Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Cara Memperkuat Sinyal Pada Smartphone Android



KurniawanID - Sinyal ponsel merupakan komponen utama agar kita bisa menelpon, internetan dan beberapa aktivitas lain yang membutuhkan koneksi internet. Tapi bagaimana jika sinyal di sekitar kita tidak mendukung hal tersebut alias susah sinyal.

Sinyal yang buruk biasanya terjadi karena faktor tempat atau wilayah yang sedang kita tempati. Semakin terpencil maka akan susah pula untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Tapi perlu di ingat bahwa penerimaan sinyal pada masing-masing ponsel berbeda-beda. 


Lalu bagaiman cara agar sinyal smarphone android bisa kembali kuat. Sebenarya ada cara-cara untuk memperkuat sinyal smartphone agar jadi kuat kembali. Nah kali ini saya akan memberikan tips agar sinyal di smartphone kamu bisa lebih kuat lagi.


1. Memanfaatkan Fitur Airplane (Mode Pesawat)


Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur dari mode pesawat (Airplane mode). Caranya cukup mudah kamu hanya perlu mengaktifkan Airplane mode dan tunggu beberapa detik lalu nonaktifkan kembali. 
Hal ini dapat merefresh jaringan dan sinyal pada ponsel kamu. 


Setelah mode pesawat dinonaktifkan maka ponsel akan mencari sumber sinyal ke arah yang lebih dekat. Selain itu jika kamu mengaktifkan dan menonaktifkan Airplane mode maka jaringan operator akan melakukan update kembali. Dengan begitu maka sinyal pada ponsel kamu akan lebih kuat lagi.


2. Carilah tempat terbuka


Selain memanfaatkan Airplane Mode, kamu juga dapat mencari tempat terbuka yang memiliki jaringan yang lebih kuat. Coba kamu keluar rumah untuk mendapatkan sinyal dan jaringan yang setabil, tapi jika kamu tidak ingin keluar rumah kamu bisa membuka jendela agar sinyal bisa tertangkap oleh ponsel kamu.


3. Buat Peta Sinyal


Cara selanjutnya yang bisa kamu coba untuk memperkuat sinyal ponsel kamu ialah, dengan cara membuat peta sinyal. Setiap tempat di rumah kamu terkadang tidak memiliki sinyal yang cukup kuat. Bisa jadi di teras sinyal akan lebih kuat dari pada di kamar.


Jadi untuk mengetahui kekuatan sinyal di rumah kamu, maka kamu harus membuat peta sinyal. Caranya kamu bisa menyalakan mode field test untuk mengetahui kekuatan sinyal. Langkah selanjtnya kamu dapat berjalan dan menentukan titik-titik dimana sinyal itu kuat.  


4. Pastikan Baterai Penuh


Tips yang terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan men-charger baterai ponsel hingga penuh. Mengapa demikian, karena smartphone fitur akan mematikan atau melemahkan sinyal yang masuk jika baterai dalam kondisi lowbat. Jadi pastikan 
baterai ponsel kamu terisi penuh agar penerimaan sinyal jadi lebih optimal.


Akhir Kata


Nah itulah tadi tips cara untuk memperkuat sinyal pada smartphone android kamu. Tips ini bisa kamu coba jika kamu sedang dalam 
keadaan susah sinyal .



Sumber:Bungfrangki.com