6 Ciri-Ciri Smartphone Android Terkena Virus

KurniawanID - Virus merupakan program jahat yang dapat merusak sistem. Selain dapat menginfeksi komputer dan laptop, virus juga bisa menginfeksi smartphone android. Banyak kerugian jika smartphone kamu terinfeksi oleh virus.

Mulai dari smartphone yang mulai melambat sampai seringya crash saat digunakan. Untuk itu kita harus mengetahui ciri-ciri smartphone terinfeksi virus agar bisa menanganinya. Nah berikut adalah ulasan mengenai ciri-ciri smartphone yang terkena virus.


1. Smartphone Mulai Lemot

Ciri-ciri smartphone terinfeksi virus yang pertama ialah, penurunan performa secara tiba-tiba. Penurunan performa ini biasanya ditandai dengan smartphone yang terasa lemot atau lambat saat menjalankan aplikasi. Lemot mungkin terjadi akibat dari cache yang mengandung malware yang menumpuk pada memory smartphone.


2. Baterai Lebih Boros

Jika smartphone kamu akhir-akhir ini mengalami baterai boros padahal mengunakan smartphone secara wajar dan seperti biasanya. Bisa jadi ada program lain yang berjalan di balik layar, dan bisa jadi program tersebut adalah virus. Maka scan smartphone kamu dengan antivirus yang sudah terbukti ampuh menangani virus.


3. Kuota Cepat Habis


Kuota kamu cepat habis walau tidak memakainya secara berlebih. Maka hal itu bisa saja smartphone kamu terindikasi terkena virus. Virus biasanya akan menggunakan data seluler secara diam-diam dan tidak kamu ketahui. Solusinya lihat aplikasi apa saja yang menggunakan data dan pantau aplikasi tersebut.


4. Sering Munul Iklan Pop Up


Mungkin dari kalian memiliki permasalahan sering muncul iklan di layar smartphone secara tiba-tiba. Hal ini biasanya disebabkan oleh virus malware yang sudah ada pada smartphone kamu. Hal yang sama juga terjadi di smartphone android teman saya yang mengeluhkan iklan yang sering tampil pada layar smartphonenya.


5.  Waktu Booting yang Lama


Jik kamu memiliki masalah yang serius saat waktu booting smartphone, bisa saja ini ciri-ciri smartphone kamu telah terinfeksi virus. Biasanya saat waktu booting virus akan memakan sebagian memory RAM dan berjalan saat waktu booting smarthone.


6. Redirect Malware


Jika kamu sering browsing atau membuka aplikasi tertentu dan muncul redirect ke situs yang mencurigakan yang belum pernah kamu kunjungin. Kamu perlu waspada, karena bisa saja itu malware yang dapat menginfeksi jika kamu mengikuti link tersebut.


Akhir Kata


Virus merupakan suatu program yang dapat merusak dan sangat merugkan jika menginfeksi perangkat komputer dan seluler. Ciri-ciri virus di atas bila kamu mengalaminya segera lakukan tindakan pembersihan agar virus tidak menyebar luas.

Belum ada Komentar untuk "6 Ciri-Ciri Smartphone Android Terkena Virus"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel