Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kurikulum, Silabus, dan RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)

Kurikulum, Silabus, dan RPP adalah
Pengertian Kurikulum, Silabus, dan RPP
Dalam Dunia pendidikan terdapat istilah-istilah seperti Kurikulum, Silabus dan RPP. Ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain yang bertujuan untuk mencapai suatu hal dalam dunia Pendidikan.

Lalu apasih Kurikulum, Silabus, Dan RPP itu.??

Nah untuk menjawab hal tersebut, maka admin membutkan postingan yang merangkum Pengertian Kurikulum, Silabus, Dan RPP yang akan admin jabarkan secara lengkap.

A. PENGERTIAN KURIKULUM

Kurikulum adalah suatu rencana pembelajaran yang diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode pada jenjang Pendidikan untuk mencapai tujuan akhir dari pembelajaran.

kurikulum juga di definisikan menurut bahasa adalah berasal dari kata kata "Currere” yang berarti berlari cepat, menjelajahi, menjalani, dan berusaha. Arti kurikulum secara garis besar dapat juga diartikan sebagai rancangan sejumlah mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa untuk dapat naik kelas atau mendapatkan ijazah (kamus Webster's tahun 1857)

Sedangkan definisi kurikulum secara umum menurut UU No. 20 Tahun 2003 adalah. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai, isi, tujuan, dan bahan untuk pembelajaran. Serta cara yag digunakan untuk mencapai tujuan dari Pendidikan tersebut.

1. Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Selain pengertian secara umum, Adapun beberapa pengertian kurikulum menurut para ahli, sebagai berikut.

a. Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005)

“Kurikulum merupakan niat dan harapan yang dituangkan kedalam bentuk rencana maupun program pendidikan dan dilaksanakan oleh pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat dan rencana, sedangkan pelaksaannya adalah proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu pendidik dan peserta didik.”

b. Drs. Cece Wijaya, dkk

“kurikulum dalam arti yang luas yakni meliputi keseluruhan program dan kehidupan didalam sekolah."

c. Prof.Dr. Henry Guntur Tarigan

“Kurikulum ialah suatu formulasi pedagogis (ilmu atau seni) yang termasuk paling utama dan terpenting dalam konteks proses belajar mengajar.”

B. PENGERTIAN SILABUS

Silabus adalah suatu susunan rencana pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Silabus dapat mencakup beberapa hal seperti, standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar, sampai bahan dan alat untuk belajar. 

Secara garis besar silabus dapat di definisikan sebagai pokok-pokok isi atau materi pembelajaran. Selain itu silabus merupakan suatu penjabaran dari rencana-rencana dan beberapa pengaturan dari kegiatan belajar mengajar sampai penilaian hasil belajar peserta didik.

C. PENGERTIAN RPP (Rencana pelaksanaan pembelajaran)

Secara umum RPP atau ( Rencana Pelaksanaa Pembelajaran ) adalah rencana prosedur dan pengorganisasian pembelajaran  untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang telah ddi tetapkan dalam standar isi dan juga dijabarkan oleh silabus. Penjabaran RPP bertujuan untuk mengarahkan kegiatan belajar dari siswa untuk mencapai sebuah Kompetensi Dasar. 
RPP juga bertujuan sebagai pegangan bagi seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar (KBM). 

Dalam RPP setiap guru yang mengajar di wajibkan untuk Menyusun sebuah Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran dengan tujuan untuk mencapai sebuah pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenagnkan, memotivasi. serta memberikan ruang kreativitas dan kemandirian sesuai dengan minat, bakat dan kondisi fisik dari peserta didik tersebut.  

D. Kesimpulan 

Dari ketiga istilah tersebut, Kurikulum, Silabus, dan RPP dapat di simpulkan sebagai satu kesatuan untuk mencapai tujuan dalam dunia Pendidikan. Kurikulum, Silabus, dan RPP juga diibaratkan sebagai suatu agenda yang akan dilaksanakan. Kurikulum bertugas sebagai rencana dari agenda yang akan di adakan. Dan Silabus di ibaratkan sebagai susunan acara, sedangkan RPP di ibartkan sebagai prosedur-prosedur penyelenggaraan agenda tersebut.

E. AKHIR KATA

Nah itu tadi postingan mengenai penjabaran mengenai Pengertian Kurikulum, Silabus, dan RPP atau Rencana pelaksanaan pembelajaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu dan jika ada yang ingin di sampaikan tulis saja di kolom komentar.