Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Berlangsung

Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Sering sekali guru menemukan beberapa murid atau siswanya yang sulit untuk berkonsentrasi pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hal tersebut membuat si guru merasa tidak berarti saat menerangkan suatu mata pelajaran kepada siswa yang tidak berkonsentrasi tersebut.
Sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa siswa tidak bisa berkonsentrasi pada pelajaran yang di ikutinya. Seperti kurangnya minat belajar sampai keadaan siswa tersebut. Faktor-faktor tersebut yang mendorong siswa menjadi malas dan kurangnya konsentrasi saat pelajaran.

Nah bagi para guru yang bingung menghadapi sikap para siswa yang sulit untuk konsentrasi pada saat Kegiatan Blajar Mengajar (KBM). Berikut admin bagikan Penyebab dan cara meningkatkan konsentrasi siswa pada saat pelajaran berlangsung. 

A. Penyebab Siswa Tidak Konsentrasi Pada Saat Pelajaran


Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Tidak Konsentrasi Pada Saat Pelajaran

Ada banyak penyebab dan faktor yang dapat menganggu konsentrasi para siswa, dan berikut adalah beberapa penyebab mengapa siswa sulit fokus dan berkonsentrasi pada saat pelajaran di mulai.

1. Lapar

Penyebab pertama adalah Lapar, Terkadang siswa tidak bisa fokus pada pelajaran karena dia merasa lapar. Hal tersebut dapat memecah konsentrasi siswa karena mereka merasa kelaparan. Solusinya atur pola makan agar tidak merasa kelaparan dan bisa berkonsentrasi dengan baik.

2. Memikirkan Hal Lain

Penyebab yang ke dua sulitnya konsentrasi adalah memikirkan hal lain selain pelajaran yang di berikan. Beberapa siswa yang sulit berkonsentrasi pada pelajaran juga dapat memikirkan hal lain di luar pelajaran yang di ikutinya. Seperti memikirkan media sosial miliknya, Memikirkan game yang baru saja di mainkan dan beberapa hal lain yang mengganggu fokus mereka.

3. Pengaruh Kondisi

Kondisi siswa juga dapat mempengaruhi tingkat konsentrasinya . Seperti saat kondisi sakit dan menerima banyak tekanan, hal-hal tersebut jelas membuat siswa tidak bisa fokus dan cenderung membuatnya diam serta sulit menerima pelajaran yang di berikan oleh si guru. 

4. Kurang Tertarik Pada Saat Pembelajaran

Nah faktor paling umum dan sering di temui guru saat mengajari siswa adalah kurangnya ketertarikan pada pelajaran yang di ikutinya. Banyak siswa yang hanya tertarik pada beberapa mata pelajaran saja dan Sebagian mata pelajaran yang lain mereka kurang tertarik. Seperti pada pelajaran yan harus menggunakan perhitungan atau pemikiran extra.

5. Pengaruh Suasana Hati (Mood)

Suasana hati atau Mood juga sangat mempengaruhi siswa dalam berkonsentrasi. Kebanyakan siswa sulit fokus pada saat pelajaran karena suasana hatinya yang kurang stabil. Kalo mereka merasa sedih dan cemas akan suatu hal, mereka akan malas untuk mengikuti pelajaran dan memilih merenung dan memikirkan hal yang membuatnya merasa sedih tersebut.


B. Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa


Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar 

Setelah tahu penyebab menurunya konsentrasi dan fokus pada siswa saat pembelajaran. Berikut adalah beberapa cara yang bisa di ikuti oleh guru agar siswa dapat berkonsentrasi dan fokus pada mata pelajaran yang sedan diikuti.

1. Kumpulkan gadget pada waktu Pembelajaran

Cara yang pertama supaya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat berjalan lancer tanpa gangguan adalah dengan mengumpulkannya gadget atau HP siswa ke depan kelas dan mengambilnya bila pelajaran telah usai. 

Hal ini lumayan efektif untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi siswa ke pelajaran yang mereka ikuti. Karena terkadang ada siswa yang malah bermain gadget pada saat pelajaran berlangsung, entah itu membalas chat atau sekedar membuka media sosial mereka. 

2. Suruh Murid Mencatat Penjelasan Guru

Hal selanjutnya yang bisa di lakukan oleh guru untuk meningkatkan konsentrasi siswa adalah dengan menyuruh siswanya mencatat hal-hal atau pokok-pokok penting dari penjelasan si guru. Hal ini dapat membantu siswa mengingat dan membuatnya fokus pada apa yang mereka pelajari. Si guru juga bisa mengambil nilai dari hasil catatan yang telah di buat oleh siswa tersebut apakah lengkap atau tidak.

3. Berikan Pertanyaan Kepada Siswa

Pada pertengahan atau akhir penjelasan guru harus memberikan beberapa pertanyaan kepada para siswa. Itu di gunakan untuk mengetahui seberapa fokus mereka saat guru menerangkan. Dan berikan sedikit hukuman yang ringan agar siswa mau memperhatikan guru saat sedang menerangkan pelajaran. Hukuman ringan tersebut seperti, bernyanyi atau membaca dan menyimpulkan bacaan yang telah di terangkan oleh si guru tadi. 

4. Berikan Waktu Istirahat

Cara selanjutnya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus siswa adalah dengan memberikanya waktu istirahat. Dengan memberikan waktu istirahat siswa dapat memulihkan pikirannya, karena pada waktu pelajaran atau pada saat melakukan ulangan siswa akan bekerja keras untuk menjawab soal-soal yang di berikan. Hal itu juga akan membebankan otak dan salah satu solusinya adalah dengan memberikan merekan waktu istirahat. 

5. Buat Ruang Kelas Nyaman

Buatlah suasana kelas nyaman untuk pembelajaran, terkadang suasana kelas yang berantakan dan kotor dapat membuat para siswa merasa tidak nyaman saat KBM. Jika hal tersebut terjadi, maka hendaklah guru membuat suasana kelas se-nyaman mungkin. Seperti dengan cara menyuruh murid untuk membersihkan terlebih dahulu kelas sebelum digunakan untuk kegiatan belajar.

6. Berikan Permainan Sederhana

Nah bila para guru menemukan para murid yang sudah mulai kehilangan konsentrasi dan fokusnya. Solusi yang baik dengan memberikannya permainan sederhana untuk membuat refreshing dan menimbulkan Kembali semangat para siswa. Biasanya hal seperti ini sering di temui Ketika jam-jam pelajaran siang dan setelah istirahat.

7. Ingatkan Siswa Agar Selalu Sarapan

Nah mengingatkan siswa untuk selalu sarapan pagi sebelum melakukan aktifitas belajar sangatlah penting. Hal ini juga berkaitan dengan penyebab siswa yang sulit untuk berkonsentrasi karena lapar. Jadi usahakan untuk selalu mengingatkan siswa agar selalu sarapan pagi supaya dapat fokus dalam menjalani aktifitas, terutama saat pelajaran.

8. Ingatkan Pula Untuk Selalu Menjaga Pola Tidur

Selain sarapan, menjaga pola tidur juga berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan fokus siswa. Siswa tidak akan fokus pada kegitan belajarnya kalo mereka merasa kurang tidur dan ngantuk saat di kelas.

Hal ini juga sering di temui pada murid di jenjang sma maupun smk yang mereka suka begadang hingga larut malam karena suatu hal. Jadi untuk para guru tidak ada salahnya untuk mengingatkan mereka agar tidak begadang terlalu malam. 

9. Gunakan Metode Belajar Yang Berbeda

Nah bila guru sering menggunakan metode belajar yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang berbeda. Dan mengaplikasikanya pada kegiatan belajar siswa, agar siswa tidak merasa bosan karena menggunakan metode belajar yang sama. Apalagi jika guru tidak aktif dalam mengajar, maka siswa juga akan malas untuk mengikuti pelajaran yang diberikan.

10. Berikan Pemanasan Sebelum Kegiatan Belajar

Nah bila cara-cara di atas belum juga berhasil maka berikan pemanasan sebelum pembelajaran di mulai. Pemanasan seperti melakukan permainan terlebih dahulu, atau guru juga bisa memberikan senam otak kepada para siswanya agar dapat meningkatkan kemampuan belajar dan melatih fokus serta konsentrasi mereka.

AKHIR KATA

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para guru saat mengajar, supaya siswa dapat berkonsentrasi pada saat pembelajaran berlangsung. Bila kamu menemukan siswa yang lemah dan sulit untuk konsentrasi saat pelajaran. Coba temukan dahulu penyebabnya dan cari jalan keluar atau ubah metode pembelajaran agar siswa tetap bisa berkonsentrasi pada pelajaran yang sedang berlangsung.

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Saat Pembelajaran Berlangsung"

Posting Komentar

Silakan Berkomentar Dengan Bijak Sesuai Pembahasan..!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel