Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Ampuh Cara Menghemat Kouta Internet

KurniawanID - Kebutuhan internet semakin hari semakin tinggi saja, banyak orang berusaha untuk menghemat pemakaian kuota internetnya agar cukup hingga sebulan. Mungkin kamu adalah salah satu dari sekian banyak orang yang selalu menghemat kuota internet tersebut.

Banyak orang meminimalisir pengunaan kuota internet seirit mungkin, tapi hasilnya terkadang malah tidak sampai sebulan kuota sudah habis. Jika hal itu sering terjadi pada kamu. mungkin tips berikut bisa membantu kamu untuk menghemat pemakaian kuota internet. 


1. Update Aplikasi Hanya Dengan Wifi


Tips yang pertama untuk menghemat pemakaian kuota internet adalah, dengan menupdate aplikasi hanya dengan jaringan Wifi. Biasanya kita mengunakan kuota internet untuk menupdate aplikasi di ponsel kita. 


Walaupun kecil hanya beberapa MB, tapi lama-kelamaan hal itu justru tanpa kita sadari akan menguras kuota internet. Jadi usahakan untuk mengupdate aplikasi di ponsel kamu hanya dengan jaringan Wifi supaya kuota internet tidak terlalu boros.


2. Gunakan Browser Yang Lebih Hemat

Jika kamu sering browsing untuk mencari sebuah informasi di internet, maka saran saya gunakan browser yang lebih hemat kuota. Biasanya ponsel kita sudah tertanam aplikasi browser bawaan seperti Google Chrome di android. 


Tapi browser bawaan ponsel itu belum tentu hemat kuota, apalagi jika kamu sering browsing pasti akan menguras paket data. jadi saran saya gunakan browser yang hemat kuota. kamu dapat mengunakan browser seperti opera mini sebagai alternaltif, agar kuota kamu tidak terlalu boros.   


3. Matikan Data Jika Tidak Digunakan


Mengaktifkan data terus menerus bila tidak digunakan memang akan lebih menguras kuota internet. Karena banya aplikasi ponsel yang masih berjalan dan menggunakan data di background layar. 

Aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp dan BBM Biasanya akan terus aktif saat terhubung ke internet. dan hal ini juga berdampak pada penggunaan data, apalagi jika ada seseorang yang mengirimkan gambar dan vidio di dalam grub. 

4. Atur Pengunaan Data Harian


Jika kamu selalu aktif di media sosial dan ingin menghemat data, maka coba atur pengunaan data harian agar lebih hemat. Kamu dapat memanfaatkan fitur di smartphone kamu untuk mengetahui berapa banyak data yang sudah kamu gunakan hari ini.


5. Matikan 
Auto Sinkronisasi

Aoto singkronisasi memang memberikan dapak pada kuota internet. Ada beberapa aplikasi yang menerapkan fitur ini dan tanpa kamu sadari ternyata menyedot kuota yang besar. Untuk menghemat kuoa internet maka kamu harus menonaktifkan fitur ini agar kuota tidak berkurang drastis. Caranya masuk ke menu Setting-pilih Account-kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu singkronisasikan.


6. Hindari Menyalakan Tethering 


Tips selanjutnya agar kuota kamu tidak cepat habis adalah, dengan tidak menyalakan tethering. Fitur ini digunkan untuk berbagi data internet ke beberapa teman kamu. Tapi hal ini juga akan merugikan kamu, sebabnya kuota internet kamu akan lebih cepat habis jika terlalu lama menyalakan tethering ini.


Apalagi jika teman kamu memakainya untuk dawnload aplikasi dan nonton video youtube. Maka kuota kamu di jamin akan cepat habis, jadi jika kamu ingin menghemat kuota internet. Saran saya jangan menyalakan
 tethering ke teman kamu, tapi kalo pengunaanya wajar itu boleh-boleh saja.

7. Gunakan Youtube Mode Offline


Tips yang terakhir adalah mengunakan YouTube mode offline. Jika kamu suka dengan video-vidio di Youtube tapi tidak ingin boros kuota. Maka solusinya dengan mendawload atau menyimpan video itu secara offline dulu.


Hal ini bertujuan untuk meminimalisir pengunaan data agar lebih sedikit. Tapi jika ada video-vidio baru usahakan mengunakan jaringan Wifi saja. Kamu bisa memanfaatkan jaringan Wifi terbuka atau jaringan Wifi tetangga kamu.


Akhir Kata

Nah itulah tadi tips yang bisa kamu coba untuk menghemat kuota internet. Walaupun tidak bisa sampai satu bulan, tapi minimal pengunaan kuota internet akan lebih awet jika mengunakannya dengan bijak. Selain itu jika mengunakan kuota internet yang tidak terkontrol, maka kuota akan cepat habis sebelum masa pakai berakhir.




Sumber : Jalantikus