Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cara Mencegah Smartphone Android Terkena Virus

KurniawanID - Virus memang menjadi salah satu sumber kerusakan pada perangkat elektronik tak terkecuali perakat seluler android. Selain menginfeksi komputer dan laptop, virus juga dapat menginfeksi perangkat android kamu.

Banyak sekali kerusakan yang bisa disebabkan oleh virus dan salah satunya adalah penurunan performa smartphone android secara tiba-tiba. Seperti lemot saat mebuka aplikasi, aplikasi sering crash, dan bisa juga mengakibatkan sistem android sering error.

Lalu bagaimana cara mengatasi atau mencegah virus pada perangkat android. Sebenarnya cara untuk mencegah virus pada smartphone android tergolong mudah. Berikut adalah ulasanya yang bisa kamu terapkan pada smartphone android kamu.

5 Tips Mencegah Smartphone Android Terkena Virus

1. Jangan Sembarangan Install Aplikasi

Hal pertama yang perlu kamu waspadai agar terhindar dari serangan virus pada smartphone android kamu adalah tidak sembarangan menginstall aplikasi. Aplikasi yang tidak resmi dari playstore seperti aplikasi mod itu beresiko terhadap virus.

Jadi lebih berhati-hati terhada aplikasi yang bukan dari playstore dan agar smartphone android kamu lebih terjaga dari serangan virus. Jika ingin menginstall aplikasi mod sebaiknya scan dulu aplikasi tersebut agar lebih aman dari virus.

2. Hati-Hati Jika Hp Kamu Sudah di Root

Kita tahu smartphone android yang sudah di root akan sangat rentan terkena virus dan hacker. Jadi jika smartphone kamu sudah di root maka lebih berhati-hati lagi. Terutama saat browsing karena virus lebih sering menginfeksi lewat internet. 

3. Selalu Update Os

Update terbaru dari sistem operasi android akan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sistem yang operasi lama. Tidak terkecuali dalam hal pengamanan, maka dari itu penting sekali untuk mengupdate sistem operasi hp android.

Selain itu sistem yang baru biasanya akan memperbaiki bug yang dialami oleh sistem operasi yang lama. Jadi dapat juga memperbaiki performa smartphone android yang sudah mulai lemot.

4. Gunakan Antivirus Tambahan

Tips yang keempat adalah gunakan antivirus tambahan. Hal ini sangat direkomendasikan kepada smartphone android yang sudah di root. Karena smartphone android yang sudah di root akan lebih rentan terhadap serangan virus maupun hacker.

5. Lebih Waspada di Internet

Pasti kamu sering browsing di internet, dan menemukan iklan yang berbentuk pop up atau link yang mengarah kewebsite lain. Nah jika menemui iklan seperti itu perlu diwaspadai dan sebaiknya hindari website-website yang mencurigakan.

Akhir Kata

Nah itu tadi adalah tips cara mencegah smartphone android agar tidak terinfeksi oleh virus. Jika artikel ini bermanfaat silakan share artikel ini ke sosial media kamu.