi spesifikasi yang telah ditentukan. 


Dengan spesifikasi komputer yang lebih tinggi, maka juga akan berdampak pada performa game yang semakin meningkat. Tapi untuk melakukan overclocking dibutuhkan hardware yang sudah support dengan overclocking.  

5. Pakai Game Booster

Yang terahkir adalah menggunakan software pendukung agar bermain game lebih lancar tanpa ganguan. Software ini adalah game booster, kamu bisa memakai game booster untuk meningkatkan performa saat bermaingame, agar tidak terjadi lag lagi.


Akhir Kata

Nah itulah tadi cara untuk meningkatkan FPS pada saat bermain game di PC / laptop. Semoga artikel ini dapat membantu kamu jika sedang mengalami masah FPS drop.