Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi Pada Smartphone

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi

Kartu sd atau memori eksternal pada hp sangat penting, pasalnya memori ekstenal mampu menyimpan beberapa file penting. Kamu juga bisa menyimpan beberapa gambar dan vidio agar penyimpanan kamu tidak mudah penuh.

Tetapi bagaimana jika kartu sd mu tidak bisa di gunakan atau tidak bisa terbaca oleh android mu. Lalu bagaimana cara menggatasi memori yang tidak terbaca atau error. Kamu bisa menggikuti beberapa cara di bawah untuk menggatasi memori yang sulit terbaca di android.

Penyebab Kartu SD Card Yang Rusak

- Jatuh Di Air Saat Kamu Mandi Dan Saat Terkena Hujan Deras
- Terkena Virus Saat Membuka Aplikasi Atau Memindahkan File Dari Hp Ke Hp Lain
- Jatuh Di Tempat Kotor Menjadikan Kartu SD Card Tidak Terbaca
- Kamu Sering Memindahkan Kartu SD Dari Hp Ke Hp Lain


1. Mencoba Kartu SD Card Di Smartphone Lain

Kamu bisa mencoba dan mencocokan kartu sd yang rusak di smartphone lain. Jika kartu sd mu bisa di gunakan atau terdeteksi di smartphone lain kemungkinan smartphone mu yang error. 

Tetapi jika kartu sd mu bisa di gunakan di smartphone lain. Kemungkinan hp mu yang bermasalah atau slot sim yang rusak atau error. Dan jangan sering memindahkan kartu sd dari hp ke hp lain agar tidak mudah rusak.

2. Membersihkan Kartu SD

kamu juga bisa mengunakan cara ini dengan cara membersihkan kartu sd card. Tetapi kamu harus membersihkan kartu sd card dengan benar agar tidak merusak kartu sd. Jika kamu membersihkan kartu sd dengan salah maka kartu sd akan error.

Lalu bagaimana cara membersihkan kartu sd dengan benar, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah dengan kartu sd mu. Dan bersihkan dengan  hati-hati agar tidak ada kesalahan saat membersihkannya.

Cara Membersihkan Kartu SD Card

- Keluarkan Kartu SD Dari Smartpphone Mu
- Bersihkan Mengunakan Tisu Dengan Pelan Agar Kartu SD Card Bisa Terdeteksi
- Lalu Masukan Kembali Kartu SD Card Ke Dalam Slotsim Dan Nyalakan Kembali Smartphone Mu

3. Restart Smartphone 

Restart smartphone bisa jadi salah satu solusi bagimu untuk mengatasi error di katu sd. Biasanya masalah kartu sd card yang tidak terbaca karena hp mu sering mati contoh baterai hp habis lalu mati, dan saat cash hp keadaan mati.

Hal ini mungkin menjadi salah satu masalah yang sering di alami kartu sd dan sebaiknya coba cara ini dengan restart smartphone. Cara merestart smartphone juga cukup mudah dengan menekan tombol power sampai muncul icon restart. 

Itulah cara mengatasi kartu sd card tidak terbaca atau tidak terdeteksi di smartphone.