Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips dan Cara Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa

10 Tips dan Cara Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa
Pengertian Minat Belajar – Minat Belajar adalah suatu ketertarikan terhadap objek (Pembelajaran) yang mendorong seseorang untuk melakukan Tindakan sesuatu untuk mencapai sebuah tujuan. Contoh Bila kita berminat dengan pelajaran A, maka kita akan melaukan sebuah Tindakan. Seperti belajar lebih giat dan semangat dalam belajar untuk menapai suatu hal.

Terdapat pula indikator yang mempengaruhi terbentuknya sebuah minat seperti, Kesukaan akan suatu hal, ketertarikan, Perhatian, dan Keterlibatan. Lalu bagaimana cara supaya meningkatan minat belajar, Nah di postingan kali ini admin akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk meningkatkan minat belajar siswa.  

Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Minat Belajar

1. Faktor Lingkungan

Salah satu Faktor yang mempengaruhi minat belajar adalah dari faktor lingkungan. Lingkungan adalah faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, maka tak heran bila mereka akan mengikuti lingkungan tempat tinggal mereka. Seperti halnya belajar, bila lingkungan anak memiliki tingkat belajar yang tinggi dan suka bergaul dengan orang-orang yang senang belajar. maka mereka secara otomatis akan ikut juga termotivasi dengan lingkungan tersebut.

2. Faktor Keluarga

Dalam perkembangan dan tumbuh kembang anak, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang mereka. Karena orang tua adalah orang yang paling dekat dan tahu watak dari si anak tersebut. Selain itu faktor dorongan dan dukunan mereka juga sangat berpengaruh agar si anak mau untuk belajar.

3. Faktor Cita-Cita 

Setiap orang memiliki cita-ita dan keninginan mereka masing-masing dan mereka akan cenderung mengejar apa yang menjadi keinginan mereka, walupun terdapat banyak rintangan. Hal tersebut juga sama dengan minat belajar, Bila seseorang yang menginginkan sesuatu hal seperti ingin masuk ke perguruan tinggi yang memerlukan nilai yang bagus. Maka orang itu akan tergerak dan berusaha untuk mencapai keinginan mereka.

4. Faktor Pelajaran dan Guru

Faktor lain yang mempenaruhi minat belajar siswa adalah dari pelajaran dan guru yang mengajari mereka. Terkadang guru memliki cara sendiri untuk menyapaikan pelajaran mereka ke anak didiknya. Terkadang Hal itu juga tidak sejalan dengan siswa yang di didiknya. Seperti gaya pelajaran yang itu-itu saja dan cenderung membosankan.

Cara Meningkatkan Minat Belajar Diri Sendiri

1. Memilih Mata Pelajaran Yang Kamu Sukai

Cara yang pertama untuk meningkatkan minat belajar dari diri sendiri adalah dengan memilih mapel atau mata pelajaran yang kamu sukai. Nah bila kamu belum memiliki mata pelajaran yang kamu sukai, coba cari mata pelajaran apa yang paling kamu kuasai dan kamu bisa. Setelah itu cobalah mempelajarinya sedikit demi sedikit, nah bila seseorang sudah menguasai mata pelajaran tersebut biasanya orang tersebut akan lebih semangat dalam belajarnya.  

2. Motivasi Diri Kamu Sendiri

Memotivasi diri sendiri merupakan hal yang paling ampuh untuk meningkatkan minat belajar. Sering kita merasa tidak bisa mengikuti pembelajaran yang ada, entah itu karena kita tidak paham atau kita sulit memahami pelajaran yang ada. Nah dengan memotivasi diri sendiri maka hal tersebut akan membuat kita bersemangat lagi dan berusaha untuk memahami pelajaran yang ada.

3. Ingat Dengan Cita-Cita dan Tujuan

Mengingat cita-cita yang ingin kamu capai dalam hal Pendidikan dapat juga menjadi motivasi agar kamu lebih semangat dalam belajar. Seperti keinginan masuk ke sekolah favorit atau menjadi lulusan terbaik. Dari situ kamu bisa terpacu Kembali dari yang awalnya sudah mulai bosan menjadi bersemangat dalam belajar.

4. Buat Belajar Tidak Membosankan

Berusahan membuat setiap belajar tidak mebosankan. Hal-hal yang membuat seseorang merasa bosan adalah melakukan kegiatan berulang secara terus menerus. Nah bila kamu juga melakukan kegiatan belajar secara terus menerus dengan metode yang sama, maka kamu akan cepat merasa bosan. dan pada akhirnya pelajaran yang sudah kamu pelajari tidak akan masuk secara optimal.

5. Hargai Setiap Pencapaianmu

Menghargai setiap pencapaina yang telah kamu lakukan. Bila kamu telah mencapai apa yang sudah kamu targetkan. Maka pertahankan hal tersebut dan jadikan pencapain itu sebagai motivasi juga untuk mencapai hal lain yang lebih tinggi seperti mendapatkan nilai ulangan sempurna.

6. Tingkatkan Rasa Ingin Tahu

Bila kamu malas dalam belajar, cobalah untuk selalu meningkatkan rasa ingin tahu kamu tentan suatu hal yang berkaitan dengan pelajaran sekolah. Bila kita ingin mengetahui sesuatu hal maka kita akan terdorong untuk mencari tahunya. Hal ini bisa kamu aplikasikan dalam pembelajaran agar minat untuk belajar semakin tinggi.

7. Mengatur Waktu Saat Belajar

Atur waktu kamu dalam belajar, jangan memaksakan belajar bila konsentrasimu sudah mulai pudar. Bila terlalu lama belajar juga tidak di sarankan karena semakin lama kita belajar maka tingkat konsentrasi kita akan semakin menurun. Jadi usahakan belajar dengan porsi yang cukup dan mengatur waktu agar belajar lebih efektif.

Cara Guru Meningkatkan Minat Belajar Siswa

1. Berikan Penghargaan

Memeberi mereka penghargaan atas pencapaian yang telah di raih oleh siswa dan siswi. Memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi yang bagus dapat membuat mereka senang dan bisa juga menjadi dorongan agar mencapai hal yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

2. Mengubah Suasana Pembelajaran

Nah bagi para guru terkadang memeberikan pembelajaran dengan dengan suasana itu-itu saja yang membuat para siswa menjadi bosa dengan gaya pembelajaran yang monoton tersebut. Untuk solusinya cobalah untuk membuat gaya pembelajaran yang berbeda, lalu lihat dan bandingkan gaya pembelajaran sebelum dan sesudah dirubah apakah siswa lebih memperhatikan atau tidak.

3. Mengenal Siswa

Hal berikutnya adalah dengan mengenal siswa, Mengenal siswa tidak hanya lewat Namanya saja. Melainkan guru harus mengenal siswa sperti dari watak kesenangannya. Dari situ guru menjadi tahu dan dapat menyimpulkan untuk menggunakan metode belajar yang mirip dengan kesenangan siswa tersebut. 

4. Memberikan Kebebasan Terkontrol

Sesekali Guru juga dapat memberikan siswa kebebasan yang terkontrol agar siswa lebih bebas untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. dan juga dapa dikontrol agar siswa tidak kelewatan batas dari kebebasan yang di berikan oleh si Guru.

5. Berikan Motivasi

Dengan padatnya jam belajar para siswa terkadang jenuh dengan hal tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, memberikan motivasi terhadap siswa memang sangat efektif. Mereka akan termotivasi dan terdorong untuk Kembali bersemangat belajar agar bisa mencapai impian mereka.

6. Tawarkan Metode Pembelajaran Ke Siswa

Terkadang guru memberikan metode belajar yang tidak di sukai oleh beberapa siswa. Untuk itu tidak ada salahnya memberikan penawaran kepada siswa tentang metode belajar apa yang harus di lakukan. Dengan mengetahui metode belajar yang disukai oleh siswa kita jadi lebih mudah mengajar mereka.

7. Buat Suasana Kelas Nyaman

Membuat suasana kelas yang nyaman dan kondusif juga menjadi salah satu cara agar siswa bisa belajar dengan tenang dan mudah untuk menyerap ilmu yang di ajarkan. Jadi bila para guru menginginkan anak didiknya mudah untuk menyerap ilmu, cara ini bisa di coba dan bisa juga di aplikasikan pada metode belajar yang lain.

8. Dorong Siswa Agar Aktif Saat Pembelajaran

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat belajar adalah dengan mendorong mereka agar lebih aktif dalam pelajaran. Seorang siswa yang aktif dalam pelajaran mereka cenderung lebih memahami apa yang sedang di ajarkan oleh guru kepada mereka. Berbeda dengan orang yang pendiam, Kebanyakan dari mereka lebih memilih diam karena tidak paham atas pelajaran yang mereka ikuti. 

9. Lakukan Pendekatan Ke Siswa


Melakukan Pendekatan ke peserta didik juga bisa mempengaruhi mereka agar mau belajar. karena guru sudah mengenal mereka jadi lebih mudah dalam menyapaikan materi pelajaran. Selain itu manfaat dari pendekatan siswa dalam proses belajar adalah agar terciptanya proses belajaran yang efektif dan efisien.

10. Berikan Penjelasan Sejelas Mungkin

Alasan mengapa siswa bosan dan tidak mau memperhatikan penjelasan guru adalah penjelasan yang di berikan kurang jelas. Terkadan ada siswa yang sulit menerima pembelajaran dan harus diulang beberapa kali agar siswa tersebut bisa paham terhadap suatu pelajaran tersebut.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu dan guru lakukan untuk meningkatkan minat belajar. Selain dari guru yang memotivasi siswanya untuk meningkatkan minat belajar. Para Siswa juga berperan untuk memotivasi dan menyemangati dirinya sendiri agar terciptanya minat belajar.