Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Monetisasi Blog Agar Bisa Menghasilkan Banyak Uang

Cara Monetisasi Blog
Cara Monetisasi Blog 
Memiliki Blog maupun Website yang bisa menghasilkan uang merupakan keinginan banyak orang. Karena bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dan bisa menjadi sumber passive income juga. Untuk bisa mendapatkan penghasilan yang banyak dari sebuah blog maka kamu harus memiliki banyak pengunjung agar blog bisa di Monetisasi. 

Nah jika kamu telah memiliki blog atau website dengan pengunjung yang banyak, maka kamu dapat dengan mudah mendapatkan uang dari blog dan website yang kamu Kelola tersebut. Ada  beberapa cara memonetisasi (menguangkan) blog, seperti delapan cara berikut yang bisa kamu coba untuk Memonetisasi blog yang kamu miliki.

1. Advertising (Iklan)


Cara Monetisasi Blog
Google Adsense
Cara yang pertama yang biasa di lakukan untuk Memonetisasi sebuah blog adalah dengan cara iklan. Banyak para blogger memilih menggunakan iklan untuk sarana Monetisasi blog mereka. 

Banyak penyedia iklan yang bisa di pasang di blog kamu, tapi penyedia iklan yang paling populer dan paling banyak di pilih adalah iklan dari google adsense. Karena selain tidak terlalu mengganggu iklan dari google adsense juga memiliki bayaran yang tinggi.

Tapi terkadang sulit untuk mendapatkan persetujuan penayangan iklan oleh google adsense, maka dari itu admin juga merekomendasikan situs penyedia iklan selain adsense.

Baca Juga : 10 Situs Penyedia Iklan Selain Adsense dengan bayaran Tinggi

2. Link Affiliate

Jika blog kamu memiliki banyak pengunjungnya setiap hari, kamu dapat mengajukan program affiliate marketing. Nah jika program tersebut sudah di setujui, kamu dapat meletakan link affiliasi di blog kamu. Dan jika ada orang yang meng-klik link tersebut dan melakukan pembelian dari link affiliasi kamu. Maka kamu akan mendapatkan komisi dari si penyedia program afiliasi tersebut.

Baca Juga : 10 Penyedia Program Affiliasi Dengan Bayaran Tinggi di Indonesia

3. Jualan Produk Fisik

Selain dari penyedia iklan kamu juga bisa memanfaatkan pengunjung di blog kamu yang sudah banyak itu dengan cara menjual sebuah produk. Kamu dapat menawarkan produk jualan kamu lewat sebuah postingan dan jika ada yang tertarik maka produk kamu bisa terbeli. Nah dari situ kamu bisa mendapatkan uang dari hasil jualan lewat blog yang kamu milki.

4. Jual Jasa

Selain menjual produk fisik kamu juga bisa menjual jasa di blog kamu. Banyak jasa yang bisa kamu tawarkan, seperti penulisan artikel, Jasa SEO, dan jasa lain yang bisa kamu jual. Nah bila kamu menguasai salah satu dari jasa tersebut, maka kamu bisa menjualnya ke orang-orang yang sedang membutuhkan jasa tersebut. Dari situlah kamu bisa mendapatkan penhasilan tambahan.

5. Jual Ebook

Menjual Produk digital seperti ebook, jika kamu memiliki trik atau cara ampuh seputar blogging atau hal lainnya. Kamu dapat mengemas dan menjualnya dalam bentuk ebook digital lewat blog yang kamu kelola itu. Hal ini juga bisa menjadi penghasilan tambahan kamu selain dari iklan google adsense.   

6. Sponsored post

Jika blog kamu memiliki rangking bagus di google dan banyak mendatangkan visitor. Kamu juga bisa memonetisasi blog kamu dengan postingan spongsor. Dengan Sponsored Post kamu dapat membuat postingan yang berisi untuk mempromosikan produk atau barang lain milik orang lain. Seperti mempromosikan blog milik orang lain yang belum terkenal lewat backlink.

7. Menjadi Writer freelance

Cara Monetisasi Blog
Writer Freelancer
Selajutnya adalah menjadi writer freelancer dan mempromosikan lewat blog kamu. Terkadang seseorang blogger pemula belum begitu tahu tentang penulisan artikel yang baik. Nah hal itu bisa kamu manfaatkan untuk menjadi penulis konten dari blog mliknya atau kamu juga bisa menjual tulisan ke orang lain.

8. Menjadi Konsultan

Yang terkhir adalah menjadi konsultan lewat blog yang kamu kelola. Konsultan adalah seorang yang menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang tertentu. Misalnya, Bisnis,Keuangan, Hukum, Dll. Nah jika kamu memiliki dan menguasai bidang tertentu seperti hukum, maka kamu bisa menawarkan diri sebagai konsultan hukum ke orang yang sedang membutuhkan konsultan hukum.

AKHIR KATA

Nah mungkin itu dulu cara yang bisa saya share untuk memonetisasi blog dan website yang sudah banyak memiliki pengunjung. Nah bila kamu memiliki blog dan belum banyak pengunjungnya, di blog ini admin juga memberikan Tips Ampuh supaya blog kamu ramai dikunjungi.  

Baca Juga : 10 Tips Ampuh Mendatangkan Banyak Visitor Agar Blog Ramai Di Kunjungi