Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cara Memperkuat Sinyal GPS di Smartphone Android

KurniawanID - GPS atau (Global Positioning Sistem) adalah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit. Banyak aplikasi yang membutuhkan akses ke GPS agar bisa digunakan, seperti aplikasi Google Maps.

Google Maps biasanya memanfaatkan sinyal GPS untuk dapat digunakan. Akan tetapi terkadang kita akan mengalami masalah pada sinyal GPS yang lemah. Lalu bagaimana cara agar sinyal GPS bisa kuat saat digunakan. Nah berikut adalah Tips cara memperkuat sinyal GPS.


1. Refresh Data GPS 


Terkadang GPS salah menangapi lokasi kita, Maka GPS perlu untuk di refresh. Cara refresh-nya cukup mudah. kamu tinggal membuka toolbox smartphone, lalu tap pada menu GPS setelah itu tap aktifkan kembali.


2. Selalu Aktifkan Sinyal GPS


Selalu mengaktifkan sinyal GPS pada ponsel adalah salah satu cara agar sinyal GPS menjadi kuat. Sinyal GPS yang selalu aktif dapat mempermudah kita dalam mencari lokasi dan arah jalan. 


Hal ini juga dapat memperkuat sinyal GPS ponsel jika selalu mengaktifkanya. Tapi terkadang GPS di ponsel kita harus kita matikan, Seperti pada situasi baterai yang lowbat.


3. Mengatur Sinyal GPS


Cara selanjutnya jika kamu ingin mendapatkan sinyal GPS yang kuat, maka kamu harus mensetting sinyal GPS tersebut. Untuk mengatur sinyal GPS, kamu dapat menyetel aplikasi ke sinyal High Accuracy untuk mendapatkan sinyal yang lebih optimal.


Cara mengaturnya, kamu dapat masuk ke menu Setting-Location-Pastikan layann lokasi aktif dan pilih Mode High Accuracy. Tapi perlu di ingat hal ini juga dapat memberikan efek lain kepada baterai ponsel kamu, yaitu baterai akan cepat habis.


4. Temukan ada Masalah di Software atau Hardware GPS.


Untuk mendapatkan sinyal GPS yang kuat pastikan juga semua berjalan dengan lancar. Seperti Software dan Hardwarenya. Cara lain untuk mengeceknya dengan mengunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di playstore.


5. Tetap Gunakan Penerimaan GPS Eksternal


Jika tips-tips di atas tidak memberikan perubahan pada sinyal GPS kamu, maka kamu perlu mengunakan GPS eksternal. Tapi kamu akan mengeluarkan biaya untuk mengunakan GPS eksternal tersebut. GPS eksternal biasanya akan terhubung melalui bluetooth dan dapat diisi daya seperti smartphone kamu. 


Akhir Kata 


Nah itulah tadi beberapa tips cara mempekuat sinyal GPS di smartphone android. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, jika ada permasalahan dengan GPS ponsel kamu. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat.



Sumber:https:bungfrangki.com