Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Genre Dalam Game dan Pengertianya.

KurniawanID - Banyak game-game di luar sana yang di rilis dengan berbagai macam genre mulai dari game bertemakan tembak-tembakan sampai ke game racing. Mungkin kamu sering memainkan genre game-game tersebut di komputer maupun smartphone kamu.

Tapi selain genre game-game tersebut, ada banyak lagi genre game-game yang juga sering dimainkan. untuk lebih jelas mengenai macam-macam genre game, berikut adalah Macam-macam genre dalam vidio game beserta pengertianya.

1. First Person Shooter (FPS)

Firs Person Shooter (FPS) adalah genre permain yang memiliki ciri-ciri menggunakan sudut pandang orang pertama. Dengan tampilan layar seperti apa yang sedang dilihat oleh mata karakter. jadi genre game ini seolah-olah kita bisa melihat langsung kejadian di dalam game melalui mata kita.


Contoh Game : Game Battlefield V

2. Role Playing Game (RPG)


RPG atau Role Playing Game adalah salah satu genre dalam permainan video game. Game RPG biasanya di cirikan dengan peran tokoh-tooh khayalan. dan biasanya kita diberikan kebebasan untuk mennjelajahi dunia game dan juga menentukan endingnya.


Contoh: Game Final Fantasy

3. Third Person Shooter(TPS)


Third Person Shooter (TPS) adalah game yang hanpir mirip dengan FPS. tapi bedanya sudut pandang pada game Third Person Shooter (TPS) adalah orang ketiga. Game ini biasanya juga bercirikan tembak tembakan.


4. Strategy


Strategy adalah genre game yang mengatur suatu pasukan untuk menyerang markas lawan dan untuk meraih kemenangan. Di game ini kamu dituntut untuk berpikir supaya strategy kamu saat menyerang markas lawat berhasil dan membawa pulang kemenangan.


5. Simulation


Genre game simulator adalag genre game yang menyalin kegiatan di kehidupan nyata yang dilakukan sehari-hari. Dalam game ini tidak ada tujuan secara ketat, pemain bebas untuk mengontrol aktivitas karakter yang ada pada game simulator tersebut.


6. Racing


Seperti namanya, game Racing adalah suatu genre game balap yang biasanya kita akan beradu kompetisi balap. Genre game ini cukup ketat kamu harus menyaingi para player lain atau kamu harus berpacu dengan waktu agar bisa memenangkan permainan tersebut.


7. Action Adventure


Action adventure adalah genre game dengan setting tempatyang luas dan banyak memiliki aksi. Di game Action adventure kamu dapat menjelajahi dunia yang cukup luas dan juga dipenuhi dengan aksi dari karakter yang kita mainkan. Seperti perkelahian dan aksi tembak-tembakan. 


8. Arcade


Arcade adalah genre game yang tidak berfokus pada jalan cerita. Tapi game arcade ini hanya berfokus pada score yang tinggi. Jadi di game bergenre arcade ini, kamu akan dituntut untuk mengumpukan poin sebanyak-banyaknya.


9. Fighting Game


Figting game adalah genre game dimana pemain mengontrol karakter pada game dan terlibat pertarungan jarak dekat. Genre game ini biasanya memiliki musuh AI atau pemain lain dan juga memiliki beberapa babak atau ronde dalam setiap pertarungan.


10. Sports


Genre game sports adalah genre game yang memiliki persamaan dengan olahraga pada dunia nyata. Sistem dalam permain bergenre sports ini juga berbeda-beda tergantung dengan jenis olahraga yang menjadi tema pada game tersebut.


11. Real Live


Real live adalah genre video game yang mengusung kehidupan nyata sebagai tema dalam video game tesebut. Hampir sama seperti game bergenre simulator pemain dapat memilih pekerjaan sampai mengatur kondisi kehidupan karaktenya.


12. Horror 


Genre game horror adalah genre video game dengan konsep dan tema horror atau menakutkan. Selain menakutkan banyak jumpscare dari hantu-hantu pada game bergenre horror ini. Game bergenre horror ini dapat kamu mainkan untuk mengetes seberapa tinggi nyali kamu. 


13. Action


Game bergenre action merupakan genre dengan banyak aksi seperti konflik, balapan, tantangan fisik dengan memiliki banyak aksi. Dalam permainan action atau aksi pemain biasanya mengontrol karakter dalam bentuk protagonis dan melawan musuh-musuh yang ada.


14. Historic


Game bergenre historic adalah genre permainan video game yang mengambil setting waktu pada masa lalu. Game-game dengan genre historic biasanya mengusung kejadian-kejadian yang sudah lampau atau masa lalu.


15. Puzzle


Game puzzle adalah genre game yang menuntut pemain dapat memecahkan teka-teki. Seperti menyusun balok, menyusun warna dan sampai memecahkan perhitungan. Biasanya genre game ini juga terdapat pada game petualangan dan game horror. 


Akhir Kata

Nah itulah tadi beberapa genre game yang banyak dimainkan sekarang ini. Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu. 



Sumber refrensi: kaskus.co.id