Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Freelancer dan Dari Mana Penghasilan Mereka

Apa itu Freelancer dan Dari Mana Penghasilan Mereka
Freelancer
Sekarang ini banyak orang-orang terutama anak muda yang mengemari pekerjaan menjadi seorang freelancer. Selain lebih fleksibel dan bisa di lakukan di mana aja dan kapan saja dia mau. Seorang freelancer juga tidak terikat dengan bos serta atasan, atau bisa di bilang sebagai seorang (Solopreneur).

Di negara kita sendiri sudah banyak yang menggeluti profesi sebagai seorang freelancer dan dari situ merekapun bisa sukses dari pekerjaan tersebut. Lalu apasih freelancer itu dan dari mana penghasilan mereka?. Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan simak postingan admin di bawah ini.

Baca Juga10 Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya Untuk Kerja Online

A. Pengertian Freelancer

Dari namanya freelancer berarti pekerja lepas, lalu apa maksud dari pekerja lepas tersebut?. Secara Garis besar pengertian freelancer atau pekerja lepas merupakan seorang yang bekerja sendiri dan tidak terikan kontrak jangka panjang dengan satu perusahaan manapun. 

>>> Lalu bagaimana mereka bisa mendapatkan penghasilan ?.

Nah dulu sewaktu internet belum mulai terkenal seperti sekarang ini, freelancer merupakan salah satu pekerjaan yang di penuhi dengan ketidak pastian. Karena dulu seorang freelancer bisa dapat mengerjakan banyak job dari klien dan terkadang juga sepi.

Tapi sekarang ini dengan adanya internet dan banyak berkembanya platform yang mewadahi freelancer. Pekerjaan Freelancer bisa jadi pekerjaan yang menjanjikan dan berpeluang berpenghasilan besar. Konsep kerja dari platrform freelancer tersebut sebenarnya hampir mirip dengan platrform jual beli di marketplace.

Maksudnya di platform tersebut dapat mempertemuka penjual jasa (Freelancer) dengan orang yang membutuhkan jasa atau (Clien). Dan sekarang ini ada banyak situs platform freelancer di internet dan untuk mengetahui situ apa saja kamu dapat membaca postingan admin sebelumnya.  

B. Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Freelancer

Kelebihan :

Adapun kelebihan yang bisa kamu dapat bila menjadi seorang pekerja lepas atau (freelancer), berikut beberapa kelebihannya.

1. Bebas Mengatur Pekerjaan

Seorang freelancer dapat dengan bebas mengatur jam kerja mereka, mereka dapat bekerja paruh waktu sesuai keinginan si freelance tersebut.

2. Dapat Bayaran Sesuai Keinginan Kamu

Kamu dapat bernegosiasi dengan si klien dan menentukan berapa tarif kerja kamu selama bekerja dengan si klien tersebut. Dan jika harga yang ditawarkan atau yang kamu tawarkan di setujui maka kamu dapat memulai bekerja dengan si klien.

3. Kerja Lebih Fleksibel

Kerja lebih fleksibel, Kamu dapat mengatur jam kerja dan kebebasan dalam mengerjakan job dari si klien. Tapi jangan terlalu molor saat mengirimkan hasil pekerjaan kamu, agar si klien dapat memberi review positif dari hasil pekerjaanmu.

4. Tidak Terpaku Oleh Satu Orang atau Perusahaan

Jika kamu mempunyai skill tinggi dan mampu untuk memanajemen waktu dengan baik. Maka kamu dapat mengambil banyak job dari beberapa klien. Dengan itu selain lebih banyak mendapatkan review positif dari si klien. Kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan, berupa penghasilan yang besar dari beberapa klien yang telah mempekerjakan kamu.

5. Bebas Dalam Memilih Klien

Nah bila kamu tidak memiliki kecocokan dengan si klien maka kamu bebas dalam membatalkan atau menolak tawaran si klien. Mungkin karena tawaran yang di berikan tidak sebanding dengan kerja keras kamu, maka kamu bisa bebas dalam monolak tawaran tersebut.

Kekurangan :

Selain Memiliki banyak kelebihan para pekerja freelancer juga memiliki beberapa kekurangan.

1. Terkadang Mendapat Klien Yang Tidak Menyenangkan 

Nah sama dengan bebas dalam memilih klien, kekurangan menjadi seoran freelancer adalah terkadang menemukan klien yang tidak menyenangkan. Tapi jika kamu menemukan tipe klien seperti itu kamu harus sabar dan ramah agar tidak mendapat review yang jelek. 

2. Persaingan Antara Freelancer Lain

kurangan selanjutnya adalah semakin banyaknya freelancer baru, hal ini membuat sebuah platform atau situs freelancer jadi sesak dan sulit untuk mendapat klien. Tapi jangan kawatir semakin banyaknya freelancer juga di barengi dengan semakin banyak orang yang membutuhkan jasa freelancer.

3. Terkadang Tidak Memiliki Kepastian

Terkadang seorang freelancer tidak memiliki kepastian terhadap pekerjaannya. Apalagi bila kamu baru dalam memulai menjadi seorang freelancer. Maka akan sangat berat untuk mendapatkan satu klien, itu di karenakan belum terkenalnya kamu dan sedikitnya portfolio yang kamu milki.

4. Waktu Kerja Tinggi

Nah bila tadi sulit untuk mendapatkan orderan beda lagi jika kamu sudah memiliki kepercayaan dengan si klien. Maka orderan atau tawaran pekerjaan akan menumpuk, Hal ini dapat membuat kamu bekerja keras dalam mengerjakan pekerjaan yang menumpuk tersebut.

C. Apa Saja Pekerjaan Freelancer

Terdapat banyak pekerjaan yang bisa di kerjakan seorang freelancer mulai dari pekerjaan yang ringan hingga pekerjaan yang membutuhkan skill dan pemikiran tinggi.

1. Entry Data
2. Desain Grafis
3. Web Developer
4. Programer
5. Ahli SEO

Baca Juga : 10 Pekerjaan Freelancer Paling Banyak di Butuhkan dan Memiliki Penghasilan Tinggi

D. Sumber Penghasilan Freelancer


Apa itu Freelancer dan Dari Mana Penghasilan Mereka
Penghasilan Freelancer
Dari beberapa pekerjaan di atas para freelancer bisa mendapatkan sumber penghasilan dari skill atau jenis pekerjaan yang di pilihnya. Ada banyak sumber penghasilan freelancer mulai dari penghasilan lewat platform yang mempertemukan antara freelancer dan klien. 

Sampai penghasilan sampingan seperti Blogger, Jualan produk digital seperti template dan beberapa penghasilan sampingan lain. Pada intinya penghasilan freelancer tidak terpaku dengan satu job saja. mereka dapat menghasilkan uang lewat beberapa job yang di sukai maupun job yang memiliki skill sama dengan si freelancer tersebut.

AKHIR KATA


Itu tadi adalah pengertian lengkap mengenai apa itu freelancer dan dari mana penghasilannya. Secara garis besar freelancer merupakan pekerjaan yang bisa di lakukan sesuai keinginan kamu sendiri. Karena yang mengatur dan memanegement waktu adalah diri kamu sendiri. Jika kamu suka dengan postingan ini jangan lupa tingalkan jejak dikomentar dan share artikel ini jika di rasa bermanfaat untuk kamu.